Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

6 Aplikasi Beli Tiket Bioskop Tanpa Lewat ‘Orang Dalam’

by Teti Purwanti on 29 April, 2019

Jagat Twitter dihebohkan oleh seorang wanita yang gagal menonton film Avengers: End Game karena kehabisan tiket. Uniknya, si perempuan ini menyebutkan kalau kegagalannya menonton karena tiket telah habis hingga dua hari ke depan akibat dijual oleh “orang dalam”.

nonton film terbaru gratis_ kartu kredit - CekAja.com

Hal-hal semacama ini mungkin sangat dekat dengan kamu yang merasakan era Orde Baru saat segala sesuatu lebih mudah didapatkan melalui “orang dalam”. Beruntungnya saat ini untuk menonton bioskop, kamu tidak perlu menggunakan “orang dalam” untuk membeli tiket bioskop.

(Baca juga: Kucumbu Tubuh Indahku dan Sederet Film Karya Anak Bangsa yang Kontroversial)

Kamu hanya membutuhkan salah satu dari enam aplikasi yang tersedia untuk membeli tiket bioskop kapan saja, dimana saja, dan tanpa antre cukup panjang untuk menonton film favorit seperti Avengers: End Game atau Dilan 1991. Aplikasi apa saja sih yang bisa bikin mudah urusan beli tiket bioskop secara online? Berikut daftarnya!

1. M-Tix

M-Tix menjadi aplikasi pertama untuk membeli tiket bioskop berbasis online. Aplikasi ini besutan dari perusahaan pengelola bioskop Cinema21, yang merupakan jaringan bioskop terbesar di Indonesia.

Sebelum penetrasi internet cukup besar, M-Tix hanya bisa dipesan melalui pesan singkat alias SMS. Namun kini, dapat digunakan dengan jaringan internet.

Aplikasi ini sangat memudahkan kamu untuk melihat film apa yang tengah tayang di bioskop serta jadwal tayang dan harga tiketnya. Selain itu, kamu juga bisa membeli tiket tanpa harus antre dan tinggal mencetak tiket fisik saat sampai di bioskop.

Kekurangan M-Tix hanyalah saldo minimal yang harus kamu top up dalam satu kali transaksi lumayan besar yakni Rp100.000 ditambah lagi pajak pemesanan sebesar Rp1.000 setiap tiketnya, dan biaya transaksi Rp5.000 jika kamu menggunakan rekening Bank BCA.

2. CGV ID

Kalau CGV milik jaringan bioskop Cinema21, maka CGV adalah milik jaringan bioskop CGV yang dahulu bernama Blitz Megaplex. Seperti layaknya aplikasi lainnya, kamu wajib mendaftarkan diri untuk memiliki akun dan bisa dengan mudah membeli tiket bioskop.

Ditambah lagi selain tiket, dengan aplikasi ini kamu juga bisa membeli kudapan untuk menemani film favorit yang tayang di layar besar. Kekurangan dari aplikasi ini adalah jaringan bioskop CGV ini tidak sebanyak Cinema21 sehingga pilihan tempat menonton kamu sangat terbatas.

Untungnya, dengan aplikasi ini kamu bebas dari biaya pemesanan sehingga kamu bisa membeli tiket dengan harga yang sama jika membelinya langsung di loket. Ditambah lagi, tidak ada saldo minimal yang mengendap. Serta saat mengisi saldo kamu hanya harus mengisi sebesar kelipatan Rp50.000 saja.

3. Cinemaxx

Di antara jaringan bioskop yang ada di Indonesia, Cinemaxx adalah anak bungsu yang baru mulai resmi memiliki jaringan di Indonesia sejak 2014. Meski begitu, Cinemaxx juga memberikan beragam pengalaman menarik dalam membeli tiket secara online.

Lebih jauh, aplikasi Cinemaxx bisa dibilang cukup interaktif karena walaupun belum daftar kamu bisa melihat ketersediaan kursi. Namun, tetap saja kamu harus mendaftar kalau kamu ingin memesan tiket.

4. Tix ID

Tix ID bisa kamu gunakan untuk memesan film-film dijaringan Cinema21. Namun, banyak orang lebih banyak memilih Tix ID dibandingkan dengan M-Tix karena saldo yang mengendap di aplikasi ini hanya RP10 ribu saja.

Meski begitu, biaya pemesanan film lebih mahal yakni Rp3.000, karena aplikasi ini disediakan oleh pihak ketiga. Ke depan, sangat mungkin aplikasi ini bukan hanya bisa memesan film-film di jaringan bioskop Cinema21 saja.

Saat pertama kali mengunduh aplikasi ini, kamu akan langsung mendapatkan saldo sebesar Rp25 ribu. Ditambah lagi, beragam promo berlimpah, dari voucher hingga beli satu gratis satu setiap Rabu.

5. Go-Tix

Aplikasi Go-Tix merupakan salah satu fitur dari Go-Jek untuk memesan tiket bioskop di CGV dan Cinemaxx. Selain bisa melihat film apa saja yang diputar, kamu juga bisa melihat beragam cuplikan film yang tengah tayang.

Sayangnya, memesan tiket bioskop di Go-Tix biaya pemesanan lebih mahal dari aplikasi lain, yakni Rp5.000 setiap tiketnya. Meski begitu, banyak pula beragam promo menariknya. Untuk kamu tim cashless, kamu bisa membeli tiket di Go-Tix dengan Go-Pay ataupun transfer.

6. Book My Show

Aplikasi ini tidak mengkhususkan diri pada pemesanan tiket bioskop, namun juga beragam acara termasuk konser musik dan juga teater. Meski begitu, aplikasi ini juga digemari untuk memesan tiket bioskop untuk jaringan Cinemaxx dan CGV.

(Baca juga: Rilis F11 Pro Avengers Limited Edition, Oppo Manfaatkan Demam Film End Game)

Meski merupakan aplikasi pihak ketiga, Book My Show cukup digemari untuk memesan tiket bioskop karena biaya pemesanan yang cukup murah yakni Rp3.000 saja.

Selain ke-enam aplikasi tersebut, Grab, perusahaan pengelola transportasi online juga berencana menambahkan fitur membeli tiket bioskop untuk jaringan Cinemaxx dan CGV. Grab akan mulai menghadirkan fiur Tiket bagi pengguna di Indonesia secara bertahap mulai Mei 2019.

Mudah bukan? Jadi, masih rela antre panjang untuk membeli tiket film favorit kamu jika ada aplikasi yang bisa mempermudah hal itu?

Sama seperti CekAja.com yang mempermudah kamu dalam mencari produk finansial terbaik sesuai kebutuhan, seperti kartu kredit, asuransi, kredit tanpa agunan (KTA), kredit modal usaha kecil menengah (UKM), dan lain sebagainya.

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami