Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

6 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Pekerjaan

by Rafly Aditia on 14 September, 2016

kontrak kerja - CekAja.com

Bagi kamu yang baru saja lulus kuliah, tantangan hidup sebenarnya bakal kamu jalani. Kamu akan dituntut untuk mencari pekerjaan agar bisa membiayai diri sendiri, memasuki dunia kerja dan meningkatkan karier

Cerah atau tidaknya masa depan karier dan kesejahteraan-mu sangat bergantung pada perusahaan yang kamu pilih. Bila tempat kerja yang kamu pilih tepat, bukan tidak mungkin kamu bisa melakukan lompatan karier yang cepat. Bila kariermu naik, otomatis penghasilan akan mengikuti sehingga kamu bisa membeli kendaraan impian atau membeli rumah secara kredit

Nah, meski kamu masih freshgraduate, jangan terima seluruh tawaran kerja yang ada tanpa pertimbangan prospek karier dan masa depan keuangan. Nah, berikut ini ada beberapa poin penting yang harus kamu pertimbangkan sebelum menerima pekerjaan:

Ada peluang berkarier

Kamu harus berpikir panjang ketika memilih tempat kerja. Pastikan bahwa di perusahaan yang kamu pilih ada iklim kerja yang kondusif. Selain itu, posisi yang ditawarkan untukmu memiliki  jenjang karier yang jelas. Hal ini penting agar kariermu tidak macet di level yang itu-itu saja.

(Baca juga: 6 Syarat Membuat CV Agar Bisa Memikat Perekrut Kerja)

Budaya kantor mendukung perkembanganmu

Biasanya perusahaan startup memiliki budaya kerja yang baik dan mendukung perkembangan karier anak muda. Hal ini dikarenakan model bisnis startup yang terbuka, demokratis dan fleksibel. Selain itu, kebanyakan karyawannya adalah anak muda. Berbeda dengan perusahaan yang sudah mapan.

Biasanya di perusahaan-perusahaan besar yang sudah lama berdiri ditemukan budaya kantor yang kurang mendukung perkembangan freshgraduate. Misalnya jenjang karier hanya ditentukan lewat senioritas bahkan faktor like or dislike.

Asuransi swasta selain BPJS Kesehatan

Pastikan juga tempatmu bekerja nanti menyediakan asuransi kesehatan selain BPJS Kesehatan bagi karyawannya. Memang sih, BPJS Kesehatan dapat mengcover sejumlah risiko kesehatan. Tetapi hal tersebut kurang cukup bagi karyawan yang menginginkan fasilitas dan pelayanan kesehatan yang lebih baik.

Ada pelatihan dan pendidikan

Kalau ingin memiliki perkembangan karier yang baik, pendidikan dan pelatihan kerja sangat dibutuhkan. Sangat baik bila perusahaan yang kamu masuki kelak rutin memberikan pendidikan dan pelatihan kerja maupun soft skill untuk meningkatkan keahlian karyawannya. Karena dengan hal tersebut kamu bisa belajar, mengembangkan kemampuan dan memajukan perusahaan.

Ada peningkatan gaji

Tujuan utama bekerja apa sih? Pasti untuk mendapatkan bayaran atau gaji. Bila jawaban kamu untuk merealisasikan diri, kenapa tidak membuka bisnis sendiri? Oleh karenanya, setiap karyawan pasti ingin mendapatkan kenaikan gaji secara berkala.

Maka dari itu, sebaiknya cari info terlebih dahulu mengenai kesejahteraan karyawan di lowongan kerja perusahaan yang akan kamu pilih. Sekarang banyak sekali website atau portal berbagi informasi mengenai gaji dan budaya kerja perusahaan di Indonesia.

(Baca juga: 7 Hal Kecil yang Bisa Mendorong Motivasi Kerja)

KPI yang jelas

Saat interview, tanyakan mengenai job description secara detil. Setelah kamu diterima, kamu pun perlu mengetahui Key Performance Index atau KPI-mu secara jelas. Tanyakan kepada atasan bagaimana index penilaian performa atau KPI. Lewat sistem penilaian ini kamu bisa tahu sebaik apa prestasimu.

Penghasilan besar tapi tidak punya asuransi kesehatan? Bisa-bisa tabunganmu ludes bila jatuh sakit. Dapatkan asuransi kesehatan yang diterima semua rumah sakit di CekAja!

Tentang Penulis

Rafly Aditia

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami