Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

6 Cara Tetap Tampil Keren Tanpa Bangkrut

by Arfan Wiraguna on 19 Mei, 2015

tips kaya - CekAja.com

Tampil menarik, mungkin saat ini merupakan kebutuhan sebagian besar anak muda. Namun, seringkali kita perlu merogoh kocek cukup dalam untuk selalu tetap tampil modis, terutama bagi penggemar barang bermerek. Lalu, apakah ada cara agar selalu tetap tampil modis namun tidak menjadi bangkrut?

Promo dan diskon menarik, cicilan menguntungkan, hingga reward yang besar, merupakan godaan yang seringkali tidak bisa dihindari untuk selalu berbelanja. Apalagi bila urusannya adalah belanja kebutuhan untuk penampilan. Bila melakukannya secara online, entah berapa puluh klik yang selalu dilakukan untuk membeli berbagai barang menarik yang ditawarkan.

Bila demikian, apakah ada cara untuk melakukan hobi tersebut tanpa membuat kita menjadi bangkrut? Trik sebenarnya adalah hanya berbelanja sesuai kebutuhan dan memilih waktu yang pas. Bagaimana caranya?

1. Belanja Saat Diskon dan Di Luar Musim

Walaupun belanja dengan bujet yang pas-pasan, Anda tentu tetap ingin mendapatkan pakaian berkualitas. Maka, belanjalah ketika sedang diskon atau di luar musim yang sedang berlangsung dan anggaplah hal ini sebagai sebuah investasi.

Sebagai contoh, harga pakaian warna merah biasanya lebih mahal ketika mendekati hari Valentine. Contoh lain, harga jaket cenderung lebih tinggi ketika sedang musim dingin. Oleh karena itu, belilah pakaian jauh-jauh hari sebelum musimnya.

(Baca juga: 7 Cara Agar Gaji Tidak “Koma” di Tengah Bulan)

2. Jual atau Barter Pakaian Tidak Terpakai

Menyimpan pakaian yang sudah tidak digunakan hanya akan membuat sempit ruang lemari Anda. Selain itu, menjual pakaian yang sudah tidak terpakai di situs ternama, seperti eBay, dapat menambah bujet belanja.

Namun jika menemukan teman atau saudara yang kebetulan memiliki pakaian yang ingin ditukar dengan pakaian yang Anda miliki, hal ini bisa menjadi pilihan yang bijak. Selain dapat tampil modis, Anda juga bisa membentuk sebuah perkumpulan untuk pertukaran pakaian yang tidak terpakai.

3. Belanjalah Secara Online

Selain menghemat waktu di perjalanan, Anda bisa mendapatkan harga miring dari belanja online. Untuk itu, cek selalu promosi terbaru yang ditawarkan. Saat ini telah banyak tersedia situs penjualan pakaian online, seperti Lazada, Zalora dan Berrybenka.

Anda juga bisa melihat-lihat situs pakaian online yang cukup unik, terutama jika Anda menyukai gaya tertentu, misalnya hippie. Namun, jangan lupa untuk mengecek kebenaran toko online tersebut sebelum Anda memutuskan untuk membeli.

(Baca juga: 4 Alasan Wanita Lebih Rentan “Bangkrut” Dibanding Pria)

4. Pilih Pakaian Fashion Klasik

Gaya klasik bukan berarti Anda menjadi ketinggalan zaman. Jenis pakaian tertentu, seperti kemeja putih, blazer atau jeans, dapat menjadi salah satu kunci untuk menghemat bujet. Dengan memilih barang-barang dasar semacam ini, Anda hanya tinggal berkreasi untuk membuat sebuah paduan yang serasi dengan busana yang telah Anda miliki.

5. Gunakan Aksesori

Jika Anda tipe orang yang menyukai penampilan simpel untuk kebutuhan sehari-hari, aksesori dapat menjadi salah satu cara untuk menambah variasi gaya. Selain itu, harga aksesori, seperti gelang kulit, biasanya lebih murah dari baju atau celana. Hal ini dapat turut menyumbang penghematan bujet namun Anda tetap bisa tampil keren.

(Baca juga: Bisa Foya-foya, Tapi Tetap Kaya)

6. Kunjungi Toko Amal

Walaupun kata “amal” tidak menarik bagi sebagian besar orang, namun terkadang toko amal atau charity shop bisa menjual pakaian-pakaian dengan gaya yang sangat menarik. Coba Anda bayangkan toko amal yang menampung pakaian-pakaian dari para artis. Sudah tentu barang-barang tersebut memiliki cita rasa yang khas sesuai dengan gaya pemilik sebelumnya.

Saat ini sudah tersedia toko amal yang menjual barang-barangnya secara online, baik melalui situs perdagangan yang sudah ada seperti Tokopedia, maupun melalui situsnya sendiri seperi Triad. Dengan membeli barang melalui charity shop, Anda juga turut berperan di dalam menjaga kelestarian alam dari limbah industri.

Apapun gaya yang Anda pilih untuk tetap tampil modis, jangan lupa untuk membuat bujet dari jauh-jauh hari sebelumnya. Hal ini diperlukan agar Anda dapat terhindar dari “lapar mata” ketika berbelanja, sehingga bisa tetap tampil modis tanpa menjadi bangkrut.

Tentang Penulis

Arfan Wiraguna

Writer & Coffe Lover - Finansial dan ekonomi adalah makanan sehari-hari.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami