Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Tips Membeli Mobil Bekas Berkualitas untuk Mudik Lebaran

by Rafly Aditia on 22 Juni, 2016

beli mobil baru_kredit kendaraan - CekAja.com

Hari raya Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi seluruh umat muslim. Menariknya, banyak kebiasaan-kebiasaan tertentu yang muncul menjelang lebaran.

Salah satu kebiasaan atau tradisi finansial yang ada saat menjelang lebaran adalah tren beli mobil bekas. Yup, banyak sekali orang yang ingin beli mobil bekas untuk pulang kampung. Buat kamu yang mau beli mobil bekas dalam waktu dekat, berikut tips beli mobil bekas berkualitas yang perlu kamu ketahui:

Cek kaki-kaki

Biasanya mobil bekas, apalagi mobil yang usianya cukup uzur perlu dicek kaki-kakinya. Karena, semakin lama dan sering mobil tersebut dipakai maka kondisi kaki-kaki juga semakin menurun. Sementara kaki-kaki adalah salah satu bagian paling penting dan harus diperhatikan saat beli mobil.

Kalau kaki-kaki mobil bekas sudah tidak bagus, kamu perlu mengeluarkan uang banyak untuk membetulkannya. Kalau tidak dibetulkan? Bisa-bisa bikin kamu tidak nyaman dan jadi rawan kecelakaan saat menggunakan mobil tersebut. (Baca juga: Kamu Mau Mudik? Ini Tips Atur Bujet Agar Hemat)

Perhatikan performa mesin

Jangan pernah lupa untuk memeriksa performa mesin secara keseluruhan saat ingin beli mobil bekas. Karena, kamu perlu mengetahui dan memastikan bahwa mobil yang dibeli dapat segera digunakan atau tidak. Apabila pemilik mengatakan bahwa mobil mempunyai beberapa penyakit atau kerusakan, tanya lebih lanjut mengenai apa saja penyakit dari mobil pilihanmu itu.

Kalau bisa beli langsung dari pemilik

Mengingat sekarang banyak situs jual beli mobil secara online, maka kamu harus memanfaatkannya. Membeli mobil bekas langsung dari pemilik punya beberapa keuntungan tersendiri dibanding membeli di showroom mobil. Pertama, kamu bakal mengetahui kondisi mobil secara rinci dan pasti, riwayat perbaikan mobil, dan harga yang lebih murah.

Pastikan surat-suratnya lengkap

Ketika ingin membeli mobil bekas, pastikan bahwa mobil yang jadi pilihan memiliki kelengkapan surat-surat. Kamu perlu memastikan bahwa mobil yang dijual punya BPKB dan STNK yang sesuai dan asli. Salah-salah, kamu bisa saja membeli mobil curian dengan surat-surat palsu.

Untuk itu, perhatikan dengan saksama setiap keterangan yang ada pada BPKB dan STNK, lalu cocokkan dengan KTP dari pemilik mobil. Jangan lupa, kamu bakal membutuhkan identitas pemilik mobil untuk urusan balik nama dan berbagai adinistrasi lainnya. (Baca juga: Cara Mencegah Rasa Malas Bekerja Menjelang Libur Lebaran)

Jangan lupa asuransi

Ketika sudah membeli mobil bekas dengan kondisi dan performa bagus yang disertai dengan kelengkapan surat-surat, kamu masih perlu melakukan sesuatu. Kamu perlu mengasuransikan mobil agar risiko-risiko yang bisa membuat mobilmu rusak, bahkan hilang suatu hari nanti tidak membebani kondisi finansial yang telah ditata dengan baik saat ini.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami