Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Belanja Online Selama Ramadan

by Achmad Fauzi on 21 Mei, 2018

Bulan puasa atau Ramadan telah tiba. Anda pasti ingin mempersiapkan diri dengan maksimal pada Idul Fitri nanti. Berbelanja untuk kebutuhan Lebaran sudah menjadi salah satu kebiasaan. Berikut ini enam hal yang perlu diperhatikan saat belanja online selama Ramadan.

kartu kredit untuk mudik - CekAja.com

Dengan berbelanja online, belanja terasa semudah membalikkan telapak tangan. Jadi, Anda bisa memenuhi kebutuhan dengan membeli sesuatu lewat layar komputer dan handphone Anda. Sehingga, Anda tak harus lagi mendatangi toko untuk belanja.

Apalagi saat sedang berpuasa, berkeliling dari satu toko ke toko lain tentu terasa berat bukan? Maka, belanja online pun bisa jadi pilihan cerdas untuk memenuhi kebutuhan saat puasa.

Namun, Anda harus teliti jika berbelanja online. Jangan sampai Anda menjadi korban penipuan saat berbelanja online. Perhatikan beberapa hal penting berdasarkan siaran pers dari Shopback Indonesia ini untuk dapat berbelanja secara aman, .

Pilih toko yang terautorisasi

Sebelum Anda berbelanja, cek terlebih dahulu toko-toko dalam situs e-commerce yang Anda kunjungi aman atau tidak. Biasanya, situs e-commerce memberikan informasi dengan tanda atau simbol apakah toko-toko yang berjualan terautorasi atau tidak. Hal ini diberikan agar Anda tidak menjadi korban penipuan.

Adanya tanda dan simbol itu membuktikan bahwa toko-toko di dalam e-commerce aman dan dipastikan menjual barang original. Dengan begitu Anda bisa melakukan transaksi dengan aman tanpa takut akan produk palsu dan penipuan. (Baca juga: Ini Cara Mengatur Keuangan Selama Ramadan)

Lihat rating dan ulasan produk

Jika Anda masih ragu produk-produk yang dijajakan toko online asli atau tidak, maka Anda perlu melihat rating produk tersebut. Rating tersebut biasanya mempunyai simbol bintang.

Biasanya, orang selalu memberi rating bintang 5 atau bintang yang tertinggi apabila merasa puas. Bintang yang tertinggi bisa diberikan setelah menerima barang yang dibeli dan ternyata memang barang tersebut asli serta transaksi berjalan normal.

Selain rating, Anda juga bisa melihat ulasan-ulasan dari konsumen. Kalau ulasannya bernada positif, maka jangan ragu untuk membelinya. Namun, jika bernada negatif Anda harus hati-hati membeli produk.

Aktifkan push notification aplikasi belanja online

Push notification biasanya selalu muncul jika Anda menginstal aplikasi belanja online. Fitur push notification bisa diaktifkan dan dinon-aktifkan.

Namun, tak ada salahnya jika Anda mengaktifkan push notification. Karena, bisa saja push notification itu berisi informasi tentang flash sale. Sehingga, Anda bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan harga yang murah.

Lihat promo dengan bijak dan sesuai kebutuhan

Promo memang yang paling ditunggu-tunggu oleh konsumen saat berbelanja online. Menurut data Accenture, hampir 3/4 pembeli Indonesia mengaku promo menjadi salah satu penggerak untuk berbelanja online.

Apalagi, saat momen Ramadan ini. biasanya toko online memberikan promo diskon hingga 90 persen. Kendati demikian, Anda harus cerdas dalam menyikapi promo. Anda harus bandingkan promo-promo di toko online lainnya dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Manfaatkan jam ngabuburit dan sahur

Anda harus mencari waktu yang tepat untuk berbelanja. Karena, biasanya pada waktu tertentu toko-toko online memberikan potongan harga khusus.

Saat Ramadan ini, Anda bisa manfaatkan waktu senggang pada jam sebelum berbuka atau saat ngabuburit. Bisa jadi banyak diskon yang dijajakan toko online pada waktu itu. Tidak hanya itu, saat sesudah sahur juga bisa Anda manfaatkan untuk berbelanja online.

Pilih metode pembayaran yang tepat

Jangan lupa, Anda perlu memilih metode pembayaran yang diinginkan. Jika Anda mempunyai uang lebih, maka bisa gunakan metode pembayaran tunai.

Alternatif metode pembayaran lainnya adalah dengan menggunakan kartu kredit. Pembayaran dengan cara ini bisa meringankan Anda karena bisa dicicil.

Bisa juga, jika Anda tak ingin terlalu lama menunggu pengiriman barang, Anda bisa meminta kepada penjual untuk menggunakan metode cash-on-delivery (COD). Dengan metode COD, Anda tak perlu menunggu lama, dan bisa mengecek kondisi barang yang akan dibeli.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat berbelanja online. Nah, jika Anda ingin mencicil barang di toko online, tetapi tidak punya kartu kredit, maka Anda tak perlu khawatir. Segera cek pilihan kartu kredit di CekAja.com. (Baca juga: Ini 5 Bisnis yang Bisa Jadi Pesaing Es Kepal Milo)

Anda bisa mengajukan kartu kredit di CekAja.com. E-commerce finansial nomor satu di Indonesia ini menyediakan pilihan kartu kredit berbagai bank. Tunggu apalagi, yuk mulai dari sekarang ajukan kartu kredit di CekAja.com.

Tentang Penulis

Jurnalis yang hampir menjadi pemain bola internasional.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami