Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

7 menit waktu bacaan

5 Tips Bisnis Saat Gagal Mudik Agar Tetap Ada Pemasukan

by Kyla Damasha on 29 April, 2020

Adakah yang sudah tahu tentang tips bisnis saat gagal mudik agar tetap ada pemasukan? Bulan Ramadhan dan lebaran kali ini memang mungkin sedikit berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

tips bisnis saat gagal mudik agar tetap ada pemasukan

Selain kita dihimbau untuk melakukan karantina mandiri dan tidak keluar rumah dikarenakan pandemi corona yang tengah terjadi, pemerintah pun juga sudah mengeluarkan pernyataan resmi bahwa lebaran tahun ini seluruh masyarakat Indonesia dilarang mudik.

Pastinya bagi kamu yang sudah terlanjur bahagia dan bersemangat karena dapat bertemu dengan keluarga yang tinggal di kota ataupun provinsi lain, tahun ini terpaksa harus mengalami kekecewaan.

Namun, tentu untuk saat ini kesehatan masih menjadi prioritas nomor satu guna menekan penyebaran virus yang sekaligus membawa kita pada berakhirnya pandemi yang telah memakan banyak korban jiwa ini.

(Baca Juga: Check Point Larangan Mudik Jabodetabek Resmi Berlaku, Ini Lokasinya)

Nah, meskipun tahun ini kita tidak bisa mengadakan acara buka puasa bersama orang-orang tercinta di restoran, membatasi aktivitas ibadah di masjid, hingga terpaksa membatalkan perjalanan mudik, tentu kita juga perlu melihat dari sisi positifnya.

Jangan jadikan ini sebagai keterpurukan, sebaliknya jadikanlah ini sebagai langkah awal kamu untuk bangkit kembali. Salah satunya seperti memanfaatkan peluang bisnis agar kamu tetap bisa mendapatkan pemasukan meskipun gagal mudik.

Maka dari itu, di dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang tips bisnis saat gagal mudik yang bisa kamu lakukan agar tetap mendapatkan pemasukan.

Tips Bisnis Saat Gagal Mudik, Apa yang Bisa Dilakukan?
1. Memanfaatkan Peluang yang Ada

Tips bisnis yang bisa kamu lakukan pertama untuk tetap mendapatkan pemasukan walaupun gagal mudik yaitu dengan memanfaatkan peluang yang ada. Sebagai contoh, saat ini permintaan pasar akan kehadiran masker meningkat dengan cukup signifikan karena pandemi corona yang ada.

Nah, dikarenakan permintaan yang tinggi inilah, masker itu sendiri menjadi barang yang cukup langka. Sekalinya ada, harganya pun akan relatif lebih mahal. Peluang seperti ini bisa kamu manfaatkan untuk menjual masker kain dengan harga yang bisa dibuat sedikit lebih murah dengan yang ada di pasaran.

Selain itu, karena masyarakat dibatasi untuk ke luar rumah, maka bisnis online juga bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menguntungkan dan menjanjikan lho, seperti bisnis parcel online, fashion, sembako, hingga berbagai menu makanan takjil yang sekiranya masih banyak dicari oleh orang.

2. Fokus Pada Satu Peluang

Setelah kamu menemukan peluang manakah yang bisa dimanfaatkan dan mendatangkan keuntungan, maka tips bisnis selanjutnya adalah dengan fokus pada satu peluang yang sudah kamu pilih saja. Hal tersebut agar kamu bisa lebih fokus untuk mengembangkan bisnis yang sedang kamu bangun tersebut.

Sebagai contoh, apabila kamu memutuskan untuk berjualan masker kain, maka jangan sampai kamu juga justru ikut menjual bisnis parcel. Karena biasanya menjalankan dua bisnis yang berbeda secara bersamaan terkadang akan membuat kamu menjadi bingung.

Maka dari itu, dengan fokus pada satu peluang saja, bisnis kamu justru akan berjalan dengan lebih terarah.

3. Pilih yang Kamu Sukai

Biasanya, melakukan hal-hal yang kita sukai justru akan membuat kita menjadi lebih senang dan dengan sepenuh hati melakukannya. Dan apabila kamu melakukan suatu hal dengan sepenuh hati, maka tentu akan membawamu pada hasil yang maksimal pula.

Maka dari itu, dalam menjalankan bisnis, usahakan untuk tidak hanya melihat nilai keuntungannya saja, melainkan juga berdasarkan hal-hal yang kamu gemari. Jika hobi kamu menjahit, maka kamu bisa membuat bisnis masker kain. Sedangkan jika kamu hobi DIY, maka bisnis dekorasi parcel bisa dijadikan pilihan.

Dengan begitu, kamu akan melakukan bisnis dengan sepenuh hati dan hobi kamu pun juga akan terpuaskan.

4. Kuasai dan Pelajari Seluruh Hal Tentang Bisnis

Tips bisnis selanjutnya adalah dengan mempelajari dan menguasai seluruh hal tentang bisnis yang tengah kamu jalani. Hal tersebut berguna agar apabila ada seorang pelanggan yang bertanya-tanya seputar produk, kamu bisa menjelaskannya secara detil sekaligus meyakinkan mereka untuk membelinya.

Perlu diingat bahwa menjadi penjual yang memiliki product knowledge yang luas sekaligus meyakinkan bisa meningkatkan rasa kepercayaan pelanggan terhadap kita, bukan hanya untuk membeli produk yang sedang kita jual, melainkan juga merekomendasikan produk kita kepada orang lain.

5. Bergerak di Bidang Online

Tips bisnis terakhir yang bisa kamu lakukan untuk tetap mendapatkan pemasukan walaupun gagal mudik yaitu dengan mulai bergerak di bidang online.

Dihimbaunya masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah karena pandemi corona membuat bisnis online justru semakin mengalami peningkatan dalam hal popularitas.

Mulai dari memanfaatkan media sosial seperti Instagram dan facebook hingga bergabung menjadi anggota e-commerce bisa dijadikan sebagai pilihan terbaik.

Rekomendasi Peluang Bisnis Saat Corona

Setelah mengetahui tentang beberapa tips bisnis saat gagal mudik agar tetap mendapatkan pemasukan, maka selanjutnya kamu juga harus tahu kira-kira peluang bisnis seperti apa yang cukup menjanjikan di tengah pandemi corona yang masih terjadi saat ini. Diantaranya adalah sebagaimana berikut ini:

·   Masker Kain

Saat ini, kebutuhan masyarakat akan kehadiran masker dapat dikatakan meningkat sangat tajam. Dan dikarenakan hal itulah, bisnis masker kain bisa dijadikan sebagai salah satu solusi terbaik.

Ahli kesehatan memang menganjurkan masyarakat untuk selalu mengenakan masker ketika bepergian ke luar rumah guna mencegah penyebaran virus corona yang semakin meluas.

(Baca Juga: 4 Tips Bisnis Modal Kecil Buat Nambah Penghasilan yang Pas-pasan)

Dikarenakan hal itulah, banyak orang yang membeli stok masker di rumah sehingga hal tersebut juga membuat persediaan masker di pasaran menjadi turut menipis. Nah, jika kamu senang menjahit, peluang bisnis satu ini bisa dimanfaatkan.

Jual masker kain dengan beraneka ragam motif-motif lucu guna menarik minat pelanggan, dan tentunya dengan harga yang tidak lebih mahal dibandingkan harga masker di pasaran.

·   Parcel Online

Selanjutnya ada bisnis parcel online yang sepertinya juga ikut populer akhir-akhir ini. Untuk saling mendukung satu sama lain di tengah perjuangan Indonesia dalam menekan penyebaran virus corona Covid-19, banyak individu maupun perusahaan yang mengirimkan parcel secara online untuk orang yang mereka tuju.

Tentu saja cara satu ini dilakukan agar sang pengirim parcel tidak perlu ke luar rumah untuk pergi ke supermarket hanya untuk membeli parcel yang mereka inginkan. Nah, peluang satu ini juga bisa kamu manfaatkan lho.

Jika kamu senang dengan DIY, maka jasa dekorasi parcel tentunya bisa menjadi bisnis yang menyenangkan.

·   Kuota Internet

Seiring dengan banyaknya orang-orang yang mulai diminta untuk melakukan berbagai hal di rumah, termasuk belajar dan bekerja, pastinya kehadiran internet akan sangat dibutuhkan. Bagaimana tidak? Saat ini hampir seluruh aktivitas yang kita lakukan memiliki keterikatan yang sangat kuat dengan internet.

Bahkan, teknologi secanggih apapun tetap tidak akan ada apa-apanya tanpa kehadiran internet. Maka dari itu, bisnis kuota internet bisa menjadi bisnis yang cukup menjanjikan dan akan dicari oleh banyak orang.

·   Makanan

Melakukan physical distancing dan karantina mandiri di rumah membuat banyak orang menjadi memiliki waktu luang lebih banyak dari biasanya. Waktu luang lebih banyak, maka secara otomatis masyarakat akan membutuhkan makanan sembari mengisi waktu luang mereka.

Tidak hanya itu saja, kebutuhan pokok untuk memasak yang biasanya dapat dipenuhi dengan berkunjung ke pasar dan supermarket juga membuat banyak orang lebih memilih untuk membeli makanan yang sudah jadi secara online.

Nah, peluang satu ini juga bisa kamu manfaatkan lho. Banyak sekali jenis-jenis makanan yang bisa kamu pilih, mulai dari menu takjil, aneka ragam kue lebaran, camilan atau makanan ringan, makanan beku atau frozen food, hingga makanan berat berupa nasi.

Jadi, sekarang kamu sudah tahu kan bahwa cukup banyak tips bisnis yang bisa kamu lakukan agar tetap bisa mendapatkan pemasukan meskipun gagal mudik.

Sembari mengisi waktu luang di rumah dan memikirkan peluang bisnis yang ingin kamu jalani, yuk baca juga berbagai berita terkini mengenai lifestyle, keuangan, finansial, dan kesehatan hingga memantau perkembangan virus corona Covid-19 di Indonesia hanya di CekAja.com.

Tentang Penulis

Kyla Damasha

Usia Hanyalah Angka, Wajah Tetap Harus Awet Muda