Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

5 Universitas Terbaik di Australia Jurusan Bisnis Versi Times Higher Education

by Ayunindya Annistri on 6 Februari, 2020

Banyak calon mahasiswa dari Indonesia yang mengincar universitas di Australia untuk melanjutkan pendidikannya. Sebab, universitas-universitas tersebut memiliki lingkungan belajar yang kondusif dengan tenaga pengajar profesional. Bagi kamu yang sebentar lagi lulus SMA dan berniat kuliah di Jurusan Bisnis, berikut CekAja berikan rekomendasi universitas terbaik di Australia Jurusan Bisnis versi Times Higher Education.

universitas terbaik di australia jurusan bisnis

Jurusan Bisnis menjadi satu diantara banyaknya jurusan dalam Program Studi Ekonomi yang populer. Hal ini bukan tanpa alasan, mengingat anggapan orang-orang mengenai prospek kerja Jurusan Bisnis yang tergolong luas. Sehingga tak sedikit dari calon mahasiswa Indonesia yang rela menuntut ilmu hingga ke Australia untuk mendapatkan gelar.

Selain lokasinya yang tidak terlalu jauh dari Indonesia, Negeri Kanguru ini dianggap memiliki kualitas pendidikan di atas rata-rata, khususnya Jurusan Bisnis. Hal ini dibuktikan dari banyaknya universitas terbaik di Australia Jurusan Bisnis yang berhasil masuk dalam daftar World University Rankings 2020 versi Times Higher Education.

Mengapa Jurusan Bisnis di Australia Banyak Digemari?

Seperti yang dikutip dari laman Okezone, alasan mahasiswa Indonesia memilih Australia sebagai tempat mengemban Ilmu Bisnis ternyata tidak hanya karena ingin meneruskan usaha keluarga saja.

Lebih dari itu, mereka menganggap bahwa peluang kerja untuk lulusan bisnis pun terbuka lebar seiring dengan pesatnya teknologi dan informasi saat ini.

Proses belajar mengajar di Australia yang dinamis, dimana seluruh mahasiswa harus mampu membuat dan menganalisa laporan bisnis serta belajar cara berkomunikasi yang benar, juga menjadi alasan lainnya mahasiswa internasional memilih universitas terbaik di Australia khususnya Jurusan Bisnis.

Ditambah dengan banyaknya beasiswa yang disediakan pemerintah Australia, baik untuk mahasiswa lokal maupun internasional.

(Baca Juga: 10 Universitas Terbaik di Singapura Beserta Biaya Kuliahnya)
Universitas Terbaik di Australia Jurusan Bisnis Versi Times Higher Education

Setiap tahunnya Times Higher Education selalu merilis daftar peringkat universitas terbaik dunia. Untuk 2020 sendiri, THE telah memuat World University Rankings terbaru melalui laman resminya, yang mana beberapa universitas terbaik di Australia, khususnya Jurusan Bisnis ini berhasil membuktikan kualitas mereka lewat daftar tersebut.

1. The University of Melbourne

The University of Melbourne - 5 Universitas Terbaik di Australia Jurusan Bisnis Versi Times Higher Education

The University of Melbourne sukses bertengger di peringkat-32 dalam World University Rankings 2020 versi Times Higher Education. Universitas ini termasuk universitas tertua di Victoria yang telah ada sejak 1853.

Jurusan Bisnis di The University of Melbourne masuk dalam Fakultas Bisnis dan Ekonomi. Fakultas ini setidaknya memiliki 9 jurusan unggulan yang banyak diminati oleh mahasiswa internasional, meliputi:

  • Akuntansi
  • Ekonomi, Ekonometrika dan Analisis
  • Ilmu Aktuarial
  • Kewiraswastaan
  • Keuangan
  • Bisnis Internasional
  • Pemasaran
  • Administrasi Publik
  • Manajemen dan Administrasi Bisnis

The University of Melbourne juga memiliki sekolah bisnis khusus mahasiswa yang ingin melanjutkan program pascasarjana, yaitu Melbourne Business School. Universitas terbaik di Australia Jurusan Bisnis ini menawarkan dua program unggulan, yakni Full-time MBA dan Part-time MBA.

Lokasi: Parkville VIC 3010, Australia

Besaran Biaya Kuliah: Mulai dari AUD 15.000

Website: https://www.unimelb.edu.au/

2. Australian National University

Australian National University - 5 Universitas Terbaik di Australia Jurusan Bisnis Versi Times Higher Education

Universitas terbaik di Australia Jurusan Bisnis berikutnya adalah Australian National University. Universitas ini berhasil menaikkan kedudukannya menjadi peringkat ke-50 pada World University Rankings 2020.

Sebelumnya, Australian National University menduduki peringkat 71-80 dalam World Reputation Ranking 2019 yang dirilis oleh Times Higher Education.

Khusus Jurusan Bisnis, universitas yang berada di Canberra ini menyediakan dua program kuliah sekaligus, program sarjana dan pascasarjana.

Masing-masing programnya memiliki 20 konsentrasi yang termasuk dalam Fakultas Business and Commerce, diantaranya adalah Accounting, Actuarial Studies, Business Administration, Commerce, Economic Policy, Finance, Project Management, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Canberra ACT 0200, Australia

Besaran Biaya Kuliah: Mulai dari AUD 39.024

Website: https://www.anu.edu.au/

3. University of Sydney

University of Sydney - 5 Universitas Terbaik di Australia Jurusan Bisnis Versi Times Higher Education

Beralih dari Australian National University, di peringkat ke-60 dalam World University Rankings 2020 versi Times Higher Education diisi oleh University of Sydney.

Universitas ini setidaknya telah mencetak lebih dari 350 ribu alumni berkualitas. Sebut saja Michael Kirby, mantan Hakim Pengadilan Tinggi Australia dan Malcolm Turnbull yang kini menjabat sebagai Perdana Menteri Australia menggantikan Tony Abbott.

University of Sydney memiliki Jurusan Bisnis dengan dua fokus pembelajaran, yaitu Business Analytics dan International Business. Keduanya tersedia untuk calon mahasiswa internasional yang ingin mendapatkan gelar sarjana.

Sementara untuk program pascasarjana, universitas ini menyediakan jurusan Business Postgraduate Cross-Institutional dan Business Postgraduate Non-Award.

Lokasi: Camperdown NSW 2006, Australia

Besaran Biaya Kuliah: Mulai dari AUD 9.050

Website: https://sydney.edu.au/

4. The University of Queensland

The University of Queensland - 5 Universitas Terbaik di Australia Jurusan Bisnis Versi Times Higher Education

The University of Queensland berada di peringkat 66 dalam World University Rankings 2020 versi Times Higher Education. Universitas ini memiliki kualitas pengajaran berstandar internasional, yang membuatnya sukses mencetak alumni-alumni terbaik.

Khusus Jurusan Bisnis, universitas terbaik di Australia ini menyediakan program diploma, sarjana, pascasarjana, dan doktor. Untuk kamu yang baru lulus SMA, bisa mengambil program diploma ataupun sarjana dengan jurusan masing-masing meliputi manajemen bisnis, perdagangan, ekonomi, administrasi bisnis, serta perdagangan dan inovasi.

Lokasi: St Lucia QLD 4072, Australia

Besaran Biaya Kuliah: Mulai dari AUD 42.000

Website: https://www.uq.edu.au/

(Baca Juga: Universitas dengan Program MBA Terbaik di Dunia Beserta Kisaran Biaya)
5. University of New South Wales

University of New South Wales - 5 Universitas Terbaik di Australia Jurusan Bisnis Versi Times Higher Education

Universitas terbaik di Australia Jurusan Bisnis yang terakhir adalah University of New South Wales. Ini merupakan universitas yang menduduki peringkat ke-71 dalam World University Rankings 2020 versi Times Higher Education.

University of New South Wales adalah universitas unggulan yang termasuk dalam anggota Group of Eight. Universitas ini memiliki lebih dari 14 ribu mahasiswa setiap tahunnya dari berbagai negara di dunia.

Khusus Jurusan Bisnis, universitas ini memiliki UNSW Business School yang terdiri dari 5 program studi unggulan untuk jenjang sarjana, yaitu Bachelor of Actuarial Studies, Bachelor of Commerce, Bachelor of Commerce (International), Bachelor of Economics, dan Bachelor of Information System.

Sedangkan untuk jenjang pascasarjana, universitas ini memiliki empat program studi yang benar-benar berfokus pada bidang bisnis, yaitu Business Analytics, Business Law, Business Strategy, dan International Business.

Lokasi: Sydney NSW 2052, Australia

Besaran Biaya Kuliah: Mulai dari AUD 15.000

Website: https://www.unsw.edu.au/

Itulah universitas terbaik di Australia Jurusan Bisnis yang paling direkomendasikan dan masuk dalam daftar World University Rankings 2020 versi Times Higher Education.

Untuk membantu kamu dalam mewujudkan impian berkuliah di Australia, CekAja.com menawarkan fitur pinjaman dana pendidikan dengan penawaran berupa cicilan ringan dan bunga rendah.

Yuk, tunggu apalagi? Segera kunjungi laman CekAja.com dan ajukan pinjaman dana pendidikanmu sekarang juga!

Tentang Penulis

Ayunindya Annistri

Penulis amatir yang hobi merantau