Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

6 Hal yang Bisa Ditiru dari Kesuksesan Sule

by Miftahul Khoer on 3 Oktober, 2018

Siapa yang tidak kenal dengan sosok Entis Sutisna atau akrab dipanggil Sule? Pelawak papan atas yang serba bisa ini disebut-sebut sebagai komedian paling tajir di Indonesia dengan penghasilan miliaran rupiah per bulan.

Namun, karir Sule yang sukses seperti sekarang ini tidak diperoleh secara instan. Pria kelahiran Bandung 1976 ini berhasil meraih impian sebagai seorang entertainer dengan proses yang cukup panjang. Penasaran seperti apa sosok Sule, yuk cek!

Memulai dari nol

Ketenaran nama Sule berawal ketika ia mengikuti Audisi Pelawak TPI dengan grup SOS. Grup lawak yang beranggotakan Sule, Oni dan Ogi ini berhasil meraih juara pertama. Saat itu, nama SOS makin terkenal dan sering tampil di televisi atau pun off air.

Tak lama kemudian, SOS dinyatakan bubar dan Sule lebih sering tampil solo. Dalam beberapa kesempatan nama Sule semakin terkenal dan banyak terlibat dalam program komedi di beberapa stasiun televisi.

Namanya semakin populer saat ia terlibat dalam sitkom Opera Van Java di Trans TV bersama komedian lain seperti Andre Taulany, Parto, Nunung, Azis Gagap dan lainnya. Program ini menjadi salah satu tayangan favorit masyarakat.

Sontak, Sule sebagai salah satu tokoh utama dari OVJ semakin menjadi buah bibir karena aksi lawakannya yang kerap mengundang tawa. Sule pun dielu-elukan oleh masyarakat.

7 Presenter “Crazy Rich Indonesian” yang Tajir Melintir
Pekerja keras

Ayah dari Rizky Febian itu juga dikenal sebagai sosok pekerja keras. Selain sebagai komedian, rupanya bakat Sule lain masih banyak yang belum terdengar. Sule merupakan pencipta lagu yang bagus dan karya-karyanya mudah diingat masyarakat.

Beberapa lagu seperti Susis, Sinyal Cinta dan Bola Salju sempat menjadi hits dan sering dinyanyikan masyarakat hingga kalangan selebriti. Total lebih dari 10 lagu yang diciptakan Sule pada 2015 hingga 2017.

Bukan hanya pintar melawak dan jago nyanyi, Sule juga beberapa kali menjadi bintang iklan untuk sejumlah produk. Tak puas sampai di situ, Sule juga mencoba terlibat dalam film layar lebar dengan judul Hongkong Kasarung.

Dari beberapa sumber penghasilan tersebut, Sule kini memiliki kekayaan yang tak bisa dianggap remeh. Ia memiliki rumah menterang dan sejumlah kendaraan mewah bernilai ratusan juta hingga miliaran.

Rendah hati

Dari sekian banyak para pesohor di industri hiburan, mungkin Sule menjadi salah satu sosok yang rendah hati dan tidak sombong. Meski kekayaannya melimpah, Sule tetap kerap berpenampilan sederhana.

Ia tidak pernah memamerkan kekayaan kepada siapapun meski penghasilannya dalam setiap satu episode program acara miliknya dibayar mencapai puluhan juta.

Sule juga tak pernah berpenampilan glamor, bahkan ia sering berpenampilan alakadarnya yang tidak menunjukkan ia sebagai selebritas yang kaya raya.

(Baca juga: Mengenal Erick Thohir, Pengusaha di Balik Kesuksesan Asian Games 2018)
Tak melupakan orang sekitar

Kehidupan Sule dulu dan kini sangat jauh berbeda. Jika dulu dia merupakan seorang pedagang jagung rebus keliling dengan pendapatan yang sangat kecil, sekarang ia merupakan komedian yang tajir melintir.

Namun, Sule dikenal bukan sebagai sosok kacang lupa kulitnya. Sadar ia sukses di dunia hiburan, Sule justru banyak melibatkan orang-orang sekitarnya yang sebelumnya sering membantunya.

Sejak Sule masih di Opera Van Java, ia memang sering mengajak orang-orang terdekatnya untuk terlibat di tim musik hingga tim kreatif. Saat ini, Sule telah mendirikan perusahaan rumah produksi dan tetap mengajak orang-orang sekelilingnya.

Sosok yang unik dan kreatif

Sule merupakan sosok yang unik, itu sudah pasti. Karena keunikannya itulah yang membuat ia selama ini menjadi seorang yang sukses berkarir di industri hiburan.

Ia juga merupakan tipe sosok yang kreatif. Lawakan-lawakan yang ditampilkan Sule sering mendatangkan ide dan gagasan baru. Tak jarang ia juga tampil multi talenta di atas panggung yang tak biasa dibawakan pelawak lain.

Tegar menghadapi masalah

Kabar terbaru dari Sule adalah terkait perceraiannya dengan sang Istri, Lina. Meski masalah perceraiannya ini hampir setiap hari diberitakan, namun Sule tampak tidak terlihat stres dan mengganggu aktivitas pekerjaannya sebagai pelaku seni.

Di televisi, Sule tetap tampil profesional tanpa harus terganggu dengan kabar yang terus menghantuinya. Justru, cobaan tersebut ia jadikan motivasi ke untuk karir ke depannya.

Sosok seperti Sule ini sangat cocok dijadikan inspirasi bagi Anda untuk mencapai kesuksesan dalam berkarir atau pun berbisnis. Karena seperti sosok Sule di atas yang meniti karir dari nol, pekerja keras, rendah hati, unik dan berpikir kreatif adalah kunci bagi Anda untuk menggapai kesuksesan.

Nah, jika Anda ingin sukses seperti Sule, Anda bisa memulai dengan investasi atau berbisnis. Anda bisa mengakses CekAja.com untuk mendapat panduan terkait permasalahan finansial Anda. Yuk!

Tentang Penulis

Miftahul Khoer

Mantan jurnalis yang suka makan jengkol di hari Minggu.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami