Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

6 Aplikasi Kultum Singkat Bagi Pengguna Ponsel Pintar Android

by lhmdi on 31 Mei, 2017

wisata religi islam di indonesia-CekAja.com

Kultum dikenal sebagai bentuk model dakwah yang memiliki waktu terbatas. Sebagian masyarakat menyebutnya sebagai kultum singkat atau kuliah tujuh menit yang memberikan beragam informasi tentang agama Islam dalam hitungan kurang dari sepuluh menit.

Kultum jenis ini seringkali disampaikan di saat pagi hari. Khusus di bulan Ramadhan jenis kultum ini biasanya akan banyak ditemukan menjelang waktu berbuka puasa atau ketika bedug Maghrib ditabuh.

Kultum singkat ini sering kita temukan di berbagai acara televisi Nasional yang ada di Indonesia. Namun, dengan perkembangan teknologi yang semakin tinggi, kultum tidak lagi hanya dapat dinikmati melalui televisi, namun juga melalui perangkat gawai seperti ponsel pintar dan komputer tablet.

Kultum ini hadir berkat kemajuan treknologi yang ikut mendorong tren dan perubahan perilaku masyarakat. Begitu Kultum yang dikemas dalam bentuk aplikasi ponsel pintar. Khusus bagi pengguna Android terdapat empat aplikasi yang dapat kamu gunakan untuk membaca kultum-kultum dari berbagai penceramah di saat bulan Ramadhan nanti.

Berikut daftar empat aplikasi kultum yang layak kamu unduh di perangkat gawai dengan sistem operasi Android:

  1. Kumpulan ceramah kultum

Aplikasi kumpulan ceramah kultum adalah aplikasi pertama yang layak untuk kamu coba. Aplikasi ini menghadirkan kumpulan ceramah yang paling lengkap. Bahkan pengembang aplikasi ini juga menawarkan layanan offline, dimana pengguna tidak perlu menggunakan koneksi internet untuk menikmati kultum.

Aplikasi ini dikalim paling ringan dan memiliki fitur tulisan yang dapat diperbesar. Aplikasi ini bisa kamu unduh bagi pengguna Android 2.3 hingga Android versi terbaru.

  1. Kumpulan kultum terbaik

Kultum singkat berikutnya bisa kamu nikmati melalui aplikasi yang diberi nama Kumpulan Kultum terbaik. Aplikasi ini mengklaim kamu akan mendapatkan banyak referensi pengetahuan Islam. Berbagai macam kultum singkat seperti tentang Ibu, Ikhlas dan lain-lainnya bisa kamu dapatkan menggunakan aplikasi ini.

Selain itu pengembang aplikasi ini juga mengklaim bahwa menggunakan layanan ini sangat cocok bagi seseorang yang baru saja mendalami Islam. Aplikasi ini dapat di unduh dengan menggunakan Android versi 4.0.3 dan yang lebih tinggi.

  1. Kumpulan ceramah agama Islam

Aplikasi berikutnya yang berbagai tentang informasi adalah kultum ceramah agama Islam, yang berisi informasi tentang bagaimana menciptakan akhlak terpuji serta sikap dan perilaku manusia.

Aplikasi ini juga bercerita tentang bagaimana norma serta aturan berjalan dalam agama Islam. Pengembang aplikasi menawarkan ukuran yang kecil sehingga tidak membuat tempat penyimpanan di perangkat smarpthone atau ponsel pintar kamu jadi bertambah. Selain itu aplikasi ini dapat dibaca secara offline.

Bahkan pengguna Android versi 2.3 pun masih mengunduh aplikasi dan dinikmati untuk mendapatkan pengetahuan tentang ajaran Islam.

  1. 50 ceramah kultum Islam

Aplikasi berikutnya adalah 50 ceramah kultum Islam. Meskipun bertuliskan 50, namun ternyata di beberapa waktu tertentu, aplikasi ini menawarkan lebih dari 50 jenis ceramah kultum kepada pembaca.

Bahkan khusus untuk menyambut bulan puasa, pengembang aplikasi menambahkan beberapa kultum yang terkait dengan makna Ramadhan dalam Islam.  Pengembang, bahkan menjamin bahwa aplikasi ini sangat ringan untuk tempat penyimpanan di ponsel pintar dan bahkan bisa dibaca secara offline atau tanpa menggunakan koneksi internet.

  1. Materi Kultum

Aplikasi berikutnya bernama materi kultum yang berisikan tentang materi dari ceramah singkat. Selain digunakan untuk masyarakat, aplikasi ini bisa juga digunakan oleh Ustad yang akan akan memberikan ceramah atau kultum versinya sendiri.

Pengembang aplikasi bahkan menjamin semua materi kultum apakan diupdate secara berkala dan disesuaikan di setiap momennya termasuk bulan Ramadhan. Aplikasi ini dapat diunduh bagi pengguna Android 4.0.

  1. Kultum Aa Gym

Siapa pun masyarakat pasti mengenal satu tokoh Islam yang satu ini. Namanya adalah KH. Abdullah Gymnastiar atau dikenal dengan nama Aa Gym seorang pendakwah serta pendiri pondok pesantren Daarut Tauhiid.

Di masa keemasannya, Aa Gym selalu mengajak umat untuk memahami ilmu Tauhid dengan baik dan benar, dan tentu saja dengan gaya khas Sunda. Sekarang, setiap ceramah Aa Gym dirangkum dalam aplikasi yang diberi nama kultum Aa Gym.

Salah satu isi kultum singkat tentang sabar yang biasa di dapatkan melalui layar televisi pun kini bisa kamu nikmati menggunakan aplikasi yang dapat diunduh bagi pengguna ponsel pintar Android versi 4.0.

Tentang Penulis

Penulis yang hobi traveling ke daerah pelosok yang belum terjamah.