Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

5 Tips Agar Mobil Lebih Sehat dan Siap Dipakai untuk Mudik

by Rafly Aditia on 2 Juli, 2016

persiapan mudik _ asuransi kendaraan - CekAja.com

Mudik Lebaran mungkin sudah menjadi aktivitas dan tradisi rutin yang dilakukan banyak orang. Terutama bagi para pendatang di kota-kota besar, mudik lebaran adalah momen yang tidak bisa dilewatkan.

Tidak sedikit orang pun memilih mobil sebagai kendaraan untuk pulang ke kampung halaman. Bisa jadi kamu salah satu di antaranya? Kalau kamu mudik lebaran menggunakan mobil, ini 5 tips untuk membuat mobil lebih sehat dan siap dipakai untuk mudik:

Check up dan tune up mobil kamu

Tips pertama yang harus kamu lakukan saat mempersiapkan mobil pribadi untuk mudik Lebaran adalah general check up sekaligus tune up. Dengan melakukan general check up, kamu jadi mengetahui bagaimana kondisi mobil secara keseluruhan. Sementara tune up mesin dapat membuat mobil tetap dalam kondisi prima saat mudik nanti.

Berbagai komponen utama yang perlu dicek adalah oli mesin, oli transmisi, minyak rem, air radiator, power steering, wiper, dan kondisi mesin. (Baca juga: Tips Anti Bangkrut Setelah Perayaan Lebaran)

Periksa kaki-kaki

Apabila ingin pergi menempuh jarak yang jauh, pastikan bahwa kondisi kaki-kaki mobil masih bagus dan sehat. Kalau kaki-kaki tidak mengeluarkan bunyi yang mengganggu, artinya kaki-kaki masih dalam kondisi baik. Tetapi tidak ada salahnya untuk memastikan dengan cara yang lebih detil agar handling mobil dapat menjadi lebih maksimal.

Rem dan ban mobil harus diperiksa juga

Salah satu komponen paling penting pada mobil adalah rem. Maka dari itu, kamu harus memeriksa rem dan ban mobil dengan benar. Jangan sampai rem dalam kondisi kurang prima atau bahkan blong saat melakukan perjalanan ke kampung halaman. Bisa-bisa kamu mengalami kecelakaan dan keluar uang banyak di rumah sakit kalau belum punya asuransi kecelakaan diri.

Siapkan kotak P3K dan perkakas

Berhubung perjalanan yang kamu lakukan cukup jauh, maka sudah menjadi kewajiban utnuk menyediakan kotak P3K dan perkakas. Sebab, kamu bakal menghabiskan banyak waktu dalam perjalanan sehingga suatu saat pasti bakal membutuhkan kedua komponen yang sangat penting tersebut. (Baca juga: 5 Tips Beli Oleh-oleh Murah Ketika Mudik Lebaran)

Perhatikan kondisi interior dan eksterior

Agar nyaman berkendara selama mudik Lebaran, kamu harus memastikan bahwa interior mobil dalam keadaan bersih. Selain itu, eksterior juga harus diperiksa terutama bagian kaca depan. Pastikan bahwa tidak ada jamur kaca yang bisa membuat pandangan menjadi tergangggu.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami