Membuka akses finansial untuk jutaan masyarakat Indonesia

24 sec. read

6 Hal Ini Bisa Membuat Kamu Bangkrut Usai Perayaan Natal

by Surtan Siahaan on 24 Desember, 2015

Jika tidak waspada, hari libur seperti Natal bisa berdampak serius bagi keuangan pribadi kamu. Sebab, banyak orang punya kebiasaan belanja lebih banyak saat Natal baik untuk hadiah, makanan, pernak-pernik hingga baju. Lebih sial lagi, kamu bahkan bisa jatuh dalam kebangkrutan usai merayakan Natal.

Nah, agar lebih waspada, berikut ini hal yang bisa menyebabkan kamu bangkrut usai perayaan Natal:

promo kejutan 25 hari - CekAja.com

Beli kado tanpa list

Jangan pernah pergi ke supermarket tanpa daftar belanja. Tanpa tahu apa yang mau kamu beli, kamu bisa jatuh ke dalam jebakan taktik marketing. Maklum, pada saat Natal, biasanya pusat perbelanjaan akan berusaha memperoleh penjualan setinggi mungkin. Jika tergoda, bisa bisa tagihan kartu kredit setelah natal akan membengkak. (Baca juga: Tips Belanja Kado Natal Tanpa Menguras Kantong)

Belanja bersama teman yang boros

Orang di sekitar kita sangat bisa mempengaruhi gaya belanja. Jika kamu pergi berburu kado natal dengan orang yang cenderung boros, sangat mudah untuk jatuh dalam jebakan kompetisi belanja.

Oleh karenannya, sebelum pergi ke supermarket, pilih-pilih dulu teman yang akan kamu ajak. Kalau bisa ajak mereka yang lebih bijak dan suka memberi masukan positif.

Beli makanan terlalu banyak

Saking gembiranya menyambut Natal, banyak orang yang belanja makanan menggunakan emosi. Mulai dari cokelat, permen, kue kering cake hingga masakan dibeli tanpa mempertimbangkan berapa banyak makanan yang dibutuhkan. Akhirnya, banyak makanan terpaksa dibuang karena basi.

cekaja-dana-tambahan-akhir-tahun-pinjaman-tanpa-jaminan-kta-tanpa-agunan

Pernak pernik natal

Semakin meriah lampu dan dekorasi Natal, semakin semarak juga suasana Natal di rumah kita. Dan biasanya, lampu-lampu Natal ini terus menyala berhari-hari tiap malamnya hingga perayaan berlalu.

Sayangnya, kita seringkali lupa bahwa pernak pernik natal mengkonsumsi listrik. Semakin meriah rumah kita lantaran lampu Natal, semakin besar pula tagihan listrik yang harus kita lunasi pada bulan berikutnya. (Baca juga: Bisnis Menguntungan yang Bisa Kamu Lakukan di Saat Natal)

Memberi tip terlalu banyak

Sukacita Natal biasanya menular pada suasana hati. Orang yang sedang berada dalam perasaan senang dan gembira biasanya akan lebih murah hati bahkan royal. Alhasil, kita pun memberi tip terlalu banyak di restoran maupun tempat-tempat lain.

Bahkan, pada mereka yang sebenarnya tidak perlu dikompensasi dengan tip. Lebih baik berikan bonus Natal pada orang-orang terdekat saja seperti pembantu rumah, sopir, tukang kebun atau penjaga rumah/ lingkungan.

Tiket mahal

Salah satu hal yang sering menyebabkan kamu bangkrut usai merayakan Natal adalah harga tiket yang mahal. Kebanyakan orang memang mudik ke kampung halaman saat Natal. Dan, pada momen seperti ini pula harga tiket baik itu pesawat terbang, bus maupun kereta api melonjak tinggi.

Kadang harganya bisa sampai dua kali lipat. Harga tiket bisa jauh lebih mahal lagi jika kamu membelinya secara mendadak.

Ajukan kartu kredit dengan ragam promo diskon di sini.

cekaja-daftar-kartu-kredit-belanja-online-harbolnas-CekAja.com

Tentang Penulis

×

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami