5 Wisata Air Terjun Paling Menarik di Indonesia

3 min. membaca Oleh CekAja on

Indonesia sebagai negara tropis sudah sangat terkenal dengan hutan, gunung, dan pantainya. Namun, banyak orang yang tidak tahu kalau di balik hutan-hutan tersebut kerap tersembunyi beragam keindahan lain, yaitu air terjun.

Begitu banyak air terjun dengan keunikan yang berbeda-beda di berbagai penjuru Indonesia. Sebagian besar orang berburu foto agar feed sosial medianya terlihat eksotis. Namun ada juga yang memilih untuk berenang dan bersantai saja di tepi air terjun.

Berikut ada 5 air terjun yang patut kamu sambangi:

1. Air Terjun Tama’lulua, Sulawesi Selatan

Air Terjun Tamalulua Sulawesi Selatan - 5 Wisata Air Terjun Paling Menarik di Indonesia

Bukan cuma garis pantainya, ternyata Sulawesi Selatan (Sulsel) juga punya pesona air terjun yang patut disambangi. Air terjun tersebut adalah Tama’lulua yang terletak di Kabupaten Jeneponto dan cukup tersembunyi.

Air Terjun Tama’lulua dikenal juga dengan Air Terjun Bassolo. Meski begitu, dibutuhkan banyak tenaga untuk sampai ke air terjun tersebut, karena kamu harus mendaki jalan bebatuan. Namun semua rasa lelah itu akan terbayarkan dengan keindahan pemandangannya.

Tak hanya itu kamu juga bisa melihat sunset dari atas bukit Bassolo dan wisata air terjun Tama’lulua tidak menguras kantong karena tidak perlu membayar karcis masuk dan hanya membayar parkir saja ke warga sekitar.

2. Air Terjun Dua Warna, Sumatera Utara

Air Terjun Dua Warna Sumatera Utara - 5 Wisata Air Terjun Paling Menarik di Indonesia

Akhir-akhir ini Sumatera Utara (Sumut) makin memiliki banyak wisata, apalagi di sana ada Danau Toba yang menjadi tujuan wisata super prioritas. Namun, siapa sangka ada salah satu air terjun terindah yang terletak di Sumut. Air terjun Dua Warna bisa ditemukan di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang.

Kenapa dinamakan air terjun Dua Warna? Jawabannya karena air terjun indah ini memang memiliki dua gradasi warna yang berbeda. Air yang tertampung dari pancurannya di bawah berwarna putih keabu-abuan sementara air terjun yang tumpah riuh dari atas berwarna biru muda.

(Baca juga: 10 Destinasi Wisata Dunia yang Bakal Jadi Tren di 2020)

Sayangnya untuk sampai disana, harus melalui perjalanan yang cukup sulit mulai dari tanjakan dan turunan jurang hingga melewati hutan yang rimbun. 

Namun jika sampai di kawasan wisata ini, rasa lelah hilang terbayarkan dengan indah pemandangan alamnya. Pemandangan indah ini juga masih belum ramai sehingga kawasan di sekitarnya masih sangat bersih.

3. Air Terjun Tegenungan, Bali

Air Terjun Tegenungan Bali - 5 Wisata Air Terjun Paling Menarik di Indonesia

Bali memang memiliki wisata yang lengkap, bukan hanya pantai, namun ada wisata air terjun yang indah. Air terjun Tegenungan salah satu objek wisata alam yang lokasinya berdekatan dengan Ubud.

Untuk mencapai lokasi air terjun dari tempat parkir, pengunjung harus berjalan di jalan setapak. Daya tarik utama dari objek wisata air terjun Tegenungan juga terletak pada pemandangan sepanjang jalur untuk sampai ke air terjun.

Ditambah lagi ada kolam kecil di area air terjun untuk berenang setelah perjalanan panjang ke lokasi.

4. Air Terjun Widuri, Jawa Tengah

Air Terjun Widuri Jawa Tengah - 5 Wisata Air Terjun Paling Menarik di Indonesia

Lokasi air terjun ini berada di Desa Batur, Kecamatan Tawangharjo. Pesona dan keindahan air terjun yang masih alami memberikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung, terlebih dengan mitos-mitos di sekitarnya yang bikin ngeri-ngeri sedap.

Memiliki ketinggian sekitar 40 meter, butuh waktu yang cukup lama untuk sampai di lokasi air terjun yang berbukit. Meski begitu, udara yang sejuk membuat rasa lelah agak berkurang.

Air terjun Widuri ini dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit jika berendam atau mandi disana.

(Baca juga: Gak Perlu Jauh-Jauh Liburan, Tengok 6 Destinasi Wisata Asyik di Garut)

Nama Widuri ini berasal dari Widodaren atau bidadari. Menurut cerita warga setempat, konon suatu hari Jaka Tarub sedang berburu di Kwasan Gunung Keramat, lalu Jaka Tarub melihat sebuah telaga tempat tujuh bidadari mandi.

Jaka Tarub pun mengambil salah satu selendang tersebut. Karena selendangnya hilang, seorang bidadari tidak bisa kembali ke khayangan hingga muncul Jaka Tarub yang menolong. Hingga bidadari tersebut bersedia pulang dan menikah dengan Jaka Tarub.

5. Air Terjun Sendang Gile, Lombok

Air Terjun Sendang Gile Lombok - 5 Wisata Air Terjun Paling Menarik di Indonesia

Terletak di Kawasan Hutan Nasional Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Timur (NTB), air terjun Sendang Gile ternyata bukan satu-satunya obyek wisata air terjun di Lombok. Namun, air terjun ini yang paling menarik.

Ciri khas air terjun Sendang Gile adalah memiliki dua tingkatan. Tingkatan pertama air meluncur jatuh dari tebing dan tingkatan yang kedua merupakan terusan air yang pertama lalu jatuh ke kolam di dasarnya.

Jelajah air terjun dengan Garuda Indonesia Citi Card

Bagi kamu petualang, tidak usah takut kantong jebol untuk menikmati lima air terjun indah tersebut. Kamu bisa membeli tiket pesawat dengan kartu kredit Garuda Indonesia Citi Card dan dapatkan keuntungan menarik seperti, 3x miles untuk pembelian tiket Garuda Indonesia, bonus 2.500 Garuda Miles untuk akumulasi transaksi pertama, 250 Garuda Miles, serta ekstra bagasi 20 kg.

Keuntungan tersebut belum ditambah dengan diskon 5 persen untuk pembelian tiket di kantor penjualan Garuda Indonesia dan website resmi Garuda Indonesia dengan cara memasukkan kode promo “GICC”.

Ditambah lagi prioritas khusus bagi pemegang Garuda Indonesia Citi Card yang ada dalam daftar tunggu reservasi tiket penerbangan Garuda Indonesia.

Jadi tunggu apalagi, yuk beli tiket pesawat dan mulai menjelajah deretan air terjun yang eksotik di Indonesia dengan Garuda Indonesia Citi Card!

Pilih dan ajukan Garuda Indonesia Citi Card secara mudah lewat CekAja.com.

Tentang kami

CekAja

CekAja