Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

2 menit waktu bacaan

5 Tips Beli Oleh-oleh Murah Ketika Mudik Lebaran

by Rafly Aditia on 30 Juni, 2016

oleh-oleh mudik _ kartu kredit - CekAja.com

Beli oleh-oleh atau buah tangan untuk teman kantor, teman rumah, atau keluarga di kota saat pergi mudik Lebaran sudah jadi tradisi. Tidak lengkap rasanya pergi mudik ke kampung halaman tanpa membawa buah tangan ketika kembali sampai di rumah nanti.

Untuk menekan jumlah pengeluaran, kamu bisa beli oleh-oleh murah saat mudik lebaran dengan menggunakan 5 tips berikut ini:

Jangan takut menawar

Saat belanja di pasar, bazar atau toko grosiran kamu harus berani untuk menawar. Tidak perlu takut menawar ketika ingin berbelanja di kampung halaman. Tetapi, kamu juga jangan menawar secara sadis karena para pedagang juga berjualan untuk mencari keuntungan. Ingat, jangan takut untuk menawar selama kamu menawar dengan harga yang masuk akal. (Baca juga: 6 Tips Mudik Aman Menggunakan Sepeda Motor)

Gunakan bahasa daerah

Salah satu cara mendapatkan oleh-oleh dengan harga miring ketika mudik Lebaran adalah menawar dengan bahasa daerah. Bagi kamu yang merupakan orang asli daerah tersebut, sedikit banyak tentu mengerti bahasa setempat.

Maka dari itu, manfaatkan kemampuan bahasa daerah ketika belanja oleh-oleh. Kalau kamu tidak bisa berbahasa daerah mulai sekarang bisa mempelajarinya sebelum pergi mudik.

Jangan pakai baju bagus

Bisa dibilang ini merupakan hal yang sering diabaikan orang ketika belanja oleh-oleh di daerah. Banyak pedagang yang sering memberikan harga lebih mahal kepada para pendatang. Untuk itu kamu harus berpenampilan layaknya orang sekitar. Jangan terlalu mencolok, hindari pakaian terlalu bagus yang menunjukkan bahwa kamu pendatang.

Jalan kaki tidak perlu bawa mobil

Kalau lokasi belanja oleh-oleh tidak jauh-jauh amat dari tempat menginap, sebaiknya kamu pergi tanpa menggunakan mobil. Naik angkutan umum atau bahkan berjalan kaki bisa lebih baik. Kenapa demikian?

Karena tidak sedikit pedagang tradisional yang memberikan standar harga lebih mahal apabila melihat pembelinya datang menggunakan mobil bagus.  (Baca juga: Empat Risiko yang Sering Terjadi Jika kamu Melakukan Perjalanan Jauh dengan Kendaraan Pribadi)

Beli banyak sekaligus

Ini merupakan cara yang paling ampuh untuk beli oleh-oleh dengan harga murah ketika mudik. Benar sekali, beli banyak barang belanjaan sekaligus bisa membuat kamu mendapatkan harga jauh lebih murah dibandingkan membelinya secara eceran. Bahkan harga yang diberikan bisa lebih murah hingga 25-50 persen tergantung berapa banyak barang yang dibeli.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.