Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami

3 menit waktu bacaan

6 Cara Manfaatkan Momen Ramadan dan Lebaran untuk Hasilkan Uang

by Tisyrin on 2 Juni, 2017

bisnis Ramadhan _ pinjaman usaha - CekAja.com

Selain memperbanyak amal ibadah, Ramadan juga membuka jalan untuk menambah pundi-pundi rupiah.

Bagi yang sudah eksis di bisnis tertentu, momen bulan puasa seringkali dapat mendongkrak omzet berkali-kali lipat dibandingkan hari biasa. Bagi yang ingin bisnis sampingan, peluangnya juga terbuka lebar.

Selama sebulan, apabila pandai memanfaatkannya, bersiaplah mendapatkan rezeki berlimpah. Lumayan kan sebagai dana tambahan untuk menutupi kebutuhan lebaran atau menambah jumlah tabungan? Oleh karena itu, sebaiknya tidak menyia-nyiakan momen Ramadan.

Berikut beberapa cara memanfaatkan momen Ramadan dan lebaran untuk menghasilkan uang.

Tangkap peluang di pasar makanan dadakan

Coba perhatikan, setiap Ramadan tiba, akan muncul pasar makanan dadakan di sudut-sudut kota. Bahkan, tak jarang masyarakat yang berjualan di teras rumah mereka. Mereka menjajakan aneka makanan kecil hingga makanan berat untuk berbuka puasa.

Kalau selama ini hanya menjadi konsumen, kenapa tidak ikut meramaikannya dengan berjualan? Jika tak pandai membuat makanan, jalin kerja sama dengan saudara atau teman yang mampu. Sedangkan jika sehari-harinya memang sudah berbisnis makanan kecil, maka khusus untuk Ramadan, cobalah buka lapak di lokasi yang strategis agar lebih laris.

Cari bazar fashion

Untuk pemilik bisnis fesyen, carilah kesempatan mengikuti bazar selama Ramadan. Walaupun bazar biasanya hanya berlangsung dalam beberapa hari saja, tetapi potensi keuntungannya lumayan. Agar mengantongi untuk maksimal, sebaiknya carilah bazar bergengsi atau telah rutin berlangsung dari tahun ke tahun.

Tawarkan produk bisnis saat bukber atau halalbihalal

Bagi yang sedang merintis bisnis, acara buka bersama atau halalbihalal dapat menjadi momentum untuk memperkenalkan bisnis. Caranya dengan menjadi sponsor, atau membagikan sampel produk kepada rekan-rekan yang datang.

Tak hanya produk, bagikan juga voucher potongan harga untuk membuat rekan-rekan atau mitra bisnis tertarik mencoba. Siapa tahu pada kesempatan berbeda, mereka akan menjadi konsumen bisnis di masa depan.

Jadi pemasok musiman

Jika punya cukup modal usaha, Cara lainnya dengan menjadi pemasok musiman untuk barang tertentu setiap Ramadan. Misalnya menjadi pemasok sarung kepada pengusaha atau perusahaan yang ingin membagikan barang tersebut sebagai bingkisan hari raya untuk karyawan. Untuk cara yang satu ini, perlu koneksi yang luas dan dan kepadaian dalam melobi.

Menfaatkan keahlian membuat kue

Kue-kue kering selalu menjadi buruan menjelang lebaran. Jika memiliki keahlian untuk membuatnya, tak ada salahnya untuk berbisnis kue kering setiap Ramadan. Agar tidak keteteran saat menerima pesanan, sebaiknya mulai membuat stok sebelum Ramadan tiba.

Pengusaha katering? tawarkan paket khusus buka puasa dan sahur

Bagi pengusaha katering yang sepi pelanggan ketika puasa, kenapa tidak menawarkan paket khusus buka puasa dan sahur selama bulan Ramadhan? Tak sedikit orang yang sungkan untuk menyiapkan makanan sendiri untuk buka puasa dan sahur. Manfaatkan celah tersebut.

Tentang Penulis

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.