Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Tips Agar Lebih Hemat Belanja Kebutuhan Dapur

by Tisyrin N. T on 8 September, 2016

belanja bulanan murah hemat - CekAja.com

Memasak adalah salah satu cara yang ampuh untuk menekan pengeluaran sehari-hari. Namun, jika kamu tak pandai mengatur urusan dapur, kamu malah bisa gagal berhemat.

Jika kamu masak terlalu banyak misalnya, kamu akan membuang makananmu. Dan, ketika kamu melakukannya hampir setiap hari, sama saja kamu sedang membuang-buang uang. Jangan-jangan, uang yang terbuang selama ini bisa dikumpulkan untuk membeli kendaraan. Nah, agar lebih hemat dalam berbelanja kebutuhan dapur, berikut cara yang dapat kamu praktikkan.

cekaja-dana-tambahan-akhir-tahun-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

Buat perencanaan menu

Jangan sepelekan perencanaan. Tak hanya hal besar dan serius saja yang butuh perencanaan, masak di dapur juga juga butuh perencanaan, lho. Ini penting agar pengeluaranmu terkontrol. Cobalah susun rencana menu untuk seminggu atau bahkan sebulan.

Dengan mencatat rencanamu, kamu akan mendapat gambaran bahan-bahan apa yang kamu perlukan saat belanja. Ini membuatmu terhindar dari membeli bahan makanan yang tidak kamu butuhkan. Usahakan belanja sesuai rencana yang kamu buat. (Baca juga: 20 Makanan yang Membuat Otak Makin Cerdas Berhitung)

Perkirakan kebutuhan

Selain membuat perencanaan menu, kamu juga harus pandai memperkirakan jumlah bahan makanan yang dibutuhkan untuk memasak. Jika kamu hanya menyiapkan makanan untuk dua orang, janganlah memasak berlebihan agar kamu tak perlu membuang sisa makanan. Ingat, membuang sisa makanan sama saja dengan membuang uang.

Cari diskon untuk belanja

Kamu harus rajin mengecek program diskon. Ada banyak produk bank yang memberikan diskon belanja dan kartu kredit adalah salah satunya. Tak jarang kartu kredit memberikan diskon bahkan cashback untuk belanja di supermarket. Agar kamu dapat memanfaatkan kartu kreditmu untuk belanja kebutuhan dapur, gunakan kartu kredit yang tepat.

Belanja di pasar tradisional

Jangan sungkan untuk belanja di pasar tradisional. Kamu bisa mendapatkan bahan-bahan makanan yang lebih murah dan segar di sini. Kamu juga bisa mengasah kemampuanmu dalam hal tawar menawar harga. Siapa tahu kamu sedang beruntung dan berhasil merayu pedagang untuk menurunkan harga bahan makanan incaranmu. (Baca juga: Menyesal Gagal Berkurban Tahun Ini? Berikut Strategi Terbaik untuk Amankan Uangmu)

Kreatif

Kamu juga harus kreatif dalam memasak. Saat melihat ada sisa bahan makanan, cobalah berkreasi membuat menu baru. Jangan biarkan bahan makanan tersebut menganggur di kulkas dan membusuk karena tak digunakan. Sayang sekali jika hal ini terjadi, karena kamu telah mengeluarkan uang untuk membelinya.

Tertarik memanfaatkan kartu kredit untuk menghemat belanja bahan makanan di supermarket? Pilih produk yang sesuai kebutuhanmu di sini

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami