Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

5 Tradisi Lebaran Unik dari Berbagai Daerah di Indonesia

by Rafly Aditia on 4 Juli, 2016

Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki berbagai macam budaya dan tradisi. Bahkan, pada saat Lebaran, setiap daerah memiliki tradisi dan budaya berbeda. Keunikan tiap-tiap daerah dalam menyambut Lebaran sebenarnya menarik untuk dilihat dan dipelajari.

Berikut 5 tradisi lebaran unik di berbagai daerah di Indonesia yang bakal membuatmu tertarik berwisata ke daerah tersebut:

Widget TRV Insurance

1. Banten – Ngadongkapkeun

Propinsi Banten memiliki sebuah tradisi yang cukup unik setiap hari raya Idul Fitri. Tradisi yang bernama Ngadongkapkeun ini adalah tradisi di mana masyarakat setempat berdoa kepada pencipta untuk segala kebaikan yang diberikan. Setelah itu perayaan langsung diikuti sungkeman oleh orang yang lebih muda terhadap orang tua.

(Baca juga: Bebas RIbet, Inilah Tips Memilih Pakaian yang Mesti Dibawa Mudik)

2. Sulawesi Utara – Binarundak

Siapa sih yang tidak suka makan-makan saat Lebaran? Pasti kamu juga sangat menyukainya. Perlu kamu ketahui di Sulawesi Utara ada sebuah tradisi unik di mana setiap 3 hari setelah Lebaran ada sebuah tradisi bernama Bindarundak yang dijalankan masyarakat setempat. Tradisi unik ini merupakan aktivitas memasak nasi jaha yang kemudian dimakan bersama-sama.

3. Jawa – Kupatan

Salah satu tradisi Lebaran yang paling dikenal masyarakat Indonesia adalah Kupatan. Yup, tradisi makan ketupat dengan berbagai campuran lauk seperti opor, sambal goreng ati dan lauk lainnya ini ternyata berasal dari Jawa. Usut punya usut, tradisi ini diwariskan dari Wali Songo loh.

4. Lombok – Perang Topat

Untuk kamu yang tinggal di daerah Lombok, tentu sangat familiar dengan tradisi Perang Topat. Tradisi perang lempar ketupat antar kelompok masyarakat ini sering menyedot perhatian publik. Warga bakal saling melempar ketupat antar satu sama lain ketika hari raya Lebaran tiba.

(Baca juga: Inilah 5 Aplikasi Android yang Harus Kamu Install Kalau Ingin Mudik Tahun 2016)

5. Yogyakarta – Grebeg Syawal

Kota Yogyakarta memang dikenal sebagai kota yang kaya akan tradisi. Untuk hari Lebaran, Yogyakarta juga punya tradisi unik yang tidak dimiliki daerah lain di mana masyarakat Yogyakarta membuat sebuah gunungan besar yang berisi kacang panjang, cabai, serta berbagai hasil bumi lain.

Gunungan tersebut bakal diperebutkan oleh masyarakat setempat. Mereka percaya bahwa hal ini membawa keberuntungan di masa yang akan datang.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.