Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

5 Usaha Jasa Ini Tak Goyah Diterpa Badai Teknologi Digital

by Miftahul Khoer on 12 February, 2019

Perkembangan teknologi digital tak menjadi jaminan semua jenis bisnis akan ikut berkembang. Malahan untuk beberapa sektor bisnis justru meredup dengan hadirnya teknologi digital.

tips bisnis _ pinjaman usaha - CekAja.com

Beberapa bisnis yang meredup dengan hadirnya teknologi digital misalnya bisnis surat kabar, taksi dan ojek konvensional, mal, dan banyak lagi. Kita bisa melihat beberapa toko pakaian di mal yang bangkrut karena hadirnya online shop dan marketplace.

Namun, ada juga usaha jasa rumahan yang justru tetap bertahan dan bisa berkembang dengan bantuan teknologi digital. Apa saja bisnis-bisnis tersebut? Yuk langsung cek!

Penjahit pakaian

Dari zaman ke zaman, usaha jasa penjahit pakaian rumahan tak pernah terganggu teknologi apapun. Sebelum atau sesudah adanya smartphone, bisnis ini tetap berjalan seperti sedia kala dan tidak terganggu apapun.

Semakin ke sini, media sosial dan internet seolah menjadi candu bagi banyak orang, tetapi tetap saja tak berpengaruh kepada bisnis satu ini.

Apakah Anda pernah mendengar ada jasa penjahit rumahan bangkrut karena adanya penjahit digital atau penjahit online? Tidak kan? Nah, oleh karena itu, membuka jasa penjahit rumahan di saat teknologi berkembang saat ini mungkin bisa menjadi pilihan.

(Baca juga: Mengintip Peluang Bisnis Essential Oil)

Jasa laundry

Selain penjahit, ada usaha laundry. Dari dulu memang usaha ini tidak ada matinya. Malahan, bisa terus berkembang seiring banyaknya minat masyarakat terutama kalangan karyawan, pelajar hingga mahasiswa yang ogah mencuci sendiri pakaiannya.

Membuka usaha laundry justru sangat terbantu dengan adanya teknologi digital. Sama seperti jasa jahit pakaian rumahan, bisnis-bisnis seperti ini bisa memanfaatkan media sosial dan internet untuk meningkatkan omzet melalui promosi di media sosial.

Usaha laundry juga selama ini tak berpengaruh dengan hadirnya teknologi digital. Sebaliknya, banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh para pelaku usaha jasa laundry rumahan di zaman digital ini yakni promosi yang mudah dan masif.

Servis elektronik

Jasa servis elektronik mungkin paling banyak diuntungkan di tengah masifnya perkembangan teknologi. Saat ini pelaku jasa servis elektronik ketiban untung semakin besar. 

Dahulu banyak orang yang membutuhkan jasa servis televisi tabung. Kemudian semakin hari ponsel pintar dan juga televisi LCD semakin banyak beredar di tengah masyarakat. Dengan demikian tingkat kerusakan barang-barang elektronik pun semakin tinggi. Dan tentu saja, para pelaku jasa elektronik inilah yang mencicipi keuntungan yang besar.

Saat ini, para pelaku jasa servis elektronik ini pun semakin pintar memanfaatkan teknologi terutama media sosial. Mereka kini lebih agresif menjemput bola dengan mengkiklankan jasanya di media sosial.

(Baca juga: Ini Enam Jenis Bisnis yang Kebanjiran Order Saat Valentine)

Pengrajin mebel

Mungkin teknologi digital sangat berperan terhadap eksistensi para pengrajin mebel saat ini. Jika dulu para pengrajin mebel ini masih didominasi oleh kalangan orangtua, saat ini justru anak-anak muda sangat bangga memiliki profesi tukang mebel atau bahasa gaulnya wood worker.

Anda bisa berselancar di internet bahwa setiap pekannya selalu saja ada agenda pelatihan wood working yang digelar di banyak tempat. Anda juga bisa mengintip akun pelaku jasa mebel modern yang menjamur di Instagram dengan produk-produknya yang unik dan kreatif. Ini menandakan usaha jasa mebel semakin diminati masyarakat.

Ya, bagi para pelaku usaha jasa ini, tentu kehadiran teknologi digital bukanlah hambatan melainkan tantangan yang harus ditaklukan. Semakin kreatif seseorang, semakin banyak jalan yang bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah.

Cuci mobil atau motor

Bisnis jasa rumahan yang juga masih eksis sampai sekarang adalah jasa cuci mobil dan motor. Usaha jasa ini memang tak kenal waktu. Entah musim hujan atau kemarau, para pelanggan tentu akan datang membersihkan kendaraannya.

Malahan saat ini banyak pelaku usaha jasa cuci mobil atau motor yang melakukan inovasi. Misalnya, mereka memperluas lahannya untuk membuka bisnis kuliner. Jadi, ketika para pelanggan menunggu kendaraannya bersih, mereka bisa sambil menikmati kuliner yang disediakan.

Nah, itulah beberapa usaha jasa rumahan yang diperkirakan akan terus eksis dan mendatangkan keuntungan bagi para pelaku usahanya. Meski teknologi digital banyak mengancam sejumlah usaha, tetapi dipastikan usaha-usaha jasa rumahan di atas tidak akan goyah diterpa badai digital. Gak percaya? Yuk terjun langsung di bisnis-bisnis di atas.

Tentang Penulis

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami