5 Wisata Kuliner Enak dan Murah Kota Banyuwangi

4 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Mengetahui tentang wisata kuliner enak dan murah Kota Banyuwangi sepertinya perlu diketahui, terutama jika kamu memang berniat untuk mengunjungi kota di Provinsi Jawa Timur ini di masa yang akan datang.

wisata kuliner enak dan murah kota banyuwangi

Meskipun wisata di Kota Banyuwangi masih terbilang belum terlalu populer apabila dibandingkan dengan destinasi-destinasi wisata lainnya yang ada di Indonesia, namun semakin kesini patut diakui bahwa wisata di kota yang memiliki julukan “The Sunrise of Java” ini semakin menarik perhatian para traveler, bukan hanya di Indonesia melainkan juga di Mancanegara.

Mengapa? Karena pesona alamnya yang memukau dan patut untuk dieksplorasi. Dengan beraneka ragam pantai dan pegunungan yang indah nan memesona, tak heran banyak anggota keluarga maupun solo traveler yang memilih kota satu ini untuk relaksasi dan refreshing sejenak dari rutinitas sehari-hari.

Tidak hanya itu saja, Banyuwangi yang sering dijadikan sebagai akses menuju Pulau Bali menggunakan jalur darat membuat kota ini semakin dipertimbangkan untuk dijadikan sebagai destinasi wisata.

Nah, selain mempelajari destinasi wisata apa saja yang akan kamu kunjungi, mengetahui tentang wisata kuliner enak dan murah Kota Banyuwangi juga perlu dilakukan, untuk mendukung kelancaran dari perjalanan yang tengah kamu lakukan.

Wisata Kuliner Enak dan Murah Kota Banyuwangi

1. Sego Cawuk Bu Mantih

Sego Cawuk Bu Mantih - 5 Wisata Kuliner Enak dan Murah Kota Banyuwangi

Wisata kuliner enak dan murah Kota Banyuwangi yang akan kita bahas pertama adalah Sego Cawuk dengan menggunakan nasi yang ditaburi parutan kelapa sebagai bahan dasar utamanya. Tidak hanya nasi, jenis makanan satu ini juga disajikan bersamaan dengan kuah yang berasal dari bumbu-bumbu pilihan.

Sebagai pelengkapnya, nasi yang ditaburi dengan parutan kelapa dan disertai dengan kuah ini juga ditambah dengan lauk seperti dendeng, telur, pepes ikan, dan masih banyak lagi yang membuat hidangan menjadi lebih lezat dan menggiurkan.

Untuk perkara rasa, jangan ditanya lagi. Karena gurih, segar, dan sedikit rasa pedas bisa kamu dapatkan hanya dalam satu kali suapan. Meskipun kamu bisa menemukan berbagai jenis bahan makanan di dalam satu piring, rasa dari Sego Cawuk ini tetap ringan dan cocok untuk dijadikan sebagai menu sarapan.

Lokasi: Warung Bu Mantih, Jalan Wahid Hasyim (Dekat Stasiun Rogojampi), Prejengan, Rogojampi, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Jam Operasional: 07.00 – 15.00

Kisaran Harga: Rp7000 – Rp15.000

2. Ayam Pedas Rantinem Genteng

Ayam Pedas Rantinem Genteng - 5 Wisata Kuliner Enak dan Murah Kota Banyuwangi

Selanjutnya ada Ayam Pedas Rantinem Genteng yang juga menjadi salah satu wisata kuliner enak dan murah Kota Banyuwangi yang patut kamu coba. Dapat dikatakan bahwa Ayam Pedas Rantinem Genteng ini merupakan salah satu wisata kuliner yang cukup legendaris, melihat bahwa sudah berdiri sejak tahun 1970-an.

Sejak berdiri untuk pertama kalinya hingga sekarang, rumah makan yang memiliki menu andalan ayam pedas ini tetap menggunakan bumbu racikan keluarga untuk selalu menjaga ciri khas rasa.

Nah, sebelum ayam dicampur dengan bumbu berkuah santan pedas, ratusan potong ayam kampung akan dibakar terlebih dahulu dan baru direbus di dalam kuah santan pedas selama beberapa jam agar bumbu bisa meresap ke dalam daging. Dikarenakan hal inilah, rasa gurih dan pedas yang dihasilkan bisa langsung kamu rasakan hanya dalam satu kali suap.

Lokasi: Dusun Krajan, Genteng Kulon, Kecamatan Genteng, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Jam Operasional: 16.00 – 03.00

Kisaran Harga: Rp5000 – Rp25.000

3. Sego Tempong Mbok Wah

Sego Tempong Mbok Wah - 5 Wisata Kuliner Enak dan Murah Kota Banyuwangi

Dalam bahasa Jawa, tempong memiliki arti tampar. Makanan satu ini dinamakan demikian karena rasanya yang nampar alias sangat enak. Sebenarnya wisata kuliner enak dan murah Kota Banyuwangi ini tidak jauh berbeda dengan nasi campur, yakni nasi putih yang disajikan dengan berbagai lauk dan disertai dengan sambal khas bernama sambal tempong.

Meskipun dinamai sebagai sego tempong, warung makan di Banyuwangi ini juga menyediakan hidangan seafood seperti kepiting dan cumi. Tidak hanya enak dan menggiurkan, menu yang dijual pun memiliki harga yang sangat terjangkau, bahkan tergolong sangat murah.

Hanya dengan merogoh kocek sebesar Rp7000 saja, kamu sudah bisa mendapatkan nasi putih dengan lauk berupa sayuran rebus, ikan asin, teri jengki sekaligus sambal andalan mereka, yaitu sambal tempong. Wah, murah banget ya!

Lokasi: Warung Sego Tempong Mbok Wah, Jalan Gembrung No. 22, Bakungan, Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

Jam Operasional: 17.00 – 21.00

Kisaran Harga: Rp7000 – Rp15.000

(Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Kuliner Murah di Yogyakarta)

4. Pondok Rujak Soto

Pondok Rujak Soto - 5 Wisata Kuliner Enak dan Murah Kota Banyuwangi

Pernah mendengar tentang rusak soto? Bagi sebagian orang, mungkin jenis makanan ini terdengar aneh. Namun kenyataannya, masyarakat Banyuwangi memang menggabungkan antara dua jenis makanan tersebut menjadi satu menu yang mampu menggoyang lidah.

Tidak hanya legendaris, wisata kuliner enak dan murah Kota Banyuwangi ini juga merupakan kuliner lokal yang sangat populer. Kamu bisa menikmati rujak soto yang dilengkapi dengan telur rebus dan disertai dengan kuah yang sedikit berwarna hitam dan memiliki cita rasa yang unik. Sungguh perpaduan rasa yang mungkin tidak akan bisa kamu nikmati di hidangan manapun.

Lokasi: Jl. Basuki Rahmat No. 113, Singotrunan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Jam Operasional: 09.00 – 21.00

Kisaran Harga: Rp12.000 – Rp15.000

5. Sego Bungkus Bu Poer

Sego Bungkus Bu Poer - 5 Wisata Kuliner Enak dan Murah Kota Banyuwangi

Berbicara tentang wisata kuliner enak dan murah Kota Banyuwangi memang seakan tak pernah ada habisnya. Kali ini, kita akan membahas tentang Sego Bungkus Bu Poer yang terletak di kabupaten bekas markas Kerajaan Blambangan.

Meskipun dinamakan nasi bungkus, kenyataannya sajian yang dihidangkan tidak harus kamu bawa pulang kok. Hal tersebut dikarenakan setiap hidangan yang ada akan dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Tidak hanya nasi putih, warung makan Sego Bungkus Bu Poer juga menyediakan jenis nasi lainnya, seperti nasi jagung, nasi kuning, dan nasi merah. Sedangkan untuk lauknya itu sendiri, kamu bisa memilih sesuai selera, mulai dari ayam goreng, oseng-oseng, hingga berbagai olahan ikan bisa kamu jadikan pilihan.

Lokasi: Jl. Jenderal Sudirman No. 26 Panderejo, Panderejo, Penganjuran, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Jam Operasional: 07.00 – 21.00

Kisaran Harga: Rp8000 – Rp20.000

Jadi, apakah kamu tertarik untuk mengunjungi wisata kuliner enak dan murah Kota Banyuwangi yang baru saja kita bahas? Nah, sebelum mulai merencanakan perjalanan, ada baiknya jika kamu juga membeli asuransi perjalanan yang memberikan perlindungan penuh selama kamu melakukan perjalanan bersama keluarga.

Yuk, segera ajukan asuransi perjalananmu di CekAja.com dan nikmati liburan nyaman dengan perlindungan penuh.

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha