Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

6 Hal Unik Ini Cuma Bisa Kamu Temukan di Jepang

by Sindhi Aderianti on 19 November, 2019

Jepang selalu punya keistimewaan tersendiri yang tak dimiliki negara lain, termasuk Indonesia. Tak heran jika beberapa tahun terakhir, semakin banyak wisatawan yang mengunjungi Negeri Samurai tersebut.

Jepang

Selain bersih dan tertib, banyak juga hal-hal unik yang terlahir dari ide cemerlang warga lokal di sana. Orang Jepang dikenal jago mengubah suatu masalah jadi temuan canggih. Bahkan hingga kini, kemajuan teknologi mereka dikenal selangkah lebih maju ketimbang negara barat sekalipun.

Bila kamu berkunjung ke Jepang, pasti bakal terkesan dengan 7 hal ini deh!

1. Seribu vending machine

Di Indonesia mungkin vending machine (mesin penjual otomatis), masih jarang ditemui bahkan hanya ada di beberapa tempat seperti bandara atau stasiun. Vending machine itupun umumnya sebatas menjual minuman dan snack.

Jepang dikenal punya ‘seribu vending machine’. Dalam artian, masing-masing vending machine yang bertengger di pinggir jalan menyediakan berbagai kebutuhan masyarakat. Kalau minuman atau snack sih biasa ya. Uniknya, mesin tersebut juga menjual telur, es krim, buah-buahan, ramen, celana dalam, bouquet bunga, kondom, majalah dewasa, sampai gadget sekelas Apple.

(Baca juga: Cara Membuat dan Mengajukan Visa Jepang untuk Liburan)
2. Tempat tidur siang

Saking pekerja kerasnya, masyarakat Jepang tak memiliki waktu tidur yang cukup. Mereka hanya tidur selama 442 menit per hari atau kira-kira sekitar 7,3 jam semalam dalam setahun. Maka pemandangan orang tertidur di kereta merupakan hal yang biasa.

Untuk mengatasi masalah tersebut, tidur siang akhirnya menjadi solusi di Jepang. Beberapa perusahaan sudah memberlakukan jam tidur siang untuk karyawannya. Di tempat-tempat umum seperti toilet pun mulai dibuat fasilitas tempat tidur, agar orang-orang bisa lebih nyaman tidur siang.

3. Payung full body

Ketika hujan datang, payung selalu yang paling dibutuhkan. Namun alat ini tidak didesain melindungi seluruh tubuh, terlebih jika hujannya disertai angin kencang. Sehingga badanmu akan tetap basah kuyup ditambah cipratan becek yang bikin sepatu kotor.

Di Jepang, sudah banyak payung yang modelnya dimodifikasi jadi full body. Jadi, penggagas ide ini menyulap payung dengan menambah lembaran seperti plastik transparan yang menjuntai dan menutupi sekeliling tubuh. Alhasil tak perlu jas hujan, deh! Cukup dengan payung full body, tubuh aman dari terjangan air hujan

4. Toilet canggih

Di Jepang hampir tidak ada toilet yang kotor. Selain bersihnya melebihi kamar tidur, kamu justru bakal menemui banyak toilet canggih. Namun jangan bingung ya! Karena ada banyak tombol untuk mengatur kenyamananmu duduk di atas kloset.

Secara umum berdasarkan data yang dikutip dari tictokyo, tombol pada kloset di toilet-toilet negara tersebut umumnya terdiri mulai dari pengaturan suhu dudukan, temperatur air, volume suara flush, bahkan sampai bisa memutar musik. Bagi orang Jepang, toilet yang dilengkapi fitur canggih itu terbukti sempurna menjaga kebersihan kamar mandi.

5. Es krim rasa unik

Siapa yang tak suka es krim? Karena nikmatnya, hampir semua usia menyukai makanan penutup berbahan dasar susu ini. Di Jepang, kamu tak hanya menemui es krim dengan rasa stroberi, coklat, atau vanilla.

Dikenal sebagai negara kreatif dengan segudang kuliner unik, masyarakat di sana juga kerap berinovasi pada rasa es krim yang terkadang bukannya nikmat, tapi justru membuat pembeli beruji nyali. Mulai dari es krim rasa bawang putih, wasabi, chicken wings, ubur-ubur, sampai ikan hiu. Berani coba yang mana nih?

6. Hutan bunuh diri

Kalau hal satu ini agak menyeramkan. Jepang memiliki hutan bernama Aokigahara yang biasa ‘digunakan’ untuk bunuh diri. Ada sekitar 100 mayat tergantung di pohon setiap tahunnya. Jumlah ini diperkirakan naik, karena masih banyak jasad yang belum mereka temukan.

Oleh karena itu, Aokigahara kini dianggap sebagai situs bunuh diri terpopuler setelah Golden Gate Bridge, Amerika Serikat. Pemerintah bahkan harus memasang papan bertuliskan pesan menggugah seperti “Hidupmu adalah anugerah berharga” atau “Pikirkan tentang keluargamu!” di sana, agar orang-orang mengurungkan niat untuk mengakhiri hidupnya.

Di samping beragam keunikan tadi, Jepang adalah negara yang terkenal aman. Artinya sekalipun kamu solo traveling atau membawa anak, tak perlu khawatir akan tindak kejahatan dari warga setempat. Mereka justru sangat ramah, bahkan mau membantu orang asing jika butuh pertolongan.

(Baca juga: Rekomendasi Wisata Halal di Jepang, Ada Masjid Camii Tempat ‘Syahreino’ Menikah)

Agar semakin memudahkan transaksimu selama liburan ke Jepang, gunakan kartu kredit BRI World Access. Dengan fasilitas ini, kamu bisa mengakses 44,4 juta merchant dan banyak lokasi ATM di seluruh dunia. Jadi tak perlu takut kehabisan uang cash deh! Selain itu, masih banyak lagi benefit lain selama traveling yang bisa kamu rasakan, seperti gratis executive lounge di bandara Indonesia. Tunggu apa lagi? Yuk, apply sekarang juga melalui CekAja.com!

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.