6 Jenis Usaha yang Tumbuh Pesat Saat Pandemi, Bisa Menjadi Prospek yang Menjanjikan!

Bagi kamu yang saat ini tengah menjalankan bisnis atau baru akan membangun bisnis, jenis usaha yang tumbuh pesat saat pandemi sepertinya perlu diketahui.

Memang tak dapat dipungkiri bahwa hadirnya pandemi Covid-19 seakan-akan menggoyahkan perekonomian di hampir seluruh penjuru dunia, tak terkecuali Indonesia.

Kebijakan untuk berdiam diri di rumah secara tak langsung menghambat sebagian besar aktivitas kita sehari-hari, khususnya yang berhubungan dengan pekerjaan.

Belum lagi sebagian daerah di Indonesia yang juga menerapkan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) sehingga mengharuskan para pekerja untuk Work From Home (WFH) dan melakukan sebagian besar aktivitas pekerjaan mereka melalui online.

Lalu, bagaimana dengan industri-industri yang sulit untuk melakukan kegiatan secara online seperti industri pariwisata, perhotelan, hingga mall? Tentu mereka menjadi mengalami penurunan yang cukup signifikan bukan?

Dikarenakan pandemi yang berlangsung cukup lama, industri-industri ini terpaksa harus merumahkan sebagian besar karyawannya, yang mengakibatkan penghasilan mereka setiap bulannya pun terhenti.

(Baca Juga: 10 Masker Brand Lokal yang yang Bagus)

Nah, inilah yang juga membuat Indonesia turut mengalami pelemahan konsumsi, yang ternyata bukan hanya berpengaruh pada industri pariwisata dan sejenisnya saja, melainkan juga industri-industri lainnya, seperti retail hingga kuliner.

Meski banyak industri yang mengalami keterpurukan, ada baiknya kita tidak langsung menyerah begitu saja.

Karena nyatanya, masih ada lho jenis usaha yang tumbuh pesat saat pandemi yang bisa kamu jadikan sebagai peluang usaha menjanjikan.

Jika saat ini kamu tengah membutuhkan penghasilan tambahan dan ingin membangun bisnis, jenis usaha yang tumbuh pesat saat pandemi ini bisa dijadikan sebagai salah satu solusi. Ingin tahu apa sajakah itu? Yuk kita simak bersama-sama!

Sektor Bisnis yang Tahan Krisis Saat Pandemi

Sebelum kita membahas tentang jenis usaha yang tumbuh pesat saat pandemi, mungkin kamu juga perlu mengetahui tentang sektor-sektor bisnis yang sekiranya mampu bertahan di tengah pandemi seperti saat ini.

Dilansir dari situs jurnal.id, berikut beberapa sektor bisnis yang sekiranya tahan krisis di saat pandemi, yaitu adalah:

  • Usaha Kebutuhan Bahan Pokok

Sektor bisnis yang bisa kamu jadikan pilihan pertama adalah usaha kebutuhan bahan pokok, seperti beras, aneka ragam bumbu dapur dan lain-lain.

Sebab, bahan pangan pokok tentunya merupakan salah satu kebutuhan primer masyarakat yang sangat sulit untuk diabaikan dalam kondisi apapun, termasuk di kondisi krisis ekonomi.

  • Usaha Makanan dan Minuman

Makanan dan minuman juga merupakan salah satu sektor bisnis yang diperkirakan mampu bertahan di tengah krisis ekonomi.

Bahkan, beberapa jenis usaha yang tumbuh pesat saat pandemi juga berasal dari sektor makanan dan minuman ini. Mengapa?

Karena di dalam kondisi apapun, masyarakat tetap membutuhkan pasokan makanan dan minuman.

Tak hanya itu, memiliki bisnis di sektor makanan dan minuman juga dianggap membutuhkan modal yang relatif kecil, jika dibandingkan dengan sektor bisnis lainnya.

  • Usaha Jasa atau Produk Kesehatan

Baik itu di dalam kondisi normal maupun ketika krisis, masyarakat tetap akan membutuhkan jasa layanan dan berbagai produk kesehatan agar tetap bisa terbebas dari beragam penyakit dan bertahan hidup.

Dikarenakan hal itulah, di tengah pandemi seperti saat ini, para tenaga kesehatan seperti dokter, perawat, apoteker, hingga karyawan pusat kesehatan berada di garda terdepan untuk menjamin kesehatan masyarakat.

  • Bisnis Digital

Nah, sektor bisnis terakhir yang sekiranya akan mampu melalui krisis ketika pandemi adalah bisnis digital.

Memang tak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi yang begitu pesat memberikan pencerahan bagi masyarakat untuk bisa memanfaatkannya secara maksimal dalam mengembangkan sektor-sektor bisnis.

Apalagi ketika masyarakat masih dihimbau untuk tidak ke luar rumah, seluruh aktivitas dilakukan melalui teknologi, mulai dari belajar, bekerja, hingga belanja berbagai kehidupan sehari-hari.

Oleh karena itu, saat ini bisnis digital dianggap merupakan salah satu bisnis yang paling menjanjikan dibandingkan dengan bisnis konvensional.

Jenis Usaha yang Tumbuh Pesat Saat Pandemi

Setelah kita mengetahui tentang beberapa sektor bisnis yang sekiranya mampu bertahan di tengah krisis, sekarang waktunya kita mengetahui tentang beberapa jenis usaha yang tumbuh pesat saat pandemi dan bisa kamu jadikan sebagai solusi dalam mengembalikan kestabilan ekonomi.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa jenis usaha yang tumbuh pesat saat pandemi, yaitu adalah:

1. Bisnis Online

Jenis usaha yang tumbuh pesat saat pandemi yang pertama akan kita bahas adalah bisnis online.

Bahkan, jenis usaha satu ini sudah banyak dijadikan pilihan masyarakat secara luas karena sistemnya yang begitu mudah dan fleksibel.

Seperti metode pembayaran yang hanya menggunakan m-banking, dapat berjualan hanya dari rumah, hingga barang yang bisa dikirim langsung ke depan pintu rumah.

Nah, di tengah pandemi, popularitas bisnis online sepertinya menjadi semakin meningkat. Ditambah lagi bahwa masyarakat juga berbondong-bondong dihimbau untuk tetap diam di rumah dan mengurangi aktivitas yang mengundang massa.

2. Ramuan Herbal

Jenis usaha yang tumbuh pesat saat pandemi selanjutnya adalah ramuan herbal, seperti jamu.

Melihat bahwa vaksin virus yang hingga saat ini masih dalam masa pengujian, membuat masyarakat harus mencari cara untuk bisa mencegah penularan virus terhadap tubuh.

Pakar kesehatan mengungkapkan bahwa virus Corona Covid-19 lebih mudah menular kepada orang yang memiliki imunitas tubuh yang rendah.

Dan dikarenakan hal itulah, meningkatkan imunitas tubuh dan selalu menjaga kesehatan menjadi satu hal yang sangat perlu untuk dilakukan.

Khususnya di Indonesia, ramuan herbal dianggap memiliki prospek yang sangat bagus karena berbasis lokal dengan bahan baku yang juga tersedia di dalam negeri, seperti kencur, kunyit, temulawak, jahe, hingga daun sereh, yang memang dipercaya mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

Diperkirakan pula, usaha ramuan herbal ini juga akan terus berkembang dengan pesat, karena didasari oleh perubahan gaya hidup masyarakat yang lebih memprioritaskan kesehatan tubuh ketika memasuki era New Normal.

3. Hand Sanitizer

Bisnis hand sanitizer juga tidak boleh dilupakan ketika membahas tentang jenis usaha yang tumbuh pesat di saat pandemi.

Disebabkan oleh klaim bahwa hand sanitizer mampu membunuh virus corona, membuat permintaan pasar menjadi kian meningkat dari waktu ke waktu.

Bahkan, hal ini juga turut dimanfaatkan oleh toko-toko retail yang menjual produk fashion hingga makanan lho.

Dikarenakan hal itulah, hand sanitizer itu sendiri bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan.

4. Makanan Beku (Frozen Food)

Ketika dihimbau untuk berdiam diri di rumah, maka dapat diartikan bahwa masyarakat diusahakan untuk tidak keluar rumah, kecuali memang dalam urusan yang mendesak.

Nah, hal ini membuat bisnis makanan yang tahan lama dan praktis bisa dijadikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Karena, menyimpan makanan-makanan tahan lama ini akan bisa mengurangi intensitas masyarakat untuk keluar rumah dalam membeli persediaan makanan.

Kamu bisa menjual makanan beku atau frozen food yang sudah dikemas sehingga menjadi lebih tahan lama dan praktis.

5. Masker Kain

Jenis usaha yang tumbuh pesat saat pandemi selanjutnya adalah masker kain. WHO telah mengungkapkan bahwa salah satu upaya yang bisa dilakukan dalam mengurangi penularan virus corona Covid-19 yang begitu cepat adalah, dengan selalu mengenakan masker.

Walaupun disarankan untuk menggunakan masker medis yang tingkat keamanan yang lebih terjamin, namun kenyataannya masker medis ini memang diusahakan untuk hanya digunakan oleh para tenaga medis yang berada di garda terdepan, karena produksinya yang mulai terbatas.

Lalu, bagaimana dengan masyarakat awam? Mengenakan masker kain bisa dijadikan sebagai solusi.

Walaupun mungkin tidak seefektif masker medis, namun masker kain ini dianggap cukup bermanfaat dalam meminimalisir paparan droplet virus corona dalam aktivitas sehari-hari di luar ruangan.

Selain itu, masker kain juga dianggap lebih hemat dan ramah lingkungan, karena dapat dicuci dan digunakan berkali-kali.

Melihat hal ini, tentu menjalankan bisnis masker kain bisa dijadikan sebagai prospek yang menjanjikan, bukan?

Masker kain dengan berbagai pola dan warna yang lucu nan unik sepertinya bisa menarik minat masyarakat awam, karena masker-masker tersebut bisa sekaligus menunjang penampilan fashion ketika sedang berada di luar rumah.

Meskipun wajah tak terlihat karena tertutup masker, berpenampilan modis dan stylish tetap diperlukan.

6. Jasa Pengiriman

Nah, jenis usaha yang tumbuh pesat saat pandemi yang terakhir akan kita bahas adalah jasa pengiriman.

Seperti yang telah kita sebut di poin sebelumnya, di tengah pandemi seperti saat ini, masyarakat tentunya menjadi lebih gemar melakukan transaksi secara online, baik itu untuk memenuhi kebutuhan pokok maupun hal-hal yang berbau konsumtif.

Dikarenakan hal itulah, secara tak langsung tentu jasa pengiriman juga turut menjadi salah satu jenis usaha yang memiliki prospek menjanjikan.

Jadi, itulah beberapa jenis usaha yang tumbuh pesat saat pandemi dan bisa kamu jadikan pilihan untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

(Baca Juga: 9 Produk Asli Indonesia untuk Membantu Pandemi Covid-19)

Saat ini kamu tengah berniat untuk membangun bisnis namun terkendala dengan modal? Tak perlu khawatir! Karena CekAja.com hadir untuk membantumu.

Disini, kamu bebas mengajukan pinjaman dalam jumlah berapapun dengan tenor dan cicilan yang bisa disesuaikan dengan kemampuan dan pinjaman dana yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Tak hanya itu, seluruh proses pengajuan juga dapat dilakukan secara online sehingga kamu tak perlu repot lagi untuk meluangkan waktu keluar rumah lho.

Butuh modal untuk membangun bisnis di tengah pandemi? Yuk segera ajukan saja pinjaman modal usahamu hanya di CekAja.com!