6 Aplikasi Pencari Asisten Rumah Tangga

6 min. membaca Oleh Kyla Damasha on

Sedang mencari orang yang bisa membantumu dalam mengurus kebutuhan rumah tangga? Gunakan saja aplikasi pencari asisten rumah tangga berikut ini.

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan asisten rumah tangga itu sendiri merupakan salah satu hal yang krusial.

Apalagi jika kamu harus pergi ke kantor yang tidak memiliki waktu untuk membersihkan rumah, memasak, hingga melakukan pekerjaan rumah tangga lainnya.

Akan tetapi, sebenarnya mencari asisten rumah tangga juga tidak semudah yang kita kira. Karena, ini juga berhubungan dengan rasa percaya, ketika kita membiarkan “orang asing” yang notabene akan memasuki seluruh wilayah rumah dan menyentuh barang-barang yang ada di dalamnya.

(Baca Juga: 4 Benda dan Ruangan di Rumah yang Harus Rajin Dibersihkan)

Nah, apalagi saat ini kamu tengah merasa kesulitan untuk mencari orang yang bisa membantu melakukan pekerjaan rumah, jajaran rekomendasi aplikasi pencari asisten rumah tangga yang akan kita bahas kali ini mungkin akan sangat membantu.

Selain dilakukan oleh orang-orang profesional, aplikasi-aplikasi ini juga tentunya memiliki tingkat keamanan yang lebih terjamin.

Mau tahu apa sajakah itu? Yuk disimak saja beberapa aplikasi pencari asisten rumah tangga berikut ini!

Aplikasi Pencari Asisten Rumah Tangga

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa aplikasi pencari asisten rumah tangga yang bisa kamu jadikan pilihan, yaitu adalah:

1. GoMaid

Aplikasi pencari asisten rumah tangga yang pertama adalah GoMaid. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memang terfokus pada penyedia layanan jasa ART yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Sudah banyak tersedia di kota-kota besar, melalui GoMaid kamu bebas memilih jangka waktu yang diinginkan, baik itu harian hingga bulanan.

Beberapa layanan khusus yang mereka tawarkan antara lain adalah:

  • Monthly Maid: Layanan pembantu harian dengan durasi 5 jam per hari yang mencakup membersihkan debu, mencuci piring, beserta pekerjaan-pekerjaan rumah tangga lainnya.
  • Daily Cleaning: Jasa ART yang bisa dipesan sesuai kebutuhan.
  • Furniture and Car: Layanan membersihkan aneka furnitur dan mobil.
  • Ironing: Jasa setrika dengan durasi yang dipatok per jam.

Untuk mendapatkan gambaran tarif secara garis besar, GoMaid mematok harga sebesar Rp75 ribu untuk satu tenaga harian pembersih rumah selama dua jam.

Sementara itu untuk pembayarannya, kamu bahkan diberikan kemudahan dengan metode pembayaran transfer.

2. Okhome

Aplikasi pencari asisten rumah tangga selanjutnya adalah Okhome, yang hanya dapat digunakan oleh masyarakat yang berdomisili di Jakarta saja.

Selain berdasarkan layanannya, tarif yang diberlakukan juga disesuaikan dengan luas dan tipe bangunan dari masing-masing pengguna jasa.

Terdapat tiga jasa layanan yang bisa kamu nikmati, yaitu:

  • OKHOME Basic Care
  • OKHOME Special Care
  • OKHOME Move-in

Ketika ingin memilih jasa, kamu bahkan bisa memilih berdasarkan alat yang digunakan lho, mau itu layanan dengan menggunakan alat atau tanpa alas.

Dalam arti, ketika staff datang ke tempat pelanggan, maka ia bisa langsung membawa peralatan pembersih yang dibutuhkan, seperti vacuum cleaner, deterjen, lap, sikat, dan masih banyak lagi.

Namun apabila kamu memilih layanan tanpa alat, kamu diharuskan untuk mempersiapkan seluruh alat yang dibutuhkan sendiri.

Sementara itu dalam hal tarif, di Okhome akan dibagi menjadi dua macam, yaitu apartemen dan rumah.

Untuk jenis apartemen dengan luas 0-250 m2, maka memiliki rentang harga mulai dari Rp300.000 – Rp650.000.

Namun apabila ukurannya ternyata lebih besar, kamu bisa berkonsultasi dulu ke customer servicenya.

Sedangkan untuk tarif per jamnya, aplikasi pencari asisten rumah tangga satu ini mematok harga Rp80.000 per jam tetapi dengan durasi pemesanan minimal 3 jam.

3. Mbakmu

Aplikasi pencari asisten rumah tangga selanjutnya adalah Mbakmu, yang merupakan singkatan dari “Mobile Aplikasi Kebersihan Untukmu”.

Layanan jasa yang berasal dari Surabaya ini menyediakan jasa kebersihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Pada nantinya, para pekerja akan datang ke lokasi yang telah ditentukan dengan harga yang juga telah ditentukan pula.

Beberapa layanan yang tersedia antara lain adalah:

  • Membersihkan debu ruangan dan perapian
  • Membersihkan kamar mandi, jendela, sofa, gorden, dan karpet.
  • Jasa laundry

Walaupun menyediakan hampir seluruh pekerjaan rumah yang dibutuhkan, namun ternyata ada beberapa hal yang tidak masuk ke dalam cakupan lho, yaitu adalah membersihkan loteng, garasi, gudang, halaman, taman, kandang binatang, dan kolam renang.

Tersedia selama 24 jam setiap harinya, jadi kamu bisa memesan kapanpun dan dimanapun ketika membutuhkan.

Hanya saja, untuk dapat menggunakan jasa, setiap pelanggan harus setidaknya memesan minimal dua jam sebelumnya.

Selain itu, aplikasi pencari asisten rumah tangga satu ini juga baru tersedia di wilayah Jabodetabek, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Malang, Mojokerto, dan Medan.

4. KliknClean

Aplikasi pencari asisten rumah tangga selanjutnya adalah KliknClean, yang bisa digunakan untuk membersihkan kos, apartemen, ruko, hingga kantor.

Selain melakukan aktivitas membersihkan pada umumnya, disini bahkan juga memiliki jasa untuk membersihkan tungau di kasur maupun sofa rumah lho.

Beberapa layanan yang ditawarkan antara lain adalah:

  • General Cleaning: Membersihkan kamar dan kamar mandi
  • Hydro: Membersihkan perabotan rumah tangga, seperti sofa dan matras
  • Ironing: Jasa setrika pakaian dengan sistem per jam
  • Deep: Pembersihan rumah ekstra
  • Move-in Cleaning: Jasa bantuan kebersihan selama pindahan

Selain melalui ponsel, salah satu aplikasi pencari asisten rumah tangga ini juga bisa dipesan melalui situs web dan whatsapp.

Untuk saat ini, KliknClean baru tersedia di beberapa kota saja, seperti Jakarta, Tangerang, Lebak, Pandeglang, Tangerang Selatan, Serang, dan Cilegon.

Sementara itu untuk tarifnya dibebankan sebesar Rp100.000 untuk jasa membersihkan kamar dan kamar mandi dengan durasi selama dua jam. Namun, harga ini masih bisa berubah-ubah, sesuai dengan kebijakan dari perusahaan.

5. Go-Clean

Bagi pengguna setia aplikasi Go-Jek, mungkin kamu sudah tidak asing lagi dengan Go-Clean yang merupakan salah satu layanan yang disediakan oleh PT Aplikasi Karya Anak Bangsa ini.

Sesuai dengan namanya, Go-Clean menawarkan layanan kebersihan sesuai kebutuhan lho, mulai dari rumah, kantor, apartemen, hingga kosan.

Bagi yang tinggal di perkotaan, layanan ini memang mulai banyak digunakan, karena sangatlah membantu dan cukup praktis.

Untuk layanannya itu sendiri, terdapat dua kategori yang bisa kamu pilih, yaitu adalah kategori tempat tinggal dan kategori kendaraan.

Sementara itu, jasa yang ditawarkan mencakup:

  • General Cleaning: Pembersihan rumah
  • Hydro Cleaning: Sofa, karpet, dan lain-lain
  • Ironing: Penyetrikaan
  • Dish Washing: Pencucian piring
  • Dan lain-lain

Saat ini, layanan Go-Clean baru dapat dinikmati di beberapa kota besar seperti Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Malang, Surabaya, Bali, Medan, Palembang, Balikpapan, Manado, dan Makassar.

Sedangkan untuk tarifnya, salah satu aplikasi pencari asisten rumah tangga satu ini mematok harga yang berbeda-beda, berdasarkan durasi dan peralatan kebersihan yang digunakan.

Kamu bisa melakukan pemesanan melalui aplikasi Go-Jek sejak pukul 00.00 dini hari sampai dengan 22.00 malam hari.

Sedangkan armada Go-Clean akan datang mengunjungi lokasi kamu dan mulai melakukan proses pembersihkan antara pukul 02.00 sampai dengan 24.00 tengah malam.

6. LaundryKlin

Nah, aplikasi pencari asisten rumah tangga yang terakhir akan kita bahas adalah LaundryKlin, yang merupakan jasa layanan khusus untuk laundry kiloan pertama di Indonesia.

Jasa yang ditawarkan meliputi:

  • LaundryKlin Basic: Layanan laundry dengan hitungan per kilo atau satuan
  • LaundryKlin Express: Proses cuci dan bisa ditunggu dengan pengeringan yang hanya memakan waktu 90 menit saja.
  • Laundry Point: Titip yang menjadi tempat pelanggan meletakkan pakaian kotor untuk dicuci.
  • LaundryKlin Plus: Layanan pencucian premium dengan metode terbaru di dunia laundry, yaitu dengan wet cleaning.

Saat ini, LaundryKlin baru bisa kamu nikmati di beberapa kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Bogor, Depok, Surabaya, Tangerang Selatan, Bekasi, Yogyakarta, Banjarmasin, Medan, dan Palembang.

Jadi, itulah beberapa aplikasi pencari asisten rumah tangga yang bisa kamu jadikan pilihan untuk membantu seluruh pekerjaan rumah tangga yang belum sempat kamu kerjakan.

Jika kamu masih merasa mampu membersihkan seluruh pekerjaan rumah tangga sendiri, jangan lupa juga untuk selalu melengkapi seluruh peralatan yang dibutuhkan, guna mempermudah pekerjaan kamu.

Agar transaksi yang bisa kamu lakukan menjadi lebih hemat, jangan lupa juga untuk menggunakan kartu kredit sebagai salah satu metode pembayarannya.

(Baca Juga: Produk Pinjaman Online Terpercaya untuk Beli Barang Elektronik)

Sebab, saat ini sudah banyak lho berbagai jenis kartu kredit yang menawarkan promo dan diskon menggiurkan yang bisa menekan pengeluaran kamu dalam berbelanja.

Belum memiliki kartu kredit? Segera ajukan saja di CekAja.com! Selain kamu bisa melakukan perbandingan untuk mengetahui jenis kartu kredit manakah yang sekiranya paling sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup, seluruh proses pengajuan pun juga dapat dilakukan sepenuhnya secara online.

Jadi, kamu tak perlu repot lagi untuk meluangkan waktu ke luar rumah. Yuk, tunggu apa lagi? Segera ajukan kartu kredit pilihanmu segear hanya di CekAja.com!

Tentang kami

Kyla Damasha

Kyla Damasha