Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

5 Tips Praktis Biar Laptop Lebih Cepat

by JTO on 20 September, 2014

Anda suka mengeluhkan kinerja laptop Anda yang laggy? Anda ingin membeli laptop baru dengan spesifikasi yang lebih bagus? Sebelum Anda membanting laptop Anda karena lambat atau membeli laptop baru, mumpung akhir pekan, cobalah untuk melakukan beberapa trik berikut ini;

  1. Defrag Harddisk

Trik ini jarang digunakan oleh orang awam dalam komputer. Anda bisa mengurangi kinerja beban komputer dengan mendefrag harddisk Anda. Caranya Anda klik “start menu” lalu Anda pilih “all programs” kemudian pilih “accecories” kemudian pilih “system tools” kemudian Anda tinggal klik “disk defragmenter”. Setelah itu Anda tinggal menunggu semua partisi harddisk Anda selesai didefrag.

  1. Bersihkan File

Anda bisa menghapus file Anda yang tidak terpakai. Dengan file yang lebih sedikit maka beban komputer Anda akan lebih mudah. Anda juga bisa menghapus history browser dan cache aplikasi. Anda bisa menghapusnya dengan menggunakan aplikasi CCleaner atau dengan klik startup menu lalu search disk cleanup kemudian tinggal klik “disk cleanup”.

  1. Cek Driver

Driver yang tidak terinstall lengkap juga bisa mempengaruhi kinerja dari laptop. Anda perlu menginstall seluruh driver dari laptop. Driver yang baru akan membuat aplikasi lebih ringan.

  1. Install Antivirus

Laptop yang lambat bisa dikarenakan terkena virus. Anda bisa menginstall 2 antivirus. Antivirus lokal untuk membasmi virus lokal sedangkan antivirus global untuk membasmi virus umum. Anda perlu scan komputer secara rutin untuk mendeteksi virus dan menghapus virus agar kinerja laptop tetap stabil.

  1. Disable Startup

Anda bisa mempercepat startup awal komputer Anda dengan menonaktifkan startup program yang tidak digunakan. Caranya Anda klik “startup menu” lalu klik “msconfig” lalu pilih startup. Setelah itu Anda bisa menguncheck aplikasi yang tidak digunakan pada saat startup awal.

  1. Uninstall Aplikasi Tidak Terpakai

Aplikasi yang banyak akan memperlambat kinerja komputer. Anda bisa menguninstall aplikasi yang jarang digunakan. Aplikasi yang sedikit akan meringankan kinerja komputer. Cara menguinstall aplikasi yaitu pertama Anda klik “start menu” kemudian klik “control panel” lalu pilih aplikasi yang ingin di “uninstall program”.

Anda bisa mencoba tips – tips diatas untuk meningkatkan kinerja laptop Anda. Apabila Anda ingin menggunakan laptop seperti baru lagi Anda bisa membackup laptop Anda kemudian Anda bisa memformat laptop Anda maka komputer Anda akan kembali seperti semula. Semoga tips ini dapat bermanfaat.

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami