Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

Cek 5 TK dengan Biaya Mahal di Jabodetabek

by Achmad Fauzi on 4 Juli, 2018

Musim ajaran sekolah baru sebentar lagi akan dimulai. Orangtua sibuk untuk mencari sekolah yang terbaik untuk anak-anaknya. Nah, tahukah Anda berapa biaya pendidikan saat ini? Ternyata beberapa Taman Kanak-kanak atau TK telah mematok biaya selangit.

tabungan pendidikan anak _ investasi - CekAja.com

Anda bisa memilih TK mulai dari yang biasa-biasa saja hingga bertaraf internasional. Itu artinya, ada TK dengan biaya yang murah, ada pula yang mahal. Tentunya, murah atau mahalnya TK tersebut tergantung fasilitas dan program yang diberikan.

Terkait dengan biaya sekolah, CekAja.com telah merangkum TK dengan biaya  yang terbilang mahal berikut ini.

TK Cikal

TK Cikal merupakan salah satu TK dengan biaya termahal. Pasalnya, untuk masuk ke taman bermain ini, Anda harus mengeluarkan biaya hingga Rp40,6 juta. Besaran uang itu hanya uang pangkal untuk masuk ke TK Cikal. Sedangkan untuk biaya Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) Anda harus mengeluarkan Rp3,8 juta setiap bulannya. Mahal bukan?

Meski terbilang mahal, TK Cikal ini telah mendapatkan akreditasi International Baccaulaureatte (IB). Artinya bahwa TK Cikal bisa bersaing di kancah internasional. Jika Anda tertarik, TK Cikal terdapat di 5 daerah yakni, di Cilandak, Sudirman, Bintaro, Serpong, dan Bandung.

(Baca juga: Harga BBM Non Subsidi Naik, Ini Tips Agar Mobil Irit Bahan Bakar)

TK Islam Embun Pagi

TK Islam Embun Pagi juga menjadi salah satu rumah bermain dengan predikat biaya termahal. Bagaimana tidak, uang pangkal atau untuk masuk TK ini, Anda harus mengeluarkan dana sekitar Rp22,3 juta, sedangkan untuk biaya SPP setiap bulannya sebesar Rp1,4 juta.

Selain itu, Anda juga harus membayar uang formulir sebesar Rp550.000 jika ingin mendaftarkan anak Anda ke TK Islam Embun.

Namun demikian, Anda tak perlu khawatir dengan sistem pembelajaran. Karena, TK Islam Embun Pagi merupakan TK yang bertaraf internasional. Tidak hanya itu, sesuai dengan namanya TK Islam Embun Pagi juga akan membentuk karakter si kecil dengan prinsip Islam. Sehingga, anak Anda akan mempunyai akhlak yang baik ke depannya.

TK Islam Embun ini terletak di Jalan Raya Kalimalang No 39, RT. 1 / RW .7, Cipinang Besar Selatan Jakarta Timur. Jika Anda tertarik maka Anda bisa langsung untuk mengunjungi lokasi itu.

TK Pembangunan Jaya

TK Pembangunan Jaya juga termasuk dalam daftar Taman Kanak-kanak termahal. Karena, biaya SPP di sana mencapai Rp26,7 juta per tiga bulan. Selain itu, Anda juga harus membayar biaya seragam sekitar Rp700.000.

TK ini berlokasi di Kawasan Komersial Blok JE Sektor 9, Bintaro Jaya, Ciputat, Tangerang Selatan. Meskipun mahal, taman bermain ini telah berstandar internasional dengan akreditasi International Baccaulaureatte (IB). Sehingga, Anda tak perlu khawatir setelah mengeluarkan biaya yang banyak. Sebab, semua sistem pembelajarannya berstandar internasional.

(Baca juga: Mengintip Bisnis Sampingan Pesepak Bola Kenamaan)

TK Citra Alam

Taman Kanak-kanak yang bernuansa alam ini juga selevel dengan TK termahal lainnya. Pasalnya, biaya yang dikeluarkan untuk masuk ke taman bermain ini sekitar Rp23 juta. Biaya tersebut sudah termasuk biaya kegiatan sekolah dan seragam.

Selain itu, TK ini juga mengenakan biaya formulir di setiap pendaftaran sebesar Rp700.000. Sementara untuk biaya SPP Anda harus mengeluarkan Rp1,2 juta setiap bulannya.

Sistem belajarnya, TK Citra Alam ini memiliki kurikulum terintegrasi antara kurikulum alam, karakter dan Diknas. Kemudian, untuk implementasi dari kurikulum tersebut, pembelajaran dilakukan dengan tematik dan dengan metode active learning.

Anda bisa langsung mengunjungi lokasi TK Citra Alam di Jalan Damai 2 No.54, RT.8/RW.2, Ciganjur, Jakarta Selatan, jika ingin mendaftarkan anak Anda.

TK Dian Didaktika

TK yang berlokasi di Cinere ini juga bisa dibilang mahal. Karena untuk masuk ke TK Dian Didaktika Anda harus mengeluarkan dana sebesar Rp14 juta. Biaya tersebut bukan total biaya pendidikannya, tetapi hanya uang pangkalnya saja. Sementara untuk uang SPP, Anda harus mempersiapkan Rp1 juta setiap bulannya.

Untuk kurikulum pembelajarannya sendiri, TK Dian Didaktika menggunakan Kurikulum 2004 yang dikembangkan dengan berbagai macam muatan lokal yang dirancang dengan ciri khas sendiri dan terintegrasi dengan nilai-nilai Islam.

Selain itu, sistem pengajarannya menggunakan pendekatan active learning dan learning by playing. Dengan kurikulum dan sistem tersebut, Anda tidak akan merasa sia-sia telah mengeluarkan dana yang banyak.

Itulah beberapa TK termahal yang berada di Jabodetabek. Jika Anda ingin mendaftarkan si kecil ke TK tersebut, maka sebelumnya Anda harus mempersiapkan segala hal, salah satunya dana.

(Baca juga: Mengenal SLIK dan Manfaatnya dalam Mengajukan Kredit Pinjaman)

Anda bisa menyiapkan biaya pendidikan anak di masa depan melalui investasi. E-commerce finansial nomor satu di Indonesia CekAja.com menyediakan investasi dari berbagai lembaga keuangan terpercaya. Yuk cek!

Tentang Penulis

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami