Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

5 Tips Menabung Untuk Masa Tua Bagi Pekerja Kantoran

by Rafly Aditia on 10 November, 2015

karyawan hemat - CekAja.com

Memiliki tabungan masa tua menjadi salah satu hal wajib bagi semua orang saat ini, terutama bagi para pekerja kantoran. Pastinya, ketika kamu tua nanti kamu tidak ingin menggantungkan nasib hidupmu kepada orang lain atau bahkan anakmu sendiri hanya karena kamu tidak memiliki tabungan?

Berbicara tabungan masa depan maka kita juga pasti akan membicarakan mengenai perencanaan keuangan, ketika kamu memasuki masa tua dan pensiunmu nanti. Pemasukanmu kemungkinan besar akan lebih kecil dibandingkan dengan pemasukanmu saat ini ketika masih menjadi karyawan di tempat kamu bekerja..

Maka dari itu, sebaiknya mulai sekarang kamu mempersiapkan tabungan masa tuamu agar kamu tidak mengalami masalah keuangan yang berarti saat masa tuamu nanti dengan cara-cara berikut;

Mulailah hari ini

Berusahalah untuk fokus dan mulai menyisihkan sejumlah uang untuk mulai menabung setiap bulannya. Sisihkan sekitar 20 persen dari gaji bulanan yang kamu miliki sebagai tabungan masa tuamu nanti.

Untuk itu, mulailah melakukan hal tersebut dari hari ini. Sisihkan 20 persen dari gaji bulananmu sekarang juga, pisahkan dari pengeluaran kehidupan sehari-harimu sampai satu bulan ke depan.

(Baca juga: 7 Hal Kecil yang Bisa Mendorong Motivasi Kerja)

Tekan pengeluaran sehari-harimu

Apabila saat ini kamu bekerja di kantor dan biasa makan siang atau makan malam di restoran. Maka mulailah untuk tidak melakukan hal itu demi menghemat gaji bulananmu.

Ketika berhasil menekan pengeluaran sehari-harimu, kamu akan memiliki jumlah tabungan yang lebih. Hal ini dapat memberikan kondisi keuangan yang lebih baik di masa depan nantinya.

Buatlah tujuan menabung

Setelah memutuskan untuk menabung setiap bulannya untuk masa depanmu, kamu juga harus mengetahui untuk apa uang tabunganmu akan digunakan nantinya.

Kamu bisa membuat beberapa daftar dari tujuanmu menabung untuk masa tuamu nanti, apabila saat ini kamu bekerja sebagai pekerja kantoran maka kamu bisa memiliki tujuan bahwa uang tabungan hari tuamu itu akan digunakan sebagai modal untuk melakukan usaha atau untuk berinvestasi di pasar saham nantinya.

(Baca juga: Sederet Hal yang Bedakan Cara Perhitungan Pesangon)

Jangan pernah lupakan asuransi

Bagi kamu yang masih muda, tidak ada salahnya untuk segera mendaftarkan diri dalam layanan asuransi kesehatan apalagi bagi kamu yang sudah memasuki usia 40an hal ini merupakan hal yang wajib kamu laksanakan.

Karena dengan berasuransi kamu dapat meringankan bebanmu dan meringankan pengeluaranmu jika kamu mendadak mengalami sakit yang cukup serius dalam waktu dekat atau bahkan saat masa tuamu nantinya karena masuk rumah sakit membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Tidak ada salahnya berinvestasi dari sekarang

Mumpung kamu masih memiliki penghasilan bulanan yang tetap, kamu dapat menyisihkan sebagian dari gaji kamu untuk menjadi modal kamu berinvestasi saat ini.

(Baca juga: Ini Daftar Harta yang Harus Masuk SPT Tahunan, Cek Yuk!)

Misalkan saat ini kamu memiliki gaji sebesar 10 juta rupiah, kamu dapat menggunakan sedikitnya 10 atau 15 persen dari gajimu itu untuk dijadikan modal dalam berinvestasi. Kamu bisa berinvestasi di pasar saham, emas, atau mungkin reksadana.

Lebih baik kamu mengambil sedikit risiko tetapi berpeluang untuk mendapatkan lebih dibanding hanya menaruh uangmu di bank begitu saja bukan?

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.