Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

5 Tips Biar Nggak Stres Usai Kecelakaan

by Miftahul Khoer on 5 November, 2019

Saat berkendara di jalan raya, tentu tidak ada yang ingin mengalami kecelakaan apapun jenisnya. Namun, yang namanya di jalanan segala kemungkinan bisa saja terjadi. Saat kita sudah berkendara dengan waspada dan siaga, namun tidak demikian dengan orang lain di sekitar kita.

mobil ditabrak _ asuransi kendaraan - CekAja.com

Saat mengalami atau terlibat dalam kecelakaan, jelas tidak ada yang pernah siap untuk menghadapi situasi tersebut. Stres tidak jarang turut “memperkeruh” keadaan saat terlibat dalam kecelakaan.

Hal itu itu wajar. Sebab, kepanikan yang melanda setelah terjadi kecelakaan kadang membuat orang butuh waktu untuk kembali dapat berpikir jernih.

Kendati demikian, bukan berarti stres itu tidak bisa dihindari. Dengan melatih diri untuk menghadapi segala kemungkinan, kamu mungkin bisa saja beradaptasi secara lebih mudah dengan keadaan saat terlibat sebuah kecelakaan.

Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar dapat menangani stres saat mengalami kecelakaan.

1. Persiapkan Diri untuk Kemungkinan Terburuk

Mempersiapkan diri terlebih dahulu terhadap berbagai macam kemungkinan, termasuk kecelakaan mobil, bisa menjadi cara terbaik untuk membuat kamu lebih tenang. Cara ini bisa dilakukan dengan melakukan riset terkait persiapan yang diperlukan jika mengalami kecelakaan di jalanan.

(Baca juga: Kecelakaan Beruntun di Cipularang. Ini Jurus Jitu Anti Tabrak!)

Selalu membawa peralatan standar otomotif di mobil adalah pilihan terbaik, sehingga jika peralatan itu dibutuhkan kamu tidak perlu meminjamnya terlebih dahulu.

Pastikan juga ban cadangan dalam kondisi siap pakai. Dengan begitu, ketika harus melakukan penggantian ban, kamu tinggal memasang ban cadangan dan segera mencari bengkel terdekat.

2. Percuma Mengutuki, Lihat Sisi Baiknya

Pernah mendengar bahwa orang Indonesia selalu melihat ada “untungnya” dari setiap kejadian buruk? Hal itu bisa diterapkan saat mengalami kecelakaan mobil sehingga dapat menekan rasa stres.

Selalu berpikir positif bisa menjadi cara yang baik untuk menenangkan diri. Selalu ada hikmahnya dari setiap kejadian. Daripada mengutuki dan memaki kondisi yang baru saja kamu alami, lebih baik melihat sisi positif dari peristiwa tersebut. Misalnya, kamu dan anggota keluarga yang masih selamat.

Meskipun keadaan lebih buruk, dengan berpikir atau mengambil sisi positifnya, kamu bakal bisa membuat keputusan dengan tenang dan dapat menentukan langkah-langkah yang tepat ke depan untuk keluar dari kondisi tersebut.

3. Terima Situasi Tidak Dapat Diubah

Sesaat setelah terlibat kecelakaan, bisa jadi di kepala kamu akan berseliweran banyak pertanyaan atau bermacam skenario kenapa kamu bisa berada pada kondisi tesebut. Kamu mungkin akan membuat kemungkinan-kemungkinan lain yang bisa membuat kamu terhindar dari peristiwa tersebut.

Namun perlu disadari bahwa kamu tidak bisa memutar ulang waktu. Ketimbang melawan kondisi nahas tersebut dengan segala kemungkinan yang tidak bisa kamu lakukan, lebih baik menerima keadaan tersebut dengan ikhlas. Meskipun kamu menemukan solusi untuk menghindari, toh kecelakaan sudah terjadi.

Jadi, terima situasi tersebut. Dengan begitu, kamu akan lebih tenang dan dapat mengambil langkah-langkah terbaik atau solusi untuk keluar dari masalah yang tengah kamu hadapi.

4. Ambil Napas Dalam

Apapun situasi yang dapat memicu kamu untuk mengalami stres, pengaturan pernapasan diyakini mampu mengambil peran penting untuk membuatmu jadi tenang. Begitupun saat mengalami kecelakaan.

(Baca juga: Mengenal Hak Santunan dan Cara Klaim Asuransi Kecelakaan Jasa Raharja)

Begitu menyadari dan menerima bahwa kamu terlibat dalam sebuah kecelakaan, tariklah napas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan. Cara ini bakal menurunkan intensitas detak jantung sehingga membuat kamu lebih tenang.

5. Hubungi Keluarga atau Kolega

Terlibat kecelakaan bisa saja membuat kamu syok berat sehingga sulit untuk fokus pada hal-hal yang harus kamu putuskan atau lakukan dengan segera. Begitu merasa sudah cukup tenang, tidak salahnya kamu untuk menghubungi keluarga, kolega, atau orang-orang yang dekat denganmu.

Kehadiran orang terdekat bisa memberikan dukungan moral yang sangat berarti ketika kamu tengah menghadapi situasi sesulit apapun. Karena itu, tidak usah ragu untuk menghubungi orang-orang tersebut sehingga kamu bisa terhindar dari stres yang berlarut-larut.

Agar lebih nyaman berkendara, tidak ada salahnya lindungi kendaraan kesayangan kamu dengan produk asuransi yang bisa kamu pilih lewat CekAja.com ya.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.