Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

6 Alasan untuk Melakukan Deposito

by JTO on 28 Agustus, 2014

investasi - CekAja.com

Deposito atau tabungan berjangka adalah salah satu jenis fasilitas penyimpanan yang umum ditawarkan oleh bank. Apa kelebihan deposito dibandingkan tabungan biasa?

Perkembangan zaman yang pesat karena semakin majunya peradaban manusia tak pelak berimbas pada semakin tidak terprediksinya perekonomian dunia. Semakin tingginya teknologi memang membuat standar hidup menjadi semakin baik, namun juga menambah beban biaya hidup. Untuk bertahan di zaman dengan kebutuhan yang selalu bertambah, memiliki simpanan untuk digunakan di masa depan sangatlah penting.

Menabung adalah salah satu cara menyimpan uang yang saat ini banyak dilakukan di tengah masyarakat. Asuransi juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk memastikan masa depan yang lebih nyaman. Namun apakah ada cara lain yang bisa kita lakukan selain kedua hal tersebut di atas? Tentu saja ada, yaitu deposito!

Disebut sebagai produk yang tepat untuk seseorang melakukan investasi, deposito juga memiliki beberapa kelebihan yang wajib Anda ketahui. Apa saja?

Memiliki Jangka Waktu

Deposito memiliki jangka waktu penyimpanan. Jangka waktu ini tentu sudah sesuai kesepakatan Anda dan bank. Dalam jangka waktu yang telah disepakati ini Anda tidak boleh mengambil tabungan. Jangka waktunya bisa dipilih; ada yang hanya sebulan, tiga hingga enam bulan, atau bahkan setahun.

Meskipun kelihatan tidak fleksibel, deposito membuat Anda cenderung tidak menghamburkan uang. Selain itu, Anda akan merasa aman karena masa depan terjamin. Lama deposito juga bisa diperpanjang jika Anda menghendaki. Apabila Anda terpaksa mengambil deposito sebelum waktunya, pihak bank akan memberikan konsekuensi dan Anda justru akan merugi.

Bunga Lebih Besar

Bunga deposito biasanya memang lebih besar dari bunga tabungan biasa. Jika bunga tabungan biasa sering tidak mencapai 2%, maka bunga deposito bisa mencapai 3% hingga 5%. Maka jika jumlah uang yang Anda masukkan deposito cukup besar, maka bunga uang nantinya Anda terima di akhir jangka waktu perjanjian juga lumayan. (Baca juga: Mau Tahu Cara Hitung Bagi Hasil Deposito Syariah?)

Uang Pokok Tidak Berkurang

Saat Anda menabung di tabungan biasa, biasanya rekening Anda akan dikenai biaya administrasi setiap bulannya. Besarannya lumayan, kadang mencapai Rp 20.000,00. Potongan ini cukup merugikan apabila saldo di rekening Anda tidak banyak. Berbeda dengan tabungan biasa, deposito tidak memiliki biaya administrasi semacam ini.

Uang yang Anda masukkan dalam deposito tidak akan berkurang karena pajak hanya akan dikenakan pada bunga yang Anda dapatkan. Sisa bunganya yang telah dipotong pajak tersebut adalah hak Anda. Menguntungkan, kan?

Bisa Jadi Jaminan

Jika Anda membutuhkan jaminan untuk melakukan kredit, Anda bisa menggunakan deposito Anda. Deposito memiliki nilai yang cukup besar dan banyaknya uang pokok selalu tetap, karena itu bank bisa menggunakan deposito sebagai jaminan kredit Anda. Dengan demikian Anda tidak perlu gugup karena harus menjaminkan alat transportasi atau rumah Anda kepada bank.

Syarat Mudah

Syarat untuk membuka deposito juga mudah. Anda tidak perlu menyiapkan berbagai macam dokumen seperti saat Anda hendak membuat permohonan kredit. Yang sebaiknya Anda miliki adalah kartu identitas diri yang sah dan rekening bank. Jika kedua syarat ini sudah Anda penuhi, maka langkah selanjutnya adalah menyiapkan uang untuk dimasukkan dalam deposito dan untuk membayar materai di surat perjanjian. Saat Anda hendak mengambil deposito setelah jangka waktu yang ditentukan habis, syarat yang diperlukan masih sama. (Baca juga: 5 Keuntungan Berinvestasi)

Terjamin

Apabila simpanan pokok dalam deposito Anda tidak mencapai dua milyar, maka Lembaga Penjamin Simpanan akan menjamin deposito Anda. Dengan adanya jaminan ini, uang dalam deposito Anda akan tetap kembali meski bank yang berasngkutan berada dalam kondisi keuangan yang tidak baik. Karena itu, Anda tidak perlu takut kehilangan uang secara mendadak.

Sudah jelas bukan apa saja kelebihan deposito sebagai investasi? Ajukan sekarang juga di sini.

Tentang Penulis

Penulis dan jurnalis yang menetap di tanjung laut Batavia.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami