Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

5 Tips Berbisnis Selai Kacang ala Rumahan, Banyak Untungnya

by Ayunindya Annistri on 13 Maret, 2020

Sebagai pelengkap saat menyantap roti tawar, selai kacang saat ini tak hanya diproduksi oleh pabrik makanan ternama saja. Kalau kamu ingin mencoba bisnis selai kacang homemade alias buatan rumahan juga bisa dan tentunya gunakan bahan-bahan yang berkualitas. Nah, untuk memudahkan kamu dalam memulainya, yuk ikuti dulu tips berbisnis selai kacang di bawah ini.

tips berbisnis selai

Nyatanya memulai bisnis selai kacang itu enggak gampang loh. Soalnya rasa yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan selai kacang pada umumnya yang banyak dijual di pasar. Tapi, bila kamu dapat berinovasi dengan cita rasa dan paham akan cara menerapkan tips berbisnis selai kacang, bukan tak mungkin jika bisnismu ini laku keras di pasaran.

Manfaat Selai Kacang

Sudah seharusnya kamu tahu dulu manfaat dari bisnis yang bakal kamu jalankan, apakah berguna dan dapat diterima dengan baik di masyarakat luas atau tidak. Sebagai contoh, jika kamu ingin mencoba bisnis selai kacang ala rumahan, kamu harus paham dulu apa saja manfaat dari kacang yang bakal dijadikan selai. Dan untuk memudahkan kamu, berikut CekAja berikan sejumlah manfaat dari selai kacang:

(Baca Juga: Lima Ide Bisnis Online Modal Kecil yang Menjanjikan)
Tips Berbisnis Selai Kacang ala Rumahan

Banyak bukan manfaat yang bakal didapat jika mengonsumsi selai kacang? Nah, biar kamu makin yakin untuk memulai bisnis ini, berikut 5 tips berbisnis selai kacang ala rumahan yang bisa kamu tirukan.

1. Persiapkan modal usaha

Apapun bisnis yang ingin dijalankan tentu membutuhkan modal, tak terkecuali bisnis selai kacang. Untuk itu, sebelum memulai bisnis ini setidaknya kamu harus mempersiapkan terlebih dulu modal usaha sebagai penunjangnya. Tidak perlu merogoh kocek dalam loh, karena umumnya kisaran modal yang bakal kamu gunakan hanya Rp5 juta saja.

Mulailah menabung dari sekarang jika memang ingin memulai bisnis ini, caranya sisihkan uang yang tersisa di dompet atau sebagian gajimu.

2. Lihai melihat peluang bisnis

Tips berbisnis selai kacang ala rumahan berikutnya adalah lihai melihat peluang bisnis. Maksudnya, kamu harus pandai mencari celah untuk membuat bisnismu ini berkembang pesat. Misalnya, sekarang ini termasuk era digital, di mana tiap orang tentu saja menggunakan internet untuk mencari berbagai informasi yang dibutuhkan.

Kamu bisa memanfaatkan internet dengan cara memasarkan produkmu di media sosial seperti Facebook, WhatsApp, dan Instagram. Gunakan ketiga media sosial tersebut dan lihat hasil yang bakal kamu terima setelah menggunakannya. Jika produk sudah tenar, jangan lupa untuk mencoba jasa endorse selebgram agar nilai penjualannya semakin meningkat tajam.

3. Tentukan target pasar

Meskipun produk yang kamu hasilkan berkualitas, tapi kalau tidak bisa menentukan target pasar yang tepat, buat apa? Oleh karenanya, perlu dilakukan analisa terhadap target pasar agar produk yang dimiliki dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah dalam jumlah besar. Tips berbisnis ini berlaku pula untuk kamu yang ingin memulai bisnis selai kacang. Mengingat enggak semua kalangan usia menyukai selai kacang, dan ini juga yang menjadi tantangan tersendiri untuk kamu mengubah persepsi konsumen supaya bisa membeli produk kamu.

4. Siap berkompetisi dan pahami celahnya

Siapa sih yang senang memiliki kompetitor dalam berbisnis? Tentu bila diberi pilihan, para pebisnis enggan memiliki pesaing, biar usaha yang dijalankan tetap laku tanpa adanya pasang-surut. Tapi sebenarnya dengan memiliki kompetitor, kamu jadi tahu apa saja kekurangan yang dimiliki dan bisa mencari celah untuk mengembangkan bisnis selai kacangmu itu agar lebih baik ketimbang pesaing.

Untuk menerapkan tips berbisnis selai kacang yang satu ini, hal pertama dan perlu kamu lakukan adalah siap berkompetisi serta jangan malu untuk mengakui keunggulan kompetitor. Kemudian, kamu juga harus menyikapinya dengan mencari inovasi terbaru agar setidaknya produkmu dapat setara atau bahkan melebihi kompetitor.

5. Jual dengan harga murah

Tips berbisnis selai kacang yang terakhir adalah dengan selalu mematok harga yang sesuai. Jika kamu termasuk pemain baru dalam bisnis ini, setidaknya pasang harga murah atau lakukan promosi untuk menarik minat beli konsumen.

Terlebih bila diawal penjualan, target pasarmu adalah golongan menengah ke bawah atau mungkin anak kosan. Mereka tentu mengincar harga murah apalagi adanya anggapan bila selai pelengkap roti tawar biasanya dijual dengan harga terjangkau.

Kisaran Modal Berbisnis Selai Kacang

Kira-kira berapa sih modal yang perlu kamu siapkan untuk berbisnis selai kacang? Ternyata, enggak perlu merogoh kocek dalam loh. Berikut rincian biaya untuk memulai bisnis selai kacang:

  • Mesin giling kacang: Rp 1.550.000
  • Wajan besar: Rp 450.000
  • Toples selai: Rp 7.500/toples
  • Pisau: Rp 30.000
  • Kompor dan gas: Rp 526.000
  • Serbet: Rp 5.200/satuan
  • Biaya tak terduga: Rp 100.000
(Baca Juga: Ingin Kredit Cepat untuk Belanja Tanpa Kartu Kredit? Gunakan Saja Kredivo!)
Mulai Bisnis Selai Kacang dengan Pinjaman Modal dari Kredivo

Ingin mulai berbisnis selai kacang tapi modal masih kurang? Tenang saja, coba solusi lainnya dengan pinjam dana tunai dari Kredivo. Fintech ini enggak cuma menyediakan pinjaman tunai saja, kalau kamu ingin membeli berbagai perlengkapan penunjang, bisa mencoba layanan kredit instan untuk pembelian di e-commerce pilihan. Mulai dari Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee, hingga Blibli.com. Tertarik? Yuk, segera daftar akun kreditmu dan ajukan secara langsung bersama Kredivo!

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau