Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

6 Alasan Kenapa Sebaiknya Punya Asuransi Mudik

by Ariesta on 22 Juni, 2017

mudik aman dan selamat _ asuransi perjalanan - CekAja.com

Lebaran semakin dekat, sudah sejauh apa persiapan mudikmu? Selain memeriksa kondisi mobil bagi yang mudik dengan kendaraan pribadi atau memeriksa kondisi rumah sebelum ditinggal, ada satu hal lagi yang wajib dipenuhi yakni membeli asuransi mudik.

Sebenarnya asuransi mudik ini sama dengan asuransi perjalanan, yang artinya asuransi yang melindungi perjalanan pemegang polis sejak berangkat sampai kembali pulang.

Jika ada kejadian yang terjadi sesuai dengan yang tertera pada polis, pemegang polis berhak mendapat penggantian uang dari pihak asuransi. Kenapa asuransi ini sangat penting dimiliki setiap orang yang mudik lebaran? Berikut alasannya.

Angka kecelakaan tinggi

Dari data Kementerian Perhubungan khusus untuk jalur darat, tahun 2016 tercatat 1.289 kasus kecelakaan mudik. Sedangkan tahun 2015 jumlahnya lebih besar lagi, yakni 1.622 kasus kecelakaan. Korban meninggal pun terbilang tidak sedikit.

Mudik tahun 2016 menelan 328 korban sedangkan tahun mudik tahun 2015 menelan 244 korban. Data ini belum termasuk korban luka-luka. Bayangkan di saat kita mengharapkan pulang kampung demi bertemu keluarga, tapi takdir berkata menjadi korban kecelakaan. Kita memang wajib berhati-hati, tapi risiko cacat atau meninggal dunia akan selalu ada.

Asuransi perjalanan akan memberikan pertanggungan mulai dari Rp50 juta untuk kategori individu hingga Rp300 juta untuk kategori keluarga. Jika meninggal dunia, uang pertanggungan akan diberikan pada keluarga yang ditinggalkan. Namun jika kita mengalami cacat tetap, kompensasi bisa tersebut bisa digunakan untuk biaya pengobatan.

Widget TRV Insurance

Biaya medis akibat kecelakaan dan cacat gigi ditanggung

Ketika kita menjadi korban luka-luka ringan maupun berat, pihak asuransi akan menanggung biaya-biaya medis yang timbul hingga mencapai Rp75 juta. Nilai pertanggungannya sesuai dengan harga premi yang dibayar.

Tidak hanya luka anggota tubuh, cacat gigi pun termasuk dalam pertanggungan lho. Saat mengalami benturan, gigi memang berisiko retak atau patah. Namun biaya perbaikannya juga ditanggung pihak asuransi.

Biaya medis akibat sakit saat perjalanan ditanggung

Tidak hanya biaya medis akibat kecelakaan saja yang ditanggung. Kalau kita mengalami sakit saat perjalanan yang sampai mengharuskan dirawat di rumah sakit, pihak asuransi akan menanggung biayanya. Namun nominalnya lebih kecil daripada pertanggungan mendis akibat kecelakaan.

Dapat ganti rugi jika pesawat mengalami penundaan (delay)

Di waktu mudik, bandara akan lebih sibuk dari hari biasanya. Kesalahan teknis kecil dapat mengganggu keseluruhan jadwal penerbangan sehingga terjadi penundaan penerbangan.

Delay berjam-jam sudah pasti mengesalkan. Ditambah kalau maskapai tidak kunjung memberi penjelasan apalagi kompensasi. Tapi dengan membeli asuransi perjalanan, kita bisa memperoleh kompensasi mulai dari empat jam keterlambatan.

Bagasi lebih rawan rusak

Jumlah penumpang yang membeludak di bandara membuat kita harus ekstra hati-hati dalam menjaga barang bawaan. Namun terkadang kesalahan bukan karena kelalaian dari diri kita sendiri, melainkan dari pihak bandara.

Bagasi nyasar ke kota lain, tertukar, hilang, atau terlambat datang sudah buka cerita baru. Entah karena petugas di bagian handling yang kurang teliti, atau memang koper untuk mudik sengaja dibongkar dan barang di dalamnya dicuri. Jika membeli asuransi perjalanan, kita akan mendapat ganti rugi kehilangan harta benda pribadi maupun keterlambatan bagasi.

Rumah terlindungi dari pencurian dan kebakaran

Tidak hanya barang bawaan dan keselamatan jiwa yang terlindungi, isi rumah juga terlindungi selama menunaikan mudik. Begitu juga kalau rumah mengalami bencana kebakaran. Nilai kompensasi yang diberikan sesuai yang tertuang dalam polis.

Namun untuk mendapatkan perlindungan ini, pastikan asuransi yang dibeli memiliki jaminan perluasan isi rumah dan kebakaran. Jaminan perluasan lain yang biasanya diberikan pihak asuransi adalah pertanggungan bantuan hukum jika pemegang polis mengalami masalah hukum selama perjalanan.

Dengan asuransi perjalanan, mudik pun makin aman, nyaman, dan tenang karena semuanya terlindungi.

Tentang Penulis

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami