6 Gurita Bisnis Erwin Aksa, Sang ‘Penambah Darah’ Kubu Prabowo – Sandiaga

3 min. membaca Oleh CekAja on

Nama Erwin Aksa saat ini sedang menjadi perbincangan. Gara-garanya ia tampak hadir saat debat cawapres antara Ma’ruf Amin dan Sandiaga Uno di Hotel Sultan pada Minggu 17 Maret 2019 malam. Siapakah sebenarnya Erwin Aksa?

tips sukses dan kaya _ investasi - CekAja.com

Erwin Aksa merupakan politikus Partai Golkar. Namun, ia menjadi perbincangan karena berbeda pilihan politik dengan partainya yang mendukung pasangan Jokowi – Ma’ruf. Sementara ia sendiri memilih pasangan Prabowo Subianto – Sandiaga Uno. Erwin mengatakan saat ini ia sedang non-aktif di partai beringin tersebut dan fokus mendukung Sandiaga karena ikatan emosional.

Erwin Aksa mengaku jasa Sandiaga Uno terhadap dirinya cukup besar hingga membawanya menjadi Ketua HIPMI. Dengan demikian ia merasa lebih memilih mendukung Sandiaga ketimbang pilihan politik di partainya. Keputusan ini ia ambil selama proses Pilpres 2019 selesai.

Selain sebagai kader partai, Erwin Aksa juga dikenal sebagai salah satu pengusaha papan atas di Indonesia. Ia merupakan Komisaris Utama Bosowa Group yang banyak memiliki lini usaha berbasis di Sulawesi Selatan. Ia juga merupakan keponakan Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang juga pengusaha asal Makassar.

Erwin Aksa bukan kali ini saja mendukung Sandiaga di dunia politik. Pada Pilgub DKI 2017 lalu, Aksa diketahui juga mendukung Sandiaga menjadi calon wakil gubernur DKI bersama Anies Baswedan yang terpilih jadi Gubernur DKI. Lalu apa saja bisnis-bisnis yang digelutinya?

Otomotif

Ada tiga bisnis yang dijalani Erwin Aksa di bidang otomotif. Pertama adalah Bosowa Berlian Motor. Perusahaan ini berfokus di penjualan kendaraan keluaran Mitsubishi yang menawarkan satu layanan sehingga konsumen bisa melakukan pembelian, perbaikan hingga perawatan mobil Mitsubishi. Bosowa Berlian Motor punya cabang di hampir setiap provinsi di kawasan Indonesia Timur yang tersebar dari Sulawesi, Nusa Tenggara, hingga Papua.

Selain itu, bisnis otomotif yang dijalankan Aksa juga yakni Gowa Motor. Perusahaan ini merupakan penyedia jasa purna jual sebagai pendukung produk Bosowa Berlian Motor. Gowa Motor melayani service konsumen yang membeli produk dari Bosowa Berlian Motor. Ada juga Bosowa Taksi yang telah beroperasi sejak 1987 di Makassar dan merupakan salah satu pemimpin pasar transportasi di kota tersebut. Bosowa Taksi juga melebarkan sayap di Pulau Jawa seperti Surabaya dan Banyuwangi pada 1999.

(Baca juga: Lahan Prabowo dan Fakta Menarik Bisnis Kelapa Sawit)

Semen

Nama Bosowa tak bisa lepas dari produknya yang terkenal yakni semen. Semen Bosowa memiliki beberapa pabrik antara lain di Maros, Sulawesi Selatan dengan kapasitas 4,2 juta ton per tahun. Di pabrik ini juga diproduksi clinker dengan kapasitas 4 juta ton per tahun.

Selain di Sulawesi Selatan, Semen Bosowa juga punya pabrik di Batam, Kepulauan Riau yang difokuskan untuk konsumen di wilayah Indonesia bagian barat. Di lokasi pabrik ini kapasitas produksinya mencapai 1,2 juta ton per tahun. Sementara itu, ada juga pabrik di Banyuwangi, Jawa Timur yang ditujukan untuk konsumen di Nusa Tenggara, Bali dan Pulau Jawa dengan kapasitas 1,8 juta ton per tahun.

Pertambangan dan energi

Bisnis yang dijalankan Bosowa juga ada di pertambangan dan energi seperti marmer blok, marmer tile, batu pecah, dan sebagainya yang dijual ke Pulau Jawa, Sulawesi, Kalimantan hingga ekspor ke Cina dan Korea.

Bosowa juga menggeluti bisnis terminal liquid petroleum gas (LPG) yang berlokasi di Makassar dan Banyuwangi. Ada pula bisnis pembangkit listrik yang berfokus untuk melayani masyarakat Sulawesi Selatan yang berlokasi di Jeneponto dengan kapasitas 2 x 125 MW.

(Baca juga: Bakal Nikahi Syahrini, Ini Segudang Bisnis Moncer Reino Barack)

Jasa keuangan

Seakan tak pernah puas, Bosowa juga bergerak di bidang jasa keuangan antara lain perbankan yakni Bank Bukopin. Bosowa telah menguasai saham mayoritas pada 2015. Ada juga Bank QNB Indonesia, di sini Bosowa menjadi pemegang saham terbesar kedua. Selain itu, terdapat pula bisnis asuransi, multifinance hingga sekuritas.

Properti

Ada beberapa proyek properti yang dilakoni Bosowa sejak 1980. Di Makassar misalnya, Bosowa telah membangun beberapa lokasi hunian hingga gedung perkantoran.

Di Makassar juga Bosowa memiliki dua hotel ternama yakni Imperial Aryaduta dan Novotel Makassar. Selain itu ada juga rumah sakit Awal Bross di Makassar yang dibangun atas kerja sama antara Bosowa dengan Group Awal Bros. Selain gedung, Bosowa juga terlibat di bisnis kontruksi yang banyak menyelesaikan proyek di Sulawesi dan Papua.

(Baca juga: Menilik Lebih Dekat Karir dan Bisnis Ustad Arifin Ilham)

Pendidikan

Lini bisnis Bosowa juga ada pada bidang pendidikan mulai dari sekolah, perguruan tinggi, hingga politeknik. Untuk perguruan tinggi misalnya, ada Universitas Bosowa yang diambil alih pada 2013 dari sebelumnya Universitas 45. Kampus ini punya 10 fakultas dengan 30 progam studi mencakup diploma 1 dan 3 hingga pascasrajana.

Selain itu ada juga Politeknik Bosowa sebagai lembaga pendidikan swasta alternatif dengan biaya terjangkau dan kualitas terjamin. Mengeyam pendidikan di sini, para siswanya langsung praktik kerja di Bosowa dan lebih dari 50 persen kegiatan praktikum labolatorium dilakukan di Bosowa.

Nah, itulah beberapa bisnis yang digeluti oleh Erwin Aksa, salah satu pengusaha kaya yang belakangan ‘menambah darah’ bagi pasangan Prabowo – Sandiaga.

Kamu juga ingin jadi pebisnis? Cek aneka kredit di CekAja.com untuk mendukung kegiatan bisnismu!

Tentang kami

CekAja

CekAja