Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

2 menit waktu bacaan

6 Cara Hemat Belanja Natal

by hanna on 16 December, 2014

Natal dan tahun baru sebentar lagi tiba. Itu artinya waktu untuk memberikan hadiah bagi orang-orang istimewa tiba.

Tak perlu khawatir dengan anggaran yang akan membengkak di akhir tahun ini. Anda masih bisa menunjukkan perhatian lewat kado-kado menarik dengan berbelanja hemat. Jika Anda masih bingung menentukan kado yang tepat dengan anggaran yang sedikit, berikut tips belanja yang bisa Anda ikuti.

(Baca juga: 5 Langkah Sederhana Menghemat Uang)

  1. Pangkas daftar hadiah

Untuk menghemat pengeluaran, ajak keluarga atau teman dekat Anda untuk hanya memberikan satu kado di tahun ini. Ambil waktu sejenak untuk berbicara tentang kado natal tersebut, jenis bingkisan dan kepada siapa hadiah tersebut diberikan. Anda pun bisa menentukan pemberian hadiah dengan menarik kertas yang sudah ditulisi nama.

  1. Manfaatkan voucher

Menjelang Natal dan Tahun Baru, beberapa toko menawarkan voucher belanja bagi Anda yang ingin membeli berbagai bingkisan. Anda bisa mencari tahu penawaran promo tersebut melalui CekAja.

  1.  Bandingkan harga

Siapkan waktu khusus bagi Anda untuk berbelanja hadiah Natal dan jangan ragu untuk membandingkan harga barang di beberapa toko. Meski tampak repot, kegiatan ini bisa membuat Anda berhemat dan menemukan barang yang tepat.

  1. Jual kembali barang

Biaya hadiah Natal tak harus berasal dari pengeluaran Anda bulan ini. Anda bisa mendapatkan tambahan pemasukan untuk membeli kado natal dengan menjual barang-barang tak terpakai di situs-situs online. Anda juga bisa mengajak beberapa teman untuk mengadakan garage sale di depan rumah.

  1. Cash back kartu kredit

Anda dapat menekan pengeluaran untuk hadian natal dengan memanfaatkan penawaran cash back dari kartu kredit. Cari tahu promo dan merchant mana saja yang bekerja sama dengan kartu kredit Anda.

  1. Buat hadiah sendiri

Jika bujet Anda tak cukup untuk belanja hadiah natal, Anda bisa membuat hadiah sendiri. Contoh, ornamen natal atau makanan. Tak perlu biaya mahal untuk membuat kado sendiri. Anda bisa membuatnya berdasarkan hal-hal favorit dari orang yang akan diberi hadiah.

Sudah siap berbelanja kado natal dan tahun baru? Pastikan Anda berpegang pada anggaran awal agar keuangan tetap sehat hingga memasuki tahun yang baru.

Tentang Penulis

hanna

Social media writer, coffee lover, twenty-something.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami