Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

6 Bagian Kendaraan yang Wajib Diperiksa Usai Dipakai Mudik

by Teti Purwanti on 12 Juni, 2019

Harga tiket pesawat yang tinggi membuat pemudik tahun ini sebisa mungkin menggunakan jalur darat, terutama mobil pribadi. Ditambah lagi, telah tersambungnya Tol Trans Jawa sepanjang 962 km dari Merak ke Probolinggo.

mobil murah _ kredit kendaraan - CekAja.com

Begitu pula di Sumatera, beroperasinya tol Bakauheni-Terbanggi Besar sepanjang 140 km, ditambah dengan ruas tol fungsional Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 km, serta tol fungsional Kayu Agung-Palembang-Betung dengan jarak 33 km, membuat banyak perantau memilih mudik menggunakan mobil pribadi.

Dari perjalanan panjang itu, ditambah acara jalan-jalan bersama keluarga atau bertemu dengan sanak saudara tentu kondisi mobil tidak sama seperti saat berangkat mudik. Karena itu, coba cek beberapa hal ini agar kondisinya kembali seperti semula.

  1. Body luar mobil

Mencuci mobil hingga bersih tentu wajib hukumnya usai menggunakannya dalam jarak jauh. Namun, ternyata kamu juga tidak bisa sembarang mencucinya.

Kotoran yang menempel usai perjalanan jauh bisa saja menyebabkan goreasan pada mobil saat dicuci. Oleh sebab itu, pastikan kotoran rontok sebelum mulai digosok. Setelah bagian luar yang terlihat bersih, jangan lupakan pula kolong mobil yang biasanya menjadi sarang kotoran yang menempel. Kotoran yang tidak terangkat sempurna bisa membuat keropos komponen tertentu, termasuk mesin.

Selain badan mobil dan bagian bawah yang tidak terlihat, banyak yang lupa kalau kaca juga sangat penting untuk dibersihkan secara benar. Selama perjalanan mudik bagian ini terkena polutan dari asap maupun zat asam yang dibawa air hujan. Membersihkannya dengan obat khusus dapat membuat pandangan ke luar mobil jadi lebih jernih.

  1. Bersihkan interior

Bagian dalam akan menjadi sarang kotoran usai perjalanan jauh, baik dari remahan makanan atau juga tumpahan minuman. Apalagi jika penumpang di kursi belakang masih berstatus anak-anak, sisa makanan dan minuman tentu saja akan sangat berlimpah.

(Baca juga: Mudik ? Jangan Lupa Siapkan Asuransi Kendaraan!)

Pada bagian jok dengan bahan kulit, mungkin akan lebih mudah dibersihkan dibandingkan dengan bahan lain karena tinggal di lap. Namun, tidak begitu dengan bahan kain yang harus menggunakan obat khusus, apabila tidak ingin ada noda yang tertinggal.

Jangan lupa pula bagian karpet mobil perlu dibersihkan dan dicuci semua meski hanya bagian yang terinjak-injak. Bagian ini sangat penting dibersihkan untuk menghindari lembab serta bersarangnya serangga dan juga menghilangkan bau serta dapat membuat kabin mobil jadi lebih segar.

  1. Cek kualitas ban

Ban juga wajib diperhatikan, apalagi selama perjalanan menuju kampung halaman, jalan yang dilalui tidak selalu mulus. Tentu kondisi ban saat berangkat akan berbeda jauh saat kamu melalui perjalanan balik ke rumah. Pastikan bahwa ban memiliki tekanan udara yang tepat sebelum dipakai kembali untuk beraktivitas agar tidak membahayakan diri dan keluarga.

Pastikan juga ban belum botak. Karena mungkin jalur yang buruk dan menantang sangat memungkinkan membuat ban kendaraan botak. Jika sudah aus, sebaiknya segera ganti dengan yang baru.

  1. Periksa mesin

Pada bagian mesin, lakukanlah pemeriksaan filter udara, jika masih dalam kondisi baik hanya dilakukan pembersihan saja. Begitu juga dengan bagian cairan dan pelumasan. Komponen seperti oli, minyak rem, dan air radiator cukup ditambah saja jika sudah berkurang. Jangan lupa pula membersihkan AC, jarak jauh dan non-stop membuat filter AC perlu dibersihkan agar pendinginannya tetap maksimal.

  1. Tes fungsi kelistrikan

Untuk memeriksa fungsi kelistrikan pada mobil, cek saja melalui panel-panel indikator di dasbor, kalau ada yang bermasalah biasanya menyala. Selain itu juga dilakukan dengan alat scanner yang dapat membaca keadaan mobil terkini, sehingga pemeriksaan dapat lebih menyeluruh.

  1. Perhatikan bagian kaki-kaki mobil

Untuk bagian kaki-kaki, pemeriksaan paling awal dilihat dari keadaan fisiknya. Pemeriksaan lebih lanjut dilakukan dengan merasakan langsung saat dibawa berkendara, jika ada bunyi-bunyi atau berisik dari kolong mobil patut dicurigai kaki-kaki bermasalah. Jangan lupa pula pada kampas rem sudah menipis atau ada komponen yang kotor usai dipakai perjalanan jauh yang mungkin perlu dibersihkan atau bahkan diganti.

Selain dirimu ternyata mobil kamu pun butuh diperiksa sebelum kembali menerjang kemacetan Jakarta. Segera bawa ke bengkel, apalagi kalau kamu tidak mengerti otomotif sehingga perbaikan yang dilakukan bisa tepat sasaran.

(Baca juga: 6 Profesi di Indonesia yang Jarang Mudik Lebaran)

Seperti halnya urusan memilih produk finansial, serahkan saja kepada CekAja.com yang bisa membantumu menemukan kartu kredit, asuransi, kredit tanpa agunan (KTA), kredit pemilikan rumah (KPR), dan lain sebagainya sesuai kebutuhan.

Tentang Penulis

Ibu penuh waktu. Penulis setengah waktu. Jurnalis di sisa waktu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami