Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

5 Tips Simpel, Murah dan Hemat Agar Terhindar Dari Flu

by Rafly Aditia on 8 Maret, 2016

penyakit setelah Lebaran _ asuransi kesehatan - CekAja.com

Flu adalah penyakit yang mungkin paling sering terdengar di kuping kita. Penyakit ini memang tidak berbahaya, tetapi apabila sudah berada dalam tahapan yang berat dapat menganggu aktivitas sehari-hari.

Sebut saja: karena flu berat kamu jadi tidak bisa ke kantor dan harus beristirahat sehingga tugas-tugas menumpuk, atau tidak bisa ikut ujian kuliah hingga harus mengulang di semester depan. Hal ini tentunya sangat merugikan.

Maka dari itu, sebaiknya cegah virus flu bandel beranak pinak di tubuh kamu. Caranya? Simpel murah dan justru bikin lebih hemat kok. Berikut ini tips agar terhindar dari flu:

Sering cuci tangan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah cuci tangan lebih sering. Kenapa demikian? Karena tangan menjadi perantara paling baik bagi berbagai virus termasuk virus flu. Tentunya kamu sering menyentuh hidung dan mulut saat beraktivitas. Nah ini menjadi pintu masuk yang sempurna bagi virus flu ke tubuhmu.

Maka dari itu sebaiknya rajin-rajin menggunakan sabun antiseptik dan sering mencuci tangan serta bersihkan sela-sela jari dan tangan secara keseluruhan. Cuci tangan menggunakan sabun harganya tentu lebih murah dibanding obat-obatan sudah terkena flu berat.

(Baca juga: Sebelum Saksikan Gerhana Matahari Total, Ketahui Dulu Mitos Fenomenanya di Seluruh Dunia)

Makan masakan rumah

Sebuah penelitian yang dilakukan University Nebraska Medical berhasil membuat pengumuman yang cukup mengejutlan. Ternyata, cerita dan anggapan masyarakat bahwa masakan rumah seperti sup ayam ala ibu-ibu benar-benar bisa melawan virus flu yang hinggap di tubuh.

Guna membuat sup ayam menjadi lebih berkhasiat maka kamu bisa menambahkan bawang putih dan beberapa macam sayuran agar terhindar dari peradangan. Sudah tidak perlu keluar uang banyak, lebih sehat juga kan?

Kurangi konsumsi alkohol

Minum alkohol secara berlebihan ternyata membuat zat-zat berbahaya akan diserap langsung oleh lambung dan masuk ke dalam aliran darah. Hal ini tentunya membuat kemampuan sel darah putih milikmu melemah saat melawan serangan penyakit tak terkecuali flu.

Stop rokok

“Say no to alcohol, and say no to smoking” Ya, bukan hanya mengurangi konsumsi alkohol. Tetapi lebih baik lagi kalau kamu bisa berhenti merokok. Karena, sebuah studi yang dilakukan di Hongkong mengungkapkan bahwa rokok dapat meningkatkan risiko terinfeksi flu.

Alasannya, rokok memiliki dampak buruk terhadap fungsi rambut halus yang ada di hidung, di mana rambut halus tersebut merupakan salah satu bagian tubuh yang bekerja untuk menyaring virus yang masuk melalui udara.

Pastinya selain lebih sehat, pengeluaran harian kamu juga akan menjadi lebih irit karena tidak perlu lagi membeli rokok.

(Baca juga: Enam Cara Hasilkan Penghasilan Tambahan Tanpa Bersusah Payah)

Sering berolahraga

Guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh, rajinlah berolahraga setidaknya dua hingga tiga kali seminggu. Olahraga terbukti dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan lebih kuat dalam melawan serangan penyakit.

Tidak perlu keluar uang banyak untuk ke gym. Olahraga seperti lari pagi dan body excercise di rumah juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.