Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Tips Jual Mobil Bekas Agar Dapat Keuntungan Berlipat

by Rafly Aditia on 23 Februari, 2016

mobil baru atau bekas _ kredit mobil - CekAja.com

Berencana jual mobil? Mau alasannya butuh uang atau ingin menggantinya dengan mobil lain, sebaiknya kamu harus baca artikel ini. Kenapa? Karena ada beberapa tips yang bisa membuat kamu dapat keuntungan berlipat saat ingin jual mobil bekas.

Dengan melakukan beberapa tips tersebut, menjual mobil bekas tidak hanya cepat tapi bikin laku lebih mahal. Tidak usah lama-lama, langsung saja, simak 5 tips jual mobil bekas beriku ini:

Coba jual online

Menjual mobil secara online akan memberikan kamu lebih banyak keuntungan. Jika menitipkannya di dealer mobil terdekat,  praktis ada komisi sekian persen dari hasil penjualan yang harus kamu bagi pada pemilik showroom.

Selain itu, ketika menjualnya secara online, kemungkinan besar pembeli merupakan orang yang memang ingin memakainya dan bukan penjual mobil bekas. Sehingga harga yang kamu tawarkan bisa lebih tinggi dibandingkan menjualnya kepada dealer.

(Baca juga: Lebih Untung Mana? Kredit Mobil Bekas atau Mobil Baru?)

Manfaatkan sosial media

Guna menciptakan peluang jual yang lebih besar, selain menjualnya secara online juga cobalah untuk memanfaatkan sosial media yang memiliki banyak fungsi saat ini. Dibanding harus membayar iklan di koran, atau mencetak brosur dan sebagainya cobalah memanfaatkan sosial media secara cuma-cuma untuk mengiklankan mobil yang ingin dijual.

Jangan lupa lengkapi surat-surat

Kalau saat ini mobil yang ingin dijual tidak memiliki kelengkapan surat-surat yang komplit, sebaiknya tahanlah keinginan untuk menjualnya selama beberapa saat. Mengapa? Karena penjualan mobil tanpa surat-surat rentan dengan pandangan yang negatif, dan pastinya dapat membuat harga penjualan menukik tajam.

Untuk itu, sebaiknya lengkapilah surat-surat terlebih dahulu sampai dengan komplet. Tidak apa-apa mengorbankan sejumlah uang untuk mengurusnya. Dan, setelah surat-surat lengkap, barulah jual mobil tersebut.

(Baca juga: Lima Penyebab Kamu Tidak Pernah Bisa Beli Mobil Mewah)

Pastinya harga yang akan kamu dapatkan menjadi lebih tinggi, sehingga biaya untuk mengurus surat-surat dapat tercover dan justru menjadi lebih untung.

Ada baiknya perbaiki mobil terlebih dahulu

Hal lain yang perlu dilakukan adalah memperbaiki kondisi mobil terlebih dahulu agar kondisinya menjadi gres dan layak pakai. Memang pada awalnya membutuhkan biaya lebih, tetapi apabila mobil bekas dijual dengan kondisi yang baik, maka harga jualnya pun akan lebih tinggi dibandingkan dengan kondisi seadanya.

Punya mobil unik? lelang saja

Tips satu ini berlaku bagi kamu yang ingin menjual mobil unik, misalnya, mobil-mobil antik tapi sangat layak pakai. Biasanya, mobil antik memiliki peminat yang cukup royal, terkadang mereka tidak mementingkan soal harga apabila memang sudah menyukai mobil tersebut.

(Baca juga: Gaji Rp 3 Juta Bisa Beli Mobil Dalam Setahun Jika Ikuti Tips Ini)

Agar mendapatkan keuntungan berlipat, cobalah dengan melelangnya. Tetapkan harga minimum yang akan kamu jual apabila lelang tidak berjalan sesuai rencana.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami