Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Tips Mengeringkan Helm Biar Gak Bau Apek Kehujanan

by Anes Saputra on 25 Februari, 2020

Hujan yang turun belakangan ini semakin tak menentu. Bagi yang sehari-hari beraktivitas menggunakan sepeda motor, tentu sudah terbiasa merasakan guyuran hujan. Tidak jarang pula, helm kesayangan menjadi wadah penampungan air karena kita lalai menyimpannya dengan benar saat meninggalkan motor di area parkir terbuka.

Air hujan yang membasahi bagian dalam helm, padahal alat pelindung kepala itu digunakan setiap hari tentu lama kelamaan akan menimbulkan bau apek yang tidak sedap.

Mau tahu gimana cara mengeringkan helm yang benar sampai menghilangkan bau apek tersebut? Simak 5 tips berikut ini, disarikan CekAja.com dari berbagai sumber.

1. Lap dengan kain microfiber

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengelap bagian luar helm tersebut dengan kain microfiber. Setelah itu, lap juga bagian visor alias kaca helm dengan kain yang sama. Kalau perlu, gunakan kain microfiber tersebut untuk menyerap sisa air yang tersisa di busa bagian dalam helm.

2. Copot dan cuci busa helm

Jika memungkinkan, copot bagian busa helm untuk direndam dengan sampo dan disikat menggunakan sikat berbulu halus.

Setelah itu, angin-anginkan dengan kipas angin. Jika tidak bisa, arahkan saja bagian dalam helm tersebut ke kipas angin.

(Baca juga: Sebelum Beli Motor Bekas, Perhatikan 4 Tanda Bakal Turun Mesin)

Perlu diingat, tidak direkomendasikan untuk mengeringkan bagian dalam helm secara terburu-buru dengan dijemur di bawah sinar matahari atau dengan hair dryer.

Pasalnya, pemanasan yang berlebihan tidak bagus dan memperpendek usia pakai busa helm. Jangan heran kalau terlalu sering menjemur helm di bawah terik matahari, busa di dalamnya mudah rontok.

3. Semprot antibakteri atau parfum

Kamu juga bisa membeli semprotan khusus helm yang akan membuat bagian dalamnya terbebas dari jamur, bakteri, dan bau apek.

4. Wangi kopi

Bungkus sesendok kopi dengan kain kecil, lalu sisipkan di bagian dalam helm. Biarkan semalaman, niscaya wangi bau kopi akan menggantikan bau apek air hujan pada helm. Lakukan hal ini setiap hari, sampai bau apek helm hilang seluruhnya.

5. Bawa ke tukang cuci khusus helm

Kalau kamu tergolong malas ribet, segera bawa helm kesayangan ke tempat cuci khusus helm yang bisa dengan mudah ditemukan di berbagai area parkir pusat perbelanjaan.

(Baca juga: Rajin Ganti Oli Bisa Jaga Kesehatan Dompet dan Mesin Motor)

Tempat cuci khusus helm biasanya memiliki peralatan lengkap untuk menghilangkan semua kotoran dan bau yang menempel pada helm kamu.

Dapatkan beragam tips seputar dunia otomotif lewat CekAja.com, yang akan membantu kamu merawat sepeda motor dan mobil kesayangan di rumah. Jangan lupa, kamu juga bisa melindungi kendaraan milikmu dengan asuransi kendaraan yang bisa kamu pilih dan ajukan lewat CekAja.com pastinya.

Tentang Penulis

Anes Saputra

Artikulasi Sinekdoke