Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

5 Trik Jadi Pekerja Freelance yang Sukses dan Kaya Raya

by Rafly Aditia on 3 Mei, 2016

pekerjaan sampingan _ kartu kredit - CekAja.com

Menjadi seorang pekerja lepas atau freelancer kini mulai digandrungi banyak orang. Bahkan di negara-negara maju pertumbuhan jumlah freelancer benar-benar melejit.

Misalnya, menurut situs ternama benrmatthews.com, pada tahun 2015 sebanyak 53 juta orang Amerika Serikat menjadi pekerja lepas. Itu berarti sektiar 34% dari jumlah angkatan kerja di Amerika Serikat merupakan pekerja lepas.

Melihat hal ini, kecenderungan generasi Y untuk memilih status sebagai pekerja lepas juga mulai meningkat di negara berkembang seperti Indonesia. Mungkin saat ini kamu merupakan salah satunya. Nah, berikut ini ada 5 trik yang bisa kamu lakukan kalau ingin jadi pekerja freelance yang sukses dan kaya raya:

Pilih pekerjaan dengan bayaran tinggi

Sebagai pekerja freelance, kamu bebas memilih pekerjaan. Untuk itu, sebisa mungkin pilihlah pekerjaan dengan bayaran tinggi. Jangan mengerjakan pekerjaan yang bayarannya rendah, apalagi gratis. Ingat, kamu harus mulai menghargai diri dan kemampuan sendiri. Apalagi kalau punya kualitas pekerjaan yang bagus, just never do it for free. (Baca juga :Tip Sukses Jadi Wanita Karir Sekaligus Ibu Rumah Tangga)

Kenali kemampuan unikmu

Punya kemampuan unik dan berbeda dari orang lain? Misalnya kamu merupakan seorang pengisi acara wedding, tunjukkan kemampuan unik yang kamu miliki seperti kemampuan memainkan beberapa alat musik seorang diri atau suara merdu yang tidak ada duanya di dunia.

Keunikan tersebut bisa menjadi hal yang membuat orang rela membayar jasamu dengan harga tinggi. Jadi, mulai sekarang cobalah kenalkan ke publik tentang kemampuan unik milikmu. Menjadi berbeda dapat membuatmu dihargai mahal.

Tunjukkan kualitas pekerjaan

Salah satu faktor utama seorang pekerja freelance bisa sukses adalah kualitas pekerjaan. Misalnya, sebagai seorang desainer tidak masalah kalau kamu membutuhkan waktu yang lama untuk menghasilkan sebuah logo perusahaan.

Selama hasilnya benar-benar memuaskan, justru klien bakal memandang kamu lebih tinggi dan berani membayar mahal. Untuk itu, cobalah mengutamakan kualitas dalam melakukan setiap pekerjaan mulai sekarang.

Ambil beberapa pekerjaan sekaligus

Sisi positif yang paling dirasakan seorang freelancer adalah kebebasan untuk melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Tidak ada salahnya mengerjakan dua atau tiga pekerjaan sekaligus selama hasilnya memang masih optimal. Justru hal tersebut sangat baik bagi keuanganmu. Pendapatan yang masuk bisa berkali-kali lipat karena melakukan beberapa pekerjaan sekaligus.

Atur keuangan secara disiplin

Sudah bukan rahasia lagi, pendapatan seorang freelancer tidaklah tetap. Terkadang naik dan terkadang bisa turun. Semua tergantung projek yang dikerjakan. Untuk itu, kamu harus mengatur keuangan secara disiplin.

Buatlah catatan pendapatan minimal, maksimal, dan rata-rata tiap bulannya. Lewat catatan tersebut, kamu bisa mengatur keuangan lebih baik lagi. Apabila ada uang lebih bulan ini, uang tersebut bisa ditabung.

Kalau kurang, kamu bisa menambal kekurangan tersebut lewat tabungan yang kamu miliki. Jangan lupa untuk menyisihkan sebagian uang sebagai modal berinvestasi dan tabungan pensiun.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.