Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

5 Tips Mudik Aman dan Nyaman untuk Ibu Hamil

by Rafly Aditia on 2 Juli, 2016

mudik dengan ibu hamil _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Bagi ibu hamil, mudik Lebaran merupakan salah satu dilema. Kenapa? Karena biasanya saat mudik Lebaran ibu hamil bakal mengalami keletihan yang luar biasa. Sementara dalam kondisi mengandung memerlukan keamanan dan kenyamanan ekstra untuk si jabang bayi.

Bagi ibu hamil, coba lakukan 5 tips berikut ini agar mudik Lebaran tetap aman dan nyaman:

Sedia camilan sehat

Biasanya ibu hamil memiliki nafsu makan yang jauh lebih besar dibanding biasanya karena yang membutuhkan asupan bukan hanya sang ibu, tetapi juga si kecil yang berada dalam kandungannya.

Untuk itu, sebaiknya kamu menyediakan stok camilan sehat sesuai selera. Jangan sampai perut kelaparan ketika menempuh perjalanan mudik Lebaran. (Baca juga: 5 Tips Beli Oleh-oleh Murah Ketika Mudik Lebaran)

Bikin playlist lagu favorit

Agar mood dan pikiranmu selalu positif, sebaiknya bikin playlist lagu favorit. Bukan cuma lagu favorit, tetapi juga harus bikin playlist lagu khusus untuk si kecil. Misalnya lagu-lagu klasik a la Mozart bisa dijadikan pilihan atau lagu religi juga bisa.

Pastinya, lagu-lagu yang didengarkan kamu dan si kecil harus mempunyai aura yang positif karena nantinya lagu-lagu tersebut dapat mempengaruhi pertumbuhan otak dan psikologi si kecil.

Bawa susu dan segala obat-obatan yang diperlukan

Bisa dibilang kebutuhan susu ibu hamil tidak boleh dilupakan, karena janin di dalam kandungan membutuhkan asupan tambahan. Selain itu, obat-obatan yang diperlukan juga tidak boleh tertinggal. Kalau sudah dipersiapkan dengan baik, tentu kamu tidak akan panik saat dalam perjalanan mudik nanti.

Minta suami untuk sering beristirahat

Tidak ada salahnya meminta suami atau pengemudi untuk sering beristirahat. Walau kamu tidak menyetir, berlama-lama di dalam mobil juga bakal terasa cukup meletihkan. Jadi, sering-seringlah mampir ke rest area atau sekadar makan di restoran untuk beristirahat agar kondisi fisik dan psikologismu tetap prima. (Baca juga: 5 Hal yang Harus Dipersiapkan Saat Mudik dengan Mobil Pribadi)

Konsultasi dulu dengan dokter

Hal terakhir yang tidak boleh dilupakan ibu hamil yang ingin mudik adalah konsultasi dengan dokter. Yup, sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Karena, kamu perlu memastikan bagaimana keadaanmu dan anak dalam kandungan.

Setelah berkonsultasi kamu juga harus mengikuti saran-saran dari dokter agar si kecil tetap sehat walau harus menempuh perjalanan jauh.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami