6 Buku Wajib Baca yang Bikin Perempuan Tangguh

4 min. membaca Oleh CekAja on

Sepanjang bulan April biasanya ada banyak sekali kegiatan yang berkaitan dengan peringatan hari Kartini. Peringatan ini dilakukan supaya kita terus teringat akan sosoknya yang tangguh sekaligus agar kita meneruskan cita-citanya dalam memperjuangkan hak-hak perempuan serta menanamkan berbagai nilai yang diajarkan oleh Raden Ajeng Kartini.

Daftar SMK Teknik atau STM Terbaik di Jakarta Tahun 2020

Kamu sendiri biasanya memperingati hari Kartini dengan cara apa? Bagaimana jika sekarang ini kamu memperingatinya dengan membaca buku karya penulis perempuan yang juga menceritakan soal perempuan.

Buku-buku sudah banyak menginspirasi para perempuan untuk lebih berani dan tangguh. Sesuai banget nih dengan semangat dan nilai-nilai yang juga diajarkan oleh RA Kartini.

1. I Am Malala

I Am Malala - 6 Buku Wajib Baca yang Bikin Perempuan Tangguh

Sudah pernah dengar tentang sosok Malala Yousafzai dong? Dia adalah seorang aktivis perempuan dari Pakistan yang menjadi penerima Noble Prize termuda.

Malala dikenal dunia setelah dia ditembak di bagian kepala oleh Taliban. Saat itu dia masih remaja tapi sangat berani dalam menyerukan hak anak perempuan terutama untuk mendapatkan pendidikan.

Kisah hidup Malala yang tinggal di wilayah konflik dan keteguhannya diceritakan dalam sebuah buku berjudul “I Am Malala”.. Kamu mungkin bukan hanya akan terinspirasi dan mendapatkan energi untuk menjadi sosok tangguh tapi juga akan ikut menangis dalam membaca perjuangan Malala dan kawan-kawannya.

2. For Today I Am a Boy

For Today I Am a Boy - 6 Buku Wajib Baca yang Bikin Perempuan Tangguh

Buku ini ditulis oleh Kim Fu yang menceritakan tentang seorang transgender yang juga merupakan seorang imigran dari China bernama Peter Huang. Sang tokoh utama terlahir sebagai seorang lali-laki namun dia meyakini bahwa sebenarnya dia merupakan seorang perempuan.

Lewat buku ini kamu akan melihat bagaimana perjuangan Peter Huang dalam menjalani hidup di lingkungan masyarakat yang tidak dapat menerimanya apa adanya. Dia sempat hidup juga dengan orang yang toxic.

Penulisan yang mendalam tentang masing-masing karakter di novel ini menjadi nilai plus lainnya. Kamu tidak menyesal membaca buku yang satu ini.

3. Pada Sebuah Kapal

Pada Sebuah Kapal - 6 Buku Wajib Baca yang Bikin Perempuan Tangguh

Dari penulis dalam negeri, ada novel lama karya N.H Dini yang berjudul “Pada Sebuah Kapal”. Buku ini menggambarkan juga tentang bagaimana perjuangan seorang perempuan dalam mendapatkan kebahagiaan dan apa yang dia inginkan.

Tokoh utamanya yang bernama Sri yang merupakan seorang penari. Dia menikah dengan seorang diplomat Prancis yang ditugaskan di Jepang. Dalam kehidupan pernikahannya, dia merasa tidak bahagia dan sering mengalami tindak kekerasan dari suaminya.

Meski buku ini sudah cukup lama, nyatanya ceritanya masih bisa relate dengan kondisi banyak perempuan saat ini. Dilema dan berbagai lika-liku kehidupan yang dialami oleh Sri sebagai seorang perempuan, ibu, dan istri, layak untuk disimak dan dijadikan pelajaran.

4. Tarian Bumi

Tarian Bumi - 6 Buku Wajib Baca yang Bikin Perempuan Tangguh

Novel Indonesia lainnya yang juga menceritakan tentang sosok perempuan tangguh adalah karya Oka Rusmini. Pada awal penerbitannya, novel berjudul “Tarian Bumi” ini dianggap memiliki cara penggambaran perempuan yang sangat berani dan belom pernah ada sebelumnya.

Telaga, tokoh utama novel ini, merupakan seorang perempuan yang lahir dari keluarga dengan kasta tertinggi di Bali. Dia digambarkan sebagai sosok yang sangat berani, keras, tangguh, radikal, dan mandiri.

Lewat novel ini, kamu bisa melihat bagaimana perjuangan seorang perempuan di tengah masyarakat patriarki. Tergambar dengan jelas bagaimana sosok perempuan di novel ini berusaha mendapatkan kebebasan dan kebahagian dengan dalam melawan nilai-nilai yang kaku, misogis, dan memojokkan perempuan.

5. The Time is Noon

The Time is Noon - 6 Buku Wajib Baca yang Bikin Perempuan Tangguh

Pearl S. Buck mencoba untuk menceritakan sekaligus mengeksplorasi diri dengan menulis sebuah novel berjudul “The Time is Noon”. Lewat novel ini dia ingin menggambarkan perjuangan hidup dari sudut pandang seorang perempuan hingga akhirnya mencapai sebuah fase yang disebut sebagai kedewasaan.

Awalnya tokoh utama di novel ini menjalani pernikahan yang dianggapnya tidak menyenangkan. Kemudian dia berusaha pindah dan membuka kehidupan yang baru yang kemudian dia semakin bisa mempelajari banyak hal.

6. Perempuan yang Memesan Takdir

Perempuan yang Memesan Takdir - 6 Buku Wajib Baca yang Bikin Perempuan Tangguh

Karya yang diterbikan oleh Mojok ini bukanlah sebuah novel melainkan album prosa. Di dalamnya ada berbagai judul yang menjadikan perempuan sebagai karakter utamanya.

Masing-masing prosa berusaha menunjukkan sisi lain dari seorang perempuan dan masalah yang paling sering dihadapi oleh perempuan di masyarakat. Lewat buku ini kamu akan diajarkan untuk menjadi sosok yang tetap tangguh dan menerima dirimu.

Ada juga bagian yang menjadi kritik sosial terhadap budaya dan pemikiran sempit yang menyudutkan posisi perempuan di masyarakat. Perempuan harusnya diberi kebebasan dan kelonggaran dalam mengekspresikan dirinya.

Dari keenam buku tersebut, adakah yang sudah pernah kamu baca? Kamu pasti setuju dong kalau buku tersebut memang layak dibaca para perempuan agar tidak takut untuk menjadi sosok yang lebih mandiri dan tangguh?

Masing-masing karakter dalam setiap novel tersebut, tidak ada yang berwawasan sempit dan pasrah terhadap apa yang terjadi pada dirinya. Mereka semua tegas dan tidak mudah menyerah demi mendapatkan kebahagiaan.  

Kamu gemar membaca dan ingin belajar cara menjadi tangguh, buruan koleksi 6 buku tersebut ya. Untuk membelinya, manfaatkan promo dan diskon menarik dengan menggunakan Citi Cash Back Card.

Dengan memiliki salah satu kartu kredit yang diterbitkan oleh Citibank tersebut, kamu bisa mendapatkan cash back otomatis untuk semua transaksi yang kamu lakukan. Bahkan, cash back itu berlaku selamanya tanpa batas waktu.

Kamu juga bisa menikmati beragam promo spesial di merchant-merchant yang bekerja sama dengan Citibank. Ajukan Citi Cash Back Card lewat CekAja.com sekarang juga! Prosesnya cepat, syaratnya sangat mudah.

citi cashback card

Tentang kami

CekAja

CekAja