6 Film tentang Pahlawan Indonesia untuk Peringati Hari Pahlawan Nasional

5 min. membaca Oleh Nadhillah Kusindriani pada

Menonton film tentang pahlawan Indonesia, merupakan salah satu hal yang bisa dilakukan untuk merayakan peringatan Hari Pahlawan Nasional. Karena seperti yang diketahui, besok 10 November 2020, merupakan Hari Pahlawan Nasional.

Film tentang pahlawan Indonesia pun pada dasarnya sangat banyak. Namun, ada beberapa film tentang pahlawan Indonesia yang populer, karena memiliki kualitas dan jalan cerita yang bagus.

Jika ingin tahu apa saja film pahlawan Indonesia tersebut, pada kesempatan kali ini CekAja.com akan mengulasnya secara lengkap khusus untuk kamu. Simak bersama-sama, yuk!

Sekilas tentang Film

Sebelum membahas lebih jauh daftar film tentang pahlawan Indonesia, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu sekilas informasi tentang film itu sendiri.

Sebagian besar orang mungkin hanya tahu, kalau film merupakan salah satu bentuk hiburan. Namun nyatanya, selain untuk hiburan, film juga memiliki fungsi edukatif, informatif dan persuasif.

Semua fungsi tersebut tentu tidak dimiliki semua film, namun ada film yang mengandung semua fungsi tersebut, salah satunya yaitu film tentang pahlawan Indonesia.

Film tentang pahlawan Indonesia biasanya menceritakan sejarah perjuangan seorang pahlawan di masa itu. Yang mana, jalan ceritanya kerap kali dijadikan media pembelajaran, untuk membina generasi muda dalam rangka membangun karakter bangsa.

Jika dilihat definisinya, film atau cinema merupakan istilah yang berasal dari kata cinematographie, serta memiliki arti cinema (gerak), tho atau phytos (cahaya) dan graphie (tulisan, gambar atau citra).

Dari semua arti tersebut, maka dapat disimpulkan kalau cinematographie atau film memiliki arti, yaitu mewujudkan atau melukis gerak dengan cahaya, menggunakan suatu alat yang disebut kamera.

Selain itu, film juga bisa diartikan sebagai hasil cipta karya seni, yang terdiri dari beberapa unsur seni, seperti fotografi, seni teater, seni musik dan lain sebagainya, yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan yang sifatnya spiritual.

(Baca Juga: 5 Film Indonesia Terlaris)

Daftar Film tentang Pahlawan Indonesia

Setelah di pembahasan sebelumnya kamu sudah mengetahui sekilas informasi tentang film, maka di pembahasan kali ini kamu akan mengetahui beberapa daftar film tentang pahlawan Indonesia.

Pada dasarnya, film tentang pahlawan Indonesia ada banyak. Namun, kali ini CekAja.com telah merangkum enam film, yang di antaranya yaitu:

1. Kartini

Tahun rilis: 2017

Film tentang pahlawan Indonesia yang pertama, yaitu Kartini. Rilis pada 2017, film besutan sutradara ternama Hanung Bramantyo ini bercerita tentang perjalanan hidup Kartini, yang diperankan oleh Dian Sastrowardoyo.

Seperti yang diketahui, perjalanan hidup Kartini pada masa itu tidaklah mudah. Sebab, ia melakukan banyak hal untuk memperjuangkan emansipasi wanita Indonesia.

Salah satu hal yang dilakukan Kartini pada masa itu, yaitu mendirikan sekolah dan lapangan pekerjaan untuk masyarakat daerahnya, yaitu Jepara.

Hal yang dilakukan Kartini tersebut, merupakan bentuk dari perjuangan yang dilakukannya dalam menyetarakan hak semua orang, khususnya dalam bidang pendidikan untuk kaum perempuan.

Pasalnya, Kartini sendiri semasa hidupnya pernah melihat langsung ibunya, yaitu Ngasirah, yang menjadi orang “terbuang” bahkan di rumahnya sendiri, karena tidak memiliki darah ningrat.

Oleh karena itu, Kartini pun memiliki keinginan serta gagasan untuk memperjuangkan hak semua wanita Indonesia, baik yang memiliki darah keturunan ningrat ataupun tidak.

Dan sejak saat itu, Kartini dinobatkan sebagai tokoh pejuang emansipasi wanita Indonesia, hingga saat ini.

2. Wage

Tahun rilis: 2017

Berikutnya ada Wage, yang menjadi film tentang pahlawan Indonesia. Disutradarai oleh John De Rantau, film ini berkisah tentang kehidupan tokoh Wage Rudolf Soepratman, yang merupakan pencipta lagu Indonesia Raya.

Namun menariknya, film ini tidak menceritakan sejarah dan perjuangan hidup W.R. Soepratman yang sudah diketahui saja, tetapi juga menceritakan hal-hal lainnya yang belum diketahui banyak orang.

Seperti misalnya kisah W.R. Soepratman ketika belia, konflik pergerakan dan propaganda yang dialaminya, kontribusi beliau ketika peristiwa Sumpah Pemuda pada 1928, hingga bakat bermusiknya serta proses penciptaan lagu-lagu nasional Indonesia.

3. Rudy Habibie (Habibie Ainun 2)

Tahun rilis: 2016

Siapa sih di antara kamu yang tidak tahu film Rudy Habibie? Menjadi bagian dari prekuel film Habibie Ainun, film ini menjadi film tentang pahlawan Indonesia yang cukup fenomenal.

Bagaimana tidak, pasalnya film ini tidak hanya berkisah tentang sosok Habibie selama kuliah di Jerman saja, tetapi juga menceritakan kejadian ketika Habibie menjawab panggilan negara Indonesia yang baru saja merdeka.

Yang mana, pada saat itu Indonesia membutuhkan sosok pemimpin muda yang genius, kreatif serta pantang menyerah dalam membangun Indonesia.

Sosok Habibie sendiri di film ini diperankan oleh salah satu aktor ternama dan terbaik Indonesia, yaitu Reza Rahadian.

Selain dikenal sebagai sosok pemimpin yang dibutuhkan masyarakat pada saat itu, dan menjadi presiden Indonesia ke-3, Habibie juga dikenal sebagai pahlawan penerbangan Indonesia, yang mengantarkan Indonesia menuju perubahan dan perkembangan yang pesat.

4. Jenderal Soedirman

Tahun rilis: 2015

Di urutan keempat ada film Jenderal Soedirman, yang menjadi film tentang pahlawan Indonesia terbaik.

Film yang rilis pada 2015 ini, memiliki fokus cerita yang terletak pada perjuangan Jenderal Soedirman ketika menghadapi serangan Agresi Militer ke II di Belanda.

Cerita ini berawal ketika Belanda menyatakan penghentian gencatan senjata pada 1948, namun membuat agresi militer dengan menyerang Yogyakarta, yang pada saat itu menjadi Ibu Kota Republik Indonesia.

Selama masa perjuangan ini, Jenderal Soedirman juga melibatkan beberapa tokoh besar lainnya, seperti Soekarno, Moh. Hatta, Tan Malaka dan Tjokropranolo, yang di film ini pun kehadirannya turut diperlihatkan.

5. Guru Bangsa: Tjokroaminoto

Tahun rilis: 2015

Selain empat film di atas, Guru Bangsa: Tjokroaminoto nyatanya juga menjadi salah satu film tentang pahlawan Indonesia yang patut ditonton.

Hal tersebut dikarenakan, semua kisah perjuangan HOS Tjokroaminoto dalam menyamaratakan hak serta martabat masyarakat bumiputera, ditampilkan di film ini.

Karena pada masa itu, masyarakat Indonesia masih sangat kekurangan akses untuk pendidikan, dan masih terjerat dalam lingkaran kemiskinan.

Sehingga melalui organisasi yang didirikannya, yaitu Sarekat Islam, HOS Tjokroaminoto membebaskan rakyat Indonesia dari lingkaran kemiskinan dan akses pendidikan yang tertutup tersebut.

Film tentang pahlawan Indonesia yang satu ini, lagi-lagi diperankan oleh aktor kawakan Reza Rahadian.

6. Soekarno: Indonesia Merdeka

Tahun rilis: 2013

Bukan sesuatu yang mengherankan apabila film Soekarno: Indonesia Merdeka, menjadi salah satu film tentang pahlawan Indonesia yang patut ditonton.

Pasalnya, film yang mendapatkan rating IMDb 7,0 ini bercerita tentang perjalanan politik Soekarno, bersama dengan mimpi besarnya dalam mewujudkan kemerdekaan Indonesia.

Cerita film ini pun berawal dari masa-masa Soekarno sebagai politikus muda, yang berkat pledoi “Indonesia Menggugat” miliknya, dibuang ke Ende sampai Bengkulu.

Tidak hanya itu, film ini juga menceritakan dinamika asmara Soekarno dalam kehidupan rumah tangganya, hingga langkah cerdasnya yang dilakukan, hingga mengantarkan Indonesia menuju kemerdekaan yang selama ini diimpikan.

(Baca Juga: Daftar Film yang Berlatar di Rumah Aja)

Nah, beberapa film tentang pahlawan Indonesia sudah kamu ketahui di pembahasan sebelumnya. Bagaimana, sangat banyak bukan?

Semua film tersebut, tentunya bisa kamu tonton di aplikasi-aplikasi nonton film yang tersedia.

Namun, untuk bisa menonton dengan puas, kamu perlu berlangganan dan membayar sejumlah uang.

Kamu bisa menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayarannya. Tetapi jika kamu belum memilikinya, jangan khawatir!

Sebab, kamu bisa mengajukannya secara online dengan mudah dan cepat melalui CekAja.com.

Di sana, tersedia banyak produk kartu kredit yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tidak hanya itu, proses pengajuannya pun sangat mudah, cepat dan aman, karena CekAja.com sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Jadi, kalau begitu tunggu apalagi? Yuk, ajukan kartu kredit terbaikmu sekarang juga dan nikmati segala kemudahan yang diberikan!

Tentang kami

Nadhillah Kusindriani

Nadhillah Kusindriani