Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

Tampak Keren, 6 Alat Rumah Tangga Ini Malah Bikin Bangkrut

by Tisyrin N. T on 18 September, 2016

hobi ibu rumah tangga - CekAja.com

Dengan peralatan yang tepat, pekerjaan rumah tangga bisa dikerjakan dengan lebih mudah. Namun, banyak orang membeli peralatan rumah tangga bukan lantaran kebutuhan melainkan tertarik dengan kecanggihannya.

Nah sebelum merogoh kocek untuk membelinya, kamu harus lebih teliti dalam memilih alat-alat yang memudahkan hidupmu. Sebab, bisa jadi alat yang semula terlihat keren dan canggih tidak menguntungkan secara finansial akibat boros listrik. Nah berikut ini 6 alat rumah tangga yang harus kamu hindari karena boros energi:

Pemanggang roti

Kamu suka sekali sarapan roti di pagi hari dan tergiur membeli pemanggang roti? Tunggu dulu, alat yang satu ini bisa menghabiskan daya listrik 380 watt hingga 800 watt tergantung dari jenisnya. Nah, daripada tagihan listrikmu jebol, lebih baik kamu menyantap roti dengan cara biasa saja yang juga tak kalah enak.

rp_CekAja-Daftar-Kartu-Kredit-belanja-online-harbolnas- CekAja.com

Microwave

Microwave memang terkesan mewah. Kamu pasti bangga jika punya alat ini di rumahmu. Sayangnya, microwave dapat menghabiskan daya hingga 800 watt-2.200 watt.

(Baca juga: 5 Film Ini Berkisah Tentang Orang Miskin yang Berhasil Menjadi Kaya)

Kulkas 2 pintu

Kulkas 2 pintu bisa menghabiskan daya 285 watt lho. Cobalah berpikir dua kali untuk membelinya. Pastikan apakah kamu memang membutuhkan ruang penyimpanan yang super besar? Carilah kulkas yang paling sesuai dengan kebutuhanmu, jangan tergiur dengan tampilan luarnya saja.

Pemanas air

Pemanas air menghabiskan daya 400 watt. Kamu seharusnya berpikir ulang sebelum membelinya. Apalagi jika kamu sebenarnya tak terlalu membutuhkan alat ini karena di rumah kamu hanya tinggal berdua dengan istri. Lebih baik menggunakan kompor untuk memanaskan air bukan?

(Baca juga: 9 Trik Hidup Hemat Buat Anak Rantau)

Mesin pencuci piring

Ajaib sekali rasanya ada alat yang dapat membuat piring-piringmu kinclong tanpa merepotkanmu. Namun, mesin pencuci piring dapat menghabiskan daya mencuci setidaknya 750 watt, daya pembilasan 160 watt dan daya pengeringan 2.800 watt. Masih tertarik membeli? Kamu sendiri yang akan rugi jika tagihan listrik ternyata membengkak.

Vacuum cleaner

Memiliki alat yang satu ini akan terasa menyenangkan. Sebab, kerja mmbersihkan karpet atau sofa kesayangan jadi lebih mudah. Sayangnya, vacuum cleaner berukuran kecil saja akan menghabiskan daya 800 watt. Sebelum membelinya, kamu harus pertimbangkan matang-matang ya.

Punya rencana kredit mobil baru atau bekas di tahun ini? Pilih cicilan ringan di sini.

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami