Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Tips Ampuh Mengubah Passion Jadi Duit. Yok Bisa Yok!

by Miftahul Khoer on 12 Maret, 2020

Tak semua orang bisa mendapat pekerjaan yang sesuai dengan passion mereka. Hal ini sering kali membuat sebagian orang frustasi hingga melupakan passion tersebut karena minimnya kesempatan atau buntu ide. Cukup rumit memang, tapi masalah itu sebenarnya bisa diatasi dengan cara mengubah mindset kita.

Tips Mengubah Passion Jadi Duit

Sebenarnya, kamu tak perlu bergantung dengan pekerjaan formal di kantor semata. Meski karier tak sesuai passion, jalani terus semaksimal mungkin. Urusan minat dan bakat, salurkan ke bisnis sampingan. Jadi, ada dua peran yang kamu jalani sekaligus nantinya.

Kali ini, CekAja akan memberi 5 tips ampuh yang harus kamu lakukan jika memang benar-benar serius ingin mengubah passion jadi duit. Apa saja kira-kira ya, simak langsung ulasannya berikut ini:

1. Kembangkan passion kamu

Untuk berhasil mendapatkan pundi-pundi rupiah dari passion kamu, pertama-tama kamu harus benar-benar serius menjalani passion kamu sepenuh hati.

Karena ketika kamu yakin dengan kamu lakukan, kamu akan bisa megembangkan passion kamu itu dengan mudah. Belajar betul passion kamu sering kamu benar-benar menjadi seorang expert di bidang itu.

Kemudian, cari tahu informasi yang yang berkaitan dengan passion kamu, kamu bisa bertanya lewat mbah Google ataupun lewat orang yang telah berhasil di bidang yang sama dengan kamu, bertanya apa saja kira-kira variasi karir yang related dengan passion kamu. Skill apa yang dibutuhkan? Karya yang seperti apa yang laku?

2. Temukan sumber cuannya

Jika merasa sudah expert di bidang yang kamu minati, selanjutnya temukan sumber uang yang bisa membantumu dalam urusan modal. Misalnya dengan mengajukan digibank KTA (Kredit Tanpa Aguna) di CekAja.com

Digibank KTA adalah kredit perorangan tanpa agunan dari Bank DBS untuk menjawab berbagai kebutuhan kamu. Sebut saja biaya pendidikan, pernikahan, tambahan modal usaha, berlibur bersama keluarga, membeli perabotan baru untuk kelengkapan rumah, dan kebutuhan lainnya.

Proses pengajuan lewat CekAja.com mudah dan pasti di-approve. Asalkan kamu punya tujuan yang jelas dan kemampuan untuk mengembalikan uang tersebut dengan dicicil.

Bila kamu belum menghasilkan keungungan lewat passion kamu saat ini, jangan kecil hati dulu. Siapa tahu sebenarnya mereka suka, tapi menginginkan media berbeda.

Misalnya kamu pelukis, tapi lukisanmu tak kunjung laku. Belum tentu mereka tidak menyukai karya yang kamu buat itu. Siapa tahu, bakatmu tetap dibutuhkan tapi lewat media lain.

Semisal, ada orang yang meminta digambar dinding rumahnya dengan gaya lukisanmu . Jika ada fee yang ditawarkan, ambil saja permintaannya!

(Baca Juga: Jadi Karyawan Sambil Berbisnis, Lakukan Hal Ini Agar Sama-Sama Berhasil)

3. Cari pasarnya

Maksudnya pasar di sini adalah tempat di mana orang-orang yang punya duit bisa membeli produkmu. Contoh, passion kamu berkaitan dengan musik. Artinya, kamu harus membidik peluang terbesar di sana dari orang yang senang terhadap sesuatu yang ditawarkan dari passion kamu.

Apabila kamu menggeluti passion di dunia fotografi, berarti kamu harus banyak membuka relasi dengan orang-orang yang membutuhkan jasa foto. Kamu bisa memulainya dengan menjadi wedding photographer.

Lalu, di mana saja orang-orang yang membutuhkan jasa kamu suka berkumpul? Pastinya coba ke wedding expo atau bergabung dengan wedding organizer untuk menjadi vendor mereka.

4. Buka lapaknya

Mulai untuk bisa membuka lapak atau tempat yang bisa konsumen bertemu langsung dengan kamu. Tentu dengan tempat yang bisa seadanya, atau bisa dengan memanfaatkan rumah kamu sendiri.

Jika ingin lebih keren lagi, kamu bisa menyewa ruko atau tempat untuk menawarkan produk atau jasa yang ingin kamu tawarkan kepada orang banyak.  

Beritahu semua orang mulai dari kerabat, teman dekat, saudara-saudara kamu. Kasih tahu ke mereka tentang produk dan jasa yang kamu tawarkan, dan informasikan juga kelebihan lapak kamu dibanding dengan lapak yang lain. Siapkan produk kamu, kemudian puaskanlah orang-orang dengan apa yang telah kamu tawarkan itu.

5. Gaet pelanggan

Langkah yang satu ini bisa jadi penentu passion kamu bertahan. Kamu harus bisa memanjakan pelanggan atau orang yang membeli produk kamu atau yang telah memakai jasa kamu. Lalu agar berkembang, kamu bisa berkolaborasi dan bekerjasama dengan orang yang memiliki passion yang sama untuk menjangkau dan menjaga pelanggan kamu.

Tetu saja para pelanggan atau calon pelanggan kamu itu akan terpesona dan terpikat jika kamu memiliki produk yang memiliki kualitas yang tinggi dan sudah banyak memuaskan banyak orang. Serta yang tak kalah pentingnya yakni pelayanan dan juga menjaga attitude kamu dalam melayani pelanggan.

Seperti itulah 5 tips sederhana agar bisa sukses mengubah passion jadi duit yang menguntungkanmu secara finansial. Ingat, selalu ada jalan untuk mewujudkan itu semua. Tinggal kamunya aja yang harus cerdas serta jeli untuk menciptakan peluang tersebut. Goodluck!

(Baca Juga: Bisnis Thrift Store, Yuk! Untungnya Lumayan Banget)

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.