Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Tips Melewati Jalur Mudik 2017 dengan Aman

by lhmdi on 4 Mei, 2016

liburan mobil pribadi - CekAja.com

Kurang lebih dua bulan lagi, hampir semua masyarakat Indonesia akan menggunakan jalur mudik 2017 sebagai tujuannya untuk pulang kampung ke halaman.

Bagi umat muslim tentu saja pilihannya adalah berkumpul bersama keluarga saat lebaran. Sementara itu, bagi yang tidak merayakan lebaran biasanya mudik lebih di tujuan untuk menikmati lebaran atau menghabiskan waktu cuti mereka bersama keluarga di kampung halaman.

Namun, ada satu hal yang menyebalkan ketika akan melakukan perjalanan mudik, yaitu terjebak macet yang waktunya berjam-jam bahkan bisa mencapai harian! Apalagi jika masyarakat memilih mudik menggunakan kendaraan pribadi mereka, dipastikan, antrian di pintu tol akan sangat panjang, sehingga menganggu kelancaran lalu lintas.

Jika kamu memilih mudik lebaran 2017 menggunakan kendaraan pribadi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terlebih dahulu terhadap kondisi kendaraan. Berikut beberapa diantaranya:

  1. Cek part fast moving mobil seperti kondisi kampas rem, brake shoes, kopling bagi mobil manual, filter oli, timing belt, busi, hingga filter udara.
  2. Selalu ingatkan diri sendiri mengganti oli kendaraan baik itu mobil atau pun motor. Ketika sudah berada pada waktunya, tentunya akan lebih untuk mengganti oli mobil sebelum berangkat mudik.
  3. Periksa seluruh kebersihan mobil, mulai dari AC, hingga air radiator. Jika tidak dilakukan dan berujung pada kerusakan, tentunya perjalanan mudik ajan menjadi tidak menyenangkan.
  4. Periksa kondisi kaki-kaki, ban mobil dan shockbreaker dengan teliti. Bahkan jika perlu siapkan dua ban cadangan untuk mobil dan perlengkapannya, jika terjadi kebocoran ban di tengah jalan nantinya.

Setelah menyiapkan mobil atau kendaraan bermotor lainnya, sekarang saatnya untuk terus update mendapatkan informasi tentang jalur mudik 2017 tahun ini. Apa saja yang perlu kamu persiapkan?

  1. Selalu update dengan info lalin

Pemerintah melalui pihak terkait seperti polisi, dinas perhubungan, hingga jasa marga biasanya akan selalu memberikan informasi mereka kepada masyarakat tentang jalur mudik. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu update dengan informasi ini.

Kamu bisa berlangganan sms, mengikuti akun media sosial dan membaca berita terbaru untuk mengetahui perkembangan informasi lalu lintas saat berada di jalur mudik. Selain itu kamu juga bisa mengunduh aplikasi seperti Google Maps, atau Waze untuk mengetahui informasi terbaru tentang kondisi lalu lintas.

  1. Cari informasi jalur alternatif

Selain mengandalkan peta mudik 2017, kamu bisa bertanya dengan masyarakat atau bahkan driver bus atau mini bus untuk mengetahui beberapa jalur alternatif. Jalur ini sangat penting diketahui mengingat kondisi jalur mudik pastinya akan sangat padat.

Apalagi jika mudik dilakukan seminggu menjelang lebaran. Oleh karena itu, selalu up-to-date dengan informasi terkini tentang beragam jalur alternatif yang bisa dilalui agar sampai dengan cepat dan selamat di kampung halaman.

  1. Jangan menyetir sendirian

Bagi yang akan berangkat mudik dengan kendaraan pribadi ada baiknya tidak hanya mengandalkan satu orang saja sebagai pengemudi. Namun, siapkan dua hingga tiga orang lainnya sebagai pengemudi. Tujuannya sederhana agar bisa bergantian mengendarai mobil, apalagi jika sudah terjebak macet di perjalanan yang relatif panjang.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyiapkan dua atau tiga orang lebih yang bisa mengemudikan mobil sebagai persiapan mudik tahun 2017 ini ya!

  1. Gunakan waktu istirahat

Jika sudah lelah, dan semua pengemudi juga sudah berada dalam kondisi lelah, maka hal yang penting kamu lakukan adalah persiapan untuk berisitirahat. Jika terjebak kemacetan dan tidak bisa keluar dari mobil, maka kamu bisa memanfaatkan kendaraan sebagai tempat istirahat.

Jika berada di dekat rest area atau tempat istirahat, kamu bisa mampir sementara untuk memulihkan energi. Selain untuk mengumpulkan kembali energi, dengan beristirahat juga bisa mengurangi risiko kecelakaan karena pengemudi kehilangan kosentrasi.

  1. Rileks dan santai

Agar jalur mudik 2017 yang kamu lalu nantinya lebih terasa tenang, kamu harus tetap merasa rileks dan santai. Oleh karena itu, persiapkan perangkat gawai atau gadget kamu untuk mengusir kejenuhan. Kamu bisa menonton film, atau mendengarkan musik favorit saat terjebak macet atau sedang berisitirahat.

Tentang Penulis

lhmdi

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami