Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

5 Wisata Religi di Indonesia yang Tidak Pernah Sepi ketika Ramadan Tiba

by Surtan Siahaan on 7 Juni, 2016

Bulan Ramadan sudah tiba. Bagi umat muslim, ini saat yang paling tepat untuk melakukan wisata religi. Selain dapat menghilangkan rasa penat akibat aktivitas pekerjaan, dengan wisata religi kamu bisa memanfaatkan waktu untuk menambah pengetahuan soal agama. Nah, sebagai negara dengan penduduk beragama Islam terbesar di dunia, Indonesia adalah surga wisata religi Islami.

Tak terhitung banyaknya destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Untuk membantu kamu memiliki lokasi liburan selama puasa, CekAja memberikan kamu daftar 6 lokasi wisata religi yang tidak pernah sepi selama Ramadan. Berikut ini daftarnya:

Widget TRV Insurance

Masjid Raya Baiturrahman

Dari julukannya sebagai Kota Serambi Mekah, sudah dapat diketahui jika Aceh punya segudang destinasi wisata religi Islami. Tapi, salah satu yang paling tidak pernah sepi pengunjung selama Ramadan adalah masjid kebanggaan orang Aceh yakni Masjid Raya Baiturrahman. Masjid yang sudah ada sejak tahun 1612 ini punya arsitektur yang indah.

Jika dilihat sekilas, masjid ini seperti miniatur Taj Mahal di India. Selain cuci mata, dengan mengunjungi Baiturrahman orang bisa sekaligus mempelajari sejarah penyebaran agama Islam di Aceh. Setiap Ramadan, masjid yang terletak di pusat kota Aceh ini juga tidak pernah sepi lantaran banyak aktivitas kemasyarakatan yang digelar di sana.

(Baca juga: Kamu Bisa Lebih Sehat Selama Puasa Bila Tidak Konsumsi Ini)

Wisata religi Sunan Ampel

Bagi yang berencana jalan-jalan ke Suraabaya, sayang rasanya jika tidak singgah ke daerah wisata religi Sunan Ampel. Di saat puasa, lokasi wisata satu ini tidak pernah sepi. Maklum, tempat ini tidak hanya didatangi oleh mereka yang mau beribadah di Masjid Sunan Ampel melainkan belanja barang kebutuhan puasa seperti kurma, perlengkapan salat dan baju muslim.

Sekadar informasi, lokasi wisata satu ini akan mencapai puncak keramaiannya pada pertengahan bulan puasa. Saat itu, pengunjugn yang datang ke tempat ini bisa mencapai 5 ribu hingga 7 ribu pengunjung.

Kampung Ramadan Kauman

Orang Yogyakarta pasti sudah hapal dengan destinasi wisata religi satu ini. Sebenarnya Kampung Ramadan adalah nama kampung bernama Kauman yang punya nuansa Islami sangat kental ketika bulan puasa tiba. Kampung yang terletak sekitar 1 kilometer dari pusat kota Yogyakarta ini dikenal sebagai kampung Silami lantaran merupakan tempat kelahiran salah satu ulama terbesar Indonesia, Kyai Haji Ahmad Dahlan.

Menariknya, di setiap bulan puasa, kampung ini akan berubah menjadi sentra takjil yang sangat ramai pengunjung. Jika kamu adalah orang yang senang berwisata kuliner, lokasi ini layak dijajal karena setiap puasa banyak jajanan berbuka puasa khas Yogyakarta yang dijual di tempat ini.

Masjid Terapung

Di Makassar, Masjid Terapung merupakan destinasi wisata yang sangat terkenal. Masjid ini sangat unik karena dibangun di atas Pantai Losari. Biasanya, saat puasa banyak sekali warga yang berkunjung ke masjid bernama Masjid Terapung Amirul Mukminin untuk beribadah dan sekadar menikmati arsitekturnya yang unik. Lokasi Masjid yang terletak di pusat kota Makassar juga membuat banyak wisatawan mampir di tempat ini.

(Baca juga: Ini Waktu dan Jenis Olahraga yang Tepat Dilakukan Saat Puasa)

Masjid Istiqlal

Bagi kamu yang belum pernah berkunjung ke Masjid Istiqlal di Jakarta, bulan Ramadan adalah waktu yang tepat untuk datang ke sini. Sebab, akan ada banyak kegiatan keagamaaan yang digelar di masjid terbesar di Asia Tenggara ini.

Masjid Istiqlal yang dibangun pada periode kepemimpinan Presiden Soekarno ini merupakan masjid yang indah. Banyak pemimpin dunia termasuk Presiden Amerika Serikat Barack Obama pernah berkunjung ke sini.

Widget TRV Insurance

Tentang Penulis