Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

5 Tradisi Positif Saat Imlek yang Bisa Kita Tiru

by Rafly Aditia on 2 Februari, 2016

Masyarakat Tionghoa dikenal sebagai kaum yang menjaga dan menghormati tradisi. Di antara berbagai tradisi yang masih dijalankan hingga sekarang, terkandung banyak kebijaksanaan yang bisa kita tiru.

Salah satunya adalah ritual perayaan tahun baru atau Sin Tjia. Saat merayakan Imlek, masyarakat Tionghoa menjalankan sejumlah ritual khusus yang bertujuan untuk memberikan aura positif bagi kehidupan.

Apa saja tradisi tersebut? Berikut 5 tradisi saat hari raya Imlek yang bisa kita tiru:

Bersih-bersih

Bagi masyarakat Tionghoa, menyambut tahun baru harus dengan suasana bersih. Biasanya, sebelum Imlek, masyarakat Tionghoa membersihkan rumah mulai dari menyapu, mengepel lantai hingga menyedot debu.

Mereka percaya apabila menyambut tahun baru Imlek dengan bersih dapat mendatangkan keberuntungan di sepanjang tahun baru. Nah, kebiasaan atau tradisi ini baik ditiru agar hidup lebih baik, bersih, dan nyaman.

Punya utang? Lunasi segera

Masyarakat Tionghoa terkenal sangat disiplin. Bagi mereka, selama bisa membayar dengan uang tunai jangan pernah mengajukan kredit atau utang.

Tetapi, apabila terpasa berutang sekalipun, sebisa mungkin mereka melunasinya sebelum tahun baru karena utang yang menumpuk dipandang sebagai sesuatu yang membawa kesialan.

Kamu punya utang? Segera lunasi agar segala rencana keuangan di tahun baru lebih hoki lagi.

(Baca juga: 5 Makanan Ini Bisa Bawa Hoki Jika Disantap Saat Imlek)

Memperbaiki tampilan diri

Dalam rangka menyambut Imlek, memperbaiki penampilan atau mempercantik diri adalah suatu keharusan.

Masyarakat Tionghoa menganggap memotong, mengecat rambut dalam rangka memperbaiki tampilan diri menjadi lebih rapi, bersih dan terlihat menarik akan membawa keberuntungan nantinya.

Well, bagi job seeker tidak ada salahnya kamu mengikuti tradisi yang satu ini. Sebab, ketika kamu memiliki penampilan yang lebih rapi dan bersih kamu bisa cepat diterima bekerja karena tampil sangat meyakinkan pada interview kerja nanti.

Mendekorasi rumah

Bukan hanya tampilan diri yang perlu diperbaiki, apabila memiliki rezeki lebih biasanya masyarakat Tionghoa akan menyambut Imlek dengan mendekorasi rumah.

Berbagai sentuhan tradisional yang dipercaya membawa keberuntungan dilakukan seperti menaruh tanaman hidup, menaruh hiasan dinding dan sebagainya.

Tidak ada salahnya kita meniru hal ini. Sebab tampilan rumah yang lebih menarik bisa membuat pikiran lebih fresh dan betah di rumah.

Berbagi kebahagiaan dengan sesama

Ketika Imlek tiba, masyarakat Tionghoa akan menjalankan tradisi berbagi dengan sesama. Mulai dari berbagi makanan seperti kue keranjang atau ikan bandeng hingga berbagi angpao.

 Hal ini juga baik untuk diikuti. Karena dengan berbagi kemakmuran dan kebahagiaan, kita dapat mempererat tali persaudaraan antar sesama sehingga kehidupan akan semakin baik.

(Baca juga: 4 Hal Ini Jadi Mahal Karena Dianggap Bawa Hoki)

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami