Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

5 menit waktu bacaan

6 Cara Memulai Bisnis Kopi Bagi Pemula, Kepoin Yuk!

by Miftahul Khoer on 30 Januari, 2020

Saat ini, semakin bermunculan kedai maupun kafe yang menyediakan berbagai macam kopi. Ibarat jamur di musim penghujan, orang-orang bahkan bingung mau nongkrong di kedai kopi mana. Hal ini dikarenakan kopi telah menjadi salah satu minuman paling populer di Indonesia sejak dulu.

bisnis kedai kopi

Minuman kopi tidak mengenal kalangan, baik itu kelas bawah maupun kelas atas. Karena itulah, banyak pengusaha di Indonesia yang mencoba membuka kedai-kedai kopi, yang punya peluang bisnis besar dan menjanjikan.

Meskipun begitu, semua tergantung dari cara pengelolaannya. Kalau pengelolaan dan manajemennya baik, maka bisa dipastikan akan mendapatkan keuntungan. Namun kalau buruk, maka akan mendapatkan hasil yang kurang memuaskan. Apalagi harus bersaing dengan kedai kopi lainnya.

Kalau kamu memang menyukai kopi dan paham seluk beluk kopi, tidak ada salahnya kamu mencoba berbisnis dengan membuka kedai kopi atau kafe. Karena, pasti akan ada saja yang akan datang untuk menikmati kopi kamu. 

Ternyata, membuka usaha kedai kopi ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi kamu masih tergolong pemula. Kamu harus mampu bersaing dengan kedai-kedai kopi lainnya yang sudah ada terlebih dahulu.

Lalu, apa sajakah cara memulai bisnis kedai kopi untuk yang masih pemula? Yuk simak penjelasannya.

1. Pastikan modal mencukupi

Hal yang paling utama ketika kamu mau memulai bisnis apapun adalah mempunyai modal. Modal adalah salah satu hal penting yang harus dipikirkan sebelum memulai bisnis. Tanpa modal, kamu tidak akan bisa memulai suatu bisnis.

Untuk bisnis kedai kopi, kamu bisa memulainya dengan Rp1 juta saja. Namun, hal itu tergantung dari kebutuhan apa saja ketika kamu mau membuka kedai kopi. 

Satu hal yang harus kamu perhatikan, bisnis kopi ini sebenarnya hanya butuh kopi dan air panas saja. Kalau sebelumnya kamu susah mempunyai tempat, maka kamu bisa menggunakan alat racik manual yang sederhana. Sehingga, dengan modal Rp1 juta saja sudah bisa memulai bisnis kopi. 

Ada baiknya kamu memulai dengan kedai kopi yang sederhana dan jangan pernah paksakan untuk membuat kedai kopi yang mewah. Bagaimanapun juga, kamu harus melihat bagaimana kemampuan finansial kamu. Tetapi, kalau kamu mempunyai modal yang cukup banyak, sah-sah saja kamu membuat kedai kopi semewah mungkin sesuai selera kamu. 

(Baca juga: Bisnis Es Kopi Susu)

2. Konsep bisnis

Ketika kamu memulai bisnis, maka kamu harus susah memikirkan konsepnya secara matang. Sehingga, kamu tidak asal-asalan dan sembarangan saja membuka bisnis kedai kopi. Hal ini dikarenakan persaingan kedai kopi begitu ketat. Kalau kamu tidak mempunyai konsep yang kuat, maka kedai kopi yang kamu bangun akan jatuh.

Untuk itu, buatlah konsep yang bisa membantu menarik banyak konsumen. Yang harus kamu perhatikan, konsep yang kamu gunakan dalam membuka kedai kopi akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis. Misalnya, kamu mengusung konsep moderen tapi sederhana, maka menu kopi yang disediakan juga harus sesuai dengan konsep yang dibangun. 

Atau kamu mau menggunakan konsep yang mengedepankan adat dan budaya daerah, maka semuanya harus benar-benar menggunakan suasana adat daerah. Dengan begitu, apapun konsep yang kamu gunakan, maka kamu tetap harus mengedepankan kenyamanan. Karena, kebanyakan orang mau menikmati kopi di kafe atau kedai saat bersantai dan suasana yang nyaman.

3. Lokasi bisnis

Lokasi sangat menentukan bisnis yang kamu jalani. Kalau kamu memilih lokasi di lingkungan yang ramai, maka kedai kopi kamu akan ramai. Sebaliknya, kalau kamu memilih lokasi yang sepi, maka akan sepi juga. Namun, semua itu tergantung dari konsep yang kamu buat sebelumnya. 

Ada baiknya kamu sasar lokasi yang berdekatan dengan pusat-pusat keramaian seperti perkantoran, mal, sekolahan, kampus dan lainnya. Jangan lupa usahakan untuk membuat beda desain kedai kopi yang akan kamu bangun.

4. Promosi bisnis

Jika kamu pemula dalam bisnis apa pun termasuk kopi, Promosi dan strategi marketing adalah hal yang sangat penting dalam berbisnis. Karena, untuk memperkenalkan bisnis kamu ke masyarakat, kamu harus bisa mempromosikan usaha kamu. 

Untuk mempromosikan bisnis kamu bisa dengan berbagai cara. Caranya bisa dari mulut ke mulut, membuat review kedai kopi kamu hingga memanfaatkan sosial media. Jangan lupa beri diskon untuk momen-momen tertentu.

Selain promosi bisnis, kamu juga harus bisa untuk terus berinovasi, demi mempertahankan eksistensi kedai kopi dan mengembangkan bisnis kamu. Karena, persaingan kedai kopi saat ini sangat ketat. Kalau kamu telat melangkah, maka kami akan semakin ketertinggalan.

5. Menentukan target konsumen

Target konsumen seperti apa yang akan datang ke kedai kopi kamu juga sangat penting dan harus kamu perhatikan. Sebelum memulai bisnis, kamu harus memikirkan dan menentukan terlebih dahulu siapa target yang cocok untuk bisnis kedai kopi kamu. Apakah konsumen kamu hanya untuk kalangan pemuda, mahasiswa, orang dewasa, masyarakat kelas bawah, kelas menengah, kelas atas, campuran, dan lain-lain.

Setelah menentukan target konsumen, kamu juga harus mulai menganalisanya, berapa harga yang pantas kamu tawarkan untuk kopi-kopi yang dijual, berapa penghasilannya, apa pendapat mereka tentang cita rasa kopi, apa pekerjaan mereka, serta bagaimana konsep kedai kopi kamu.

Memahami konsumen dengan baik dan menentukan targetnya, berarti kamu bisa menentukan strategi yang tepat seperti lokasi bisnis, desain coffee shop yang cocok, harga yang pas, dan lain sebagainya.

(Baca juga: Resep Membuat Kopi)

6. Temukan supplier yang tepat

Kamu juga harus pandai-pandai mencari supplier yang tepat untuk kedai kopi kamu. Sebab, Misalnya, kamu menentukan target konsumen kamu adalah kelas menengah ke bawah. Berarti kamu bisa mencari supplier dengan mudah di pasaran.

Namun, jika target konsumen kamu adalah kelas menengah ke atas yang lebih mementingkan cita rasa daripada harga, maka kamu harus mencari supplier kopi dengan kualitas yang baik, dan tidak cukup dengan kopi bubuk instan yang dijual di pasaran saja. Karena itu, carilah supplier kopi yang bisa memberikan kualitas baik dengan harga yang cocok, dan pastinya bisa dipercaya dan diajak kerja sama.

Nah itulah beberapa tips memulai bisnis kopi buat pemula. Pastikan kamu juga harus mampu mengelola keuangan yang masuk dan keluar agar cash flow perusahaan kamu berjalan dengan baik.

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.