Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

5 Tips Sukses Bisnis Pet Shop

by Sindhi Aderianti on 15 Oktober, 2018

Berbicara mengenai peluang bisnis, banyak sektor yang sebenarnya bisa ditekuni. Jika Anda pecinta hewan, membuka pet shop bisa menjadi salah satu pilihan tepat. Berbekal ilmu dan pengalaman merawat hewan peliharaan, nantinya Anda akan lebih mudah menjalankan bisnis pet shop. Simak lima tips sukses bisnis pet shop.

Dari segi keuntungan, salah satu pemilik petshop di Jakarta Selatan mengaku, kini tokonya mampu meraup omzet bisnis hingga mencapai Rp 400 juta per bulan. Modal awal yang dibutuhkan pun tidak begitu mahal, yakni 10 juta saja cukup.

Terus meningkatnya kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan lah yang mendorong permintaan akan selalu ada. Sehingga prospek dan omzet terus terdongkrak. Berminat untuk ikut menjajal bisnis pet shop? Simak lima tips suksesnya berikut ini.

(Baca juga: 5 Bisnis dengan Untung Miliaran, Berani Coba?)

Lokasi dekat perumahan

Salah satu faktor pendukung kenaikan omzet, tak lepas dari pemilihan lokasi pet shop yang strategis, dalam hal ini sebisa munging pilih yang dekat dengan perumahan.

Umumnya masyarakat yang tinggal di perumahan memiliki hewan peliharaan seperti kucing dan anjing. Jadi peluang mendapatkan banyak customer tentu lebih besar. Carilah sebuah ruko yang mudah diakses banyak orang.

Namun sebisa mungkin hindari lokasi yang terlalu dekat dengan kegaduhan jalan raya, agar hewan peliharaan yang datang tidak stres mendengarnya. Setelah memilih lokasi bisnis yang berada di kawasan cukup ramai, pastikan Anda tak lupa meminta izin kepada warga sekitar demi kelancaran bisnis Anda kelak.

Jadikan toko one stop service

Ada berbagai jenis layanan dalam bisnis pet shop. Mulai dari jual-beli makanan, vitamin, aksesoris, mainan, dan sebagainya. Tapi kalau hanya menjual kebutuhan hewan tentu belum cukup untuk menarik banyak minat. Untuk itu, baiknya Anda memberikan layanan one stop service yang terdiri dari jasa grooming sampai penitipan hewan.

Jika pet shop Anda memiliki area yang cukup luas, Anda  juga bisa turut menjual hewan peliharaan yang lucu dan menggemaskan. Dengan lengkapnya layanan tersebut, target pasar Anda pun dijamin akan semakin besar.

(Baca juga: Alasan Mengapa Investasi Apartemen Sangat Menjanjikan)

Peralatan usaha harus lengkap

Setelah tempat usaha siap, langkah selanjutnya adalah mencari berbagai macam barang yang akan Anda jual. Di samping itu, perlengkapan untuk medukung jasa grooming dan penitipan hewan tadi.

Grooming berarti Anda harus memiliki perlengkapan yang komplit seperti ruangan mandi, blower, gunting, sisir, dan lain sebagainya. Begitu pula dengan penitipan hewan yang membutuhkan lebih banyak kandang super nyaman.

Para pelanggan yang menitipkan hewan peliharaan mereka kepada pet shop pasti menginginkan layanan yang lebih dari itu. Hewan yang dititipkan perlu untuk dibersihkan, diberi makanan, dan tempat bermain agar terus merasa bahagia.

(Baca juga: Mau Bisnis Online Laris Manis? Ini 5 Kiatnya)

Lengkapi terus stok barang

Stok makanan hewan yang dijual harus selalu Anda perhatikan. Jangan sampai kehabisan stok, karena rata-rata customer yang datang ke pet shop pasti ingin membeli makanan untuk hewan peliharaan mereka.

Sediakan merk mulai dari yang standar sampai premium dalam beragam ukuran, karena pembeli bisa hadir dari berbagai kalangan. Jika mereka belum memahami perihal mahanan hewan yang terbaik Anda bisa memberikan rekomendasi makanan hewan dengan menyebutkan berbagai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki produk tersebut.

Sama halnya dengan stok vitamin dan obat-obatan. Kedua jenis barang ini memiliki permintaan yang cukup banyak setelah makanan. Terakhir meski jarang ada yang membeli, barang-barang lain seperti kandang, aksesoris, atau mainan untuk hewan peliharaan tetap perlu selalu ada dalam stok.

Cari pegawai penyayang binatang

Tips sukses bisnis pet shop terakhir, usahakan mencari pegawai yang juga penyayang binatang. Terutama pegawai khusus grooming. Secara psikologis, mereka akan lebih sabar menghadapi tingkah polah binatang yang berbeda-beda.

Terkadang bahkan sudah ada yang bisa memandikan binatang tanpa harus diajarkan lagi. Jika pegawai yang dipekerjakan menyayangi binatang, niscaya mereka juga betah bekerja lama di pet shop Anda.

Keberlangsungan sebuah usaha sangat ditentukan dengan cara pengelolaan yang handal. Maka dari itu selaku pengusaha pet shop, Anda wajib memiliki manajemen usaha yang baik. Jalin beberapa kerjasama dengan pihak yang berkaitan dengan jenis usaha ini.

Misalnya para pemasok makanan hewan dan para dokter hewan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada hewan yang ada di dalam petshop Anda. Selain membantu secara operasional, mereka juga bisa menjadi mediator promosi yang cukup efektif.

Tentang Penulis

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.