Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

4 menit waktu bacaan

5 Trik Tepat Sebelum Mencari Lowongan Kerja Sampingan

by lhmdi on 11 Juli, 2016

lowongan kerja palsu_kredit tanpa agunan - CekAja.comTingginya kebutuhan hidup seringkali memaksa seseorang yang sudah bekerja mencari pekerjaan sampingan.

Contoh ini semakin nyata ketika banyak pekerja kantoran yang memiliki pekerjaan sampingan sebagai pengemudi ojek atau taksi online. Bahkan, tidak jarang pula pendapatan mereka justru lebih besar daripada gaji yang diterima di perusahaan tempat mereka bekerja.

Peluang untuk mendapatkan pekerjaan sampingan ini pun semakin terbuka saat ini. Tidak hanya menjadi pengemudi transportasi daring saja, namun masih terdapat jenis pekerjaan sampingan lain yang bisa dikerjakan.

Memilih Lowongan Kerja Sampingan yang Tepat

kerja freelance_kredit tanpa agunan - CekAja.com

Melakukan pekerjaan sampingan ini dikenal juga dengan sebutan pekerjaan freelance. Secara sederhana pekerjaan ini bisa dilakukan di luar jam kantor seperti di rumah atau di tempat “nongkrong” seperti coffee shop.

Menjadi tenaga freelancer atau paruh waktu memiliki banyak keuntungan. Selain pendapatan yang bertambah, seseorang juga bisa mendapatkan keuntungan dengan memiliki banyak relasi atau kenalan baru di luar kantor mereka.

Meskipun terdapat ratusan lebih lowongan kerja sampingan yang tersebar melalui kolom iklan di surat kabar atau internet, namun pastikan untuk mengetahui informasinya sebaik mungkin.

Hal ini penting dilakukan agar pekerjaan sampingan tersebut tidak menyita waktu kamu terlalu besar sehingga merugikan pekerjaan tetap yang sedang dijalani. Selain itu, masih terdapat pula beberapa pekerjaan sampingan yang palsu dan berujung pada kerugian bahwa kamu tidak mendapatkan hasil apa-apa dari pekerjaan tersebut.

Agar tidak mengalami kerugian saat memilih pekerjaan sampingan yang sesuai dengan keinginan kamu, ikuti beberapa tips berikut ini:

  1. Pilih pekerjan sampingan melalui layanan internet

tips keuangan untuk freelance - CekAja.com

Saat ini sudah semakin banyak layanan internet yang menyediakan berbagai macam lowongan pekerjaan. Jika ingin mencari informasi pekerjaan sampingan kamu hanya perlu mengetikkan kata “lowongan kerja freelance” atau part time dan kemudian, situs tersebut akan menampilkan beberapa data perusahaan yang menawarkan pekerjaan online atau daring.

Dari data tersebut kamu bisa memilih pekerjaan yang sesuai dengan keinginan kamu

  1. Cek kredibilitas perusahaan

kerja di perusahaan asing - CekAja.com

Setelah memilih pekerjaan yang diinginkan, otomatis kamu akan terhubung langsung dengan perusahaan. Jangan terburu-buru untuk mengirimkan lampiran riwayat dan data diri kamu pada perusahaan.

Alangkah bijaknya jika kamu melakukan survey atau cek dahulu kredibilitas perusahaan tersebut. Cara termudah untuk mencarinya adalah dengan mengetikkan nama perusahaan tersebut di halaman atau Google atau bahkan mencari informasi lowongan pekerjaan sampingan dengan teman-teman atau kerabat terdekat.

  1. Siapkan portofolio atau contoh hasil pekerjaan

entrepreneur muda sukses _ pinjaman UKM - CekAja.com

Sebagai seseorang yang bersiap untuk melakukan lowongan pekerjaan sampingan, sangat disarankan untuk menyiapkan portofolio atau contoh pekerjaan yang sudah kamu lakukan sebelumnya.

Apalagi bagi yang memang sudah terbiasa melakukan pekerjaan sampingan, maka ini bisa menjadi nilai tambah bagi perusahaan untuk mempekerjakan kamu, Karena kamu sudah bisa mengatur ritme kerja dan waktu antara aktivitas di pekerjaan tetap dengan pekerjaan sampingan yang akan dilakukan.

  1. Kembangkan relasi

tips karier _ kredit tanpa agunan - CekAja.com

Saat ini istilah networking atau mengembangkan relasi merupakan hal penting bagi kamu yang ingin mencari lowongan kerja part time atau sampingan. Nah! cara ini merupakan pilihan tepat bagi kamu yang tidak ingin repot mencari pekerjaan sampingan di internet.

Melalui teman atau kerabat yang pernah bekerja sama atau terlibat dalam komunitas tertentu, kamu bisa mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan sampingan.

  1. Tentukan pendapatan

tips bisnis _ pinjaman UKM - CekAja.com

Mencari dan kemudian mendapatkan pekerjaan sampingan tidak serta-merta akan membuat pendapatan kamu bertambah secara otomatis. Misalnya kamu mengharapkan pendapatan sampingan bernilai Rp 3.000.000, namun belum tentu semua perusahaan akan memberikan angka yang sama.

Oleh karena itu, sebelum mengirimkan daftar riwayat hidup dan pekerjaan kamu kepada perusahaan pastikan untuk mencari informasi tentang berapa bayaran yang akan diperoleh berdasarkan pekerjaan sampingan yang akan kamu jalani.

Mengelola Keuangan dari Pekerjaan Sampingan

Salah satu keuntungan pasti yang sudah didapatkan setelah mendapatkan pekerjaan sampingan atau paruh waktu adalah pendapatan. Namun, kamu harus cermat dalam mengelolanya, karena jika tidak akan mudah terbuai untuk mengeluarkan uang dalam jumlah besar.

Nah! Agar tetap cerdas dalam mengelola kebutuhan setelah mendapatkan pekerjaan sampingan, kamu bisa mencoba beberapa tips berikut ini:

  1. Catat setiap pendapatan yang diterima

Jika kamu memiliki lebih dari satu pekerjaan sampingan yang sedang dijalani ada baiknya dimulai dengan mencatat sendiri perkiraan pendapatan yang akan diterima. Hal ini dikarenakan setiap pekerjaan sampingan atau part time yang kamu lakukan memiliki penghasilan yang berbeda-beda.

Melalui cara ini kamu dapat memperhitungkan dana yang nantinya akan disisihkan berdasarkan kebutuhan hidup.

  1. Tetap sisihkan untuk kebutuhan pokok

Meskipun pendapatan kamu bertambah, namun tetap sisihkan uang yang kamu terima untuk memenuhi kebutuhan pokok atau utama kamu. Catat secara rinci dan detil kebutuhan kamu sama seperti kamu mendapatkan gaji bulanan dari pekerjaan tetap.

Sisa uang yang didapat dari pekerjaan sampingan bisa digunakan untuk menambah biaya kebutuhan pokok atau ditabung dan digunakan untuk kebutuhan tidak terduga.

  1. Gunakan untuk dana darurat dan kebutuhan lain

Setelah menyisihkan dana untuk kebutuhan pokok dan biaya tidak terduga, siapkan juga uang yang kamu terima untuk dana darurat.

Misalnya jika kamu mengalami musibah, sakit, membayar cicilan atau ingin berlibur maka, uang dari yang didapatkan dari pekerjaan sampingan bisa dimaksimalkan.

Sisakan setidaknya 20% hingga 30% dari pendapatan yang kamu terima untuk kebutuhan darurat ini.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.