Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

5 Trik Agar Kamu Terlihat Lebih Profesional di Tempat Kerja Baru

by Ariesta on 14 Oktober, 2016

Tampil cerdas bisa mempengaruhi kesan orang lain saat melihatmu. Dan, kesan yang baik pastinya diperlukan saat kamu baru masuk di tempat kerja baru.

Tampil cerdas bisa ditransformasikan dengan dengan cara tampil secara profesional. Mau membuat bos dan rekan kerja barumu terkesan? Berikut enam cara agar terlihat lebih pintar dan profesional di tempat kerja:

promo kejutan 25 hari - CekAja.com

Mengenakan kacamata

Riset membuktikan, kacamata bisa membuat kamu terlihat kurang menarik tapi dianggap lebih cerdas. Dalam sebuah studi yang dilakukan peneliti University of Vienna, 76 partisipan melihat 78 gambar wajah. Dalam gambar tersebut, ada yang memakai kacamata dengan bingkai penuh, dan ada yang tanpa bingkai. Kemudian partisipan ini diminta untuk mengurutkan gambar yang mereka lihat berdasarkan kesan kecerdasan dan daya tarik.

Hasilnya, orang yang memakai kacamata dengan atau tanpa bingkai dianggap lebih cerdas daripada orang yang tidak berkacamata. Namun orang yang tidak berkacamata dianggap lebih menarik dibandingkan mereka yang memakai kacamata bingkai penuh. (Baca juga: Gaji Rp 3 Juta Bisa Beli Mobil Dalam Setahun Jika Ikuti Tips Ini)

Memainkan intonasi kata

Jika dua orang berbicara kata yang sama, namun salah satunya berbicara lebih cepat dan lebih keras dengan sedikit jeda dan variasi intonasi, makan dia akan dianggap lebih bersemangat, lebih berwawasan dan lebih cerdas.

Nada bicara yang ekspresif dengan permainan intonasi dan suara mampu memperkuat kesan cerdas pada diri seseorang. Hal ini diungkapkan penulis Leonard Mlodinow dalam buku How Your Unconscious Mind Rules Your Behavior.

Berjalan dengan kecepatan yang sama dengan orang lain

Studi yang dilakukan Boston University menemukan, jika kamu berjalan lebih cepat atau lebih lambat dari orang-orang sekitarmu, maka mereka akan menganggap kamu aneh. Dalam studi tersebut, sebanyak 49 mahasiswa menonton tayangan di mana tiga orang berbeda berjalan lebih lambat, sama cepat, atau terlalu cepat.

Responden lalu diminta untuk menyampaikan kesan tentang kecerdasan tiga sampel tersebut dari cara mereka berjalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang dianggap lebih cerdas dan lebih kompeten adalah ketika mereka berjalan dengan kecepatan yang sama dengan orang lain.

cekaja-dana-tambahan-akhir-tahun-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

Mengenakan pakaian formal

Studi yang dilakukan oleh peneliti Texas Tech University menemukan bahwa busana yang kita pakai turut membentuk persepsi orang lain terhadap kemampuan kita. Sebagai contoh, seorang guru yang memakai baju formal dianggap lebih cerdas oleh para murid dibandingkan guru yang berpakaian kasual.

Selain itu, penelitian yang dimuat dalam Jurnal Psikologi Sosial tahun 2012 juga menemukan bahwa orang yang memakai jas laboratorium sebagai peneliti dan dokter diketahui punya tingkat konsentrasi lebih tinggi. Rupanya pakaian yang kita pakai tidak hanya berdampak pada kesan orang lain memandang kita, tapi juga pada diri sendiri. (Baca juga: 4 Cara Mengatasi Tekanan Kerja Berlebih)

Tidak sok tahu

Dalam sebuah percobaan tahun 1999 yang dikenal dengan “Dunning-Kruger effect”, orang yang kurang kompeten justru menyombongkan diri, sedangkan orang yang benar-benar kompeten justru menganggap diri mereka tidak terlalu hebat. 

Jadi jika ingin membuat orang lain terkesan dan dianggap pandai, bersikaplah rendah hati. Jika tidak tahu, akui kalau kamu memang tidak tahu, bukannya malah sok tahu.

Mau kartu kredit yang berikan tiket pesawat hingga voucher hotel gratis? Daftar sekarang juga di sini.

cekaja-daftar-kartu-kredit-belanja-online-harbolnas - CekAja.com

Tentang Penulis