Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

4 menit waktu bacaan

6 Jurus Mengatasi Tagihan Kartu Kredit Menunggak

by Sindhi Aderianti on 9 Oktober, 2018

Saat ini, terdapat berbagai kemudahan yang bisa dinikmati semua orang dengan memiliki kartu kredit. Namun di balik kemudahannya itu, sebagai nasabah Anda juga perlu berhati-hati dengan risiko tagihan membengkak. Belum lagi jika kartu kredit yang dimiliki lebih dari satu. Simak enam jurus mengatasi tagihan kartu kredit menunggak.

kartu kredit traveler
Namun di balik kemudahannya itu, sebagai nasabah Anda juga perlu berhati-hati dengan risiko tagihan membengkak. Belum lagi jika kartu kredit yang dimiliki lebih dari satu. Pembayaran yang menunggak kemungkinan besar dapat terjadi.

Untuk masalah tagihan kartu kredit menunggak ini, pihak Bank Indonesia sebenarnya telah menetapkan aturan bahwa tidak ada keringanan pembayaran dengan alasan sakit atau terkena PHK. Mengingat hal tersebut merupakan kewajiban nasabah yang harus dipenuhi.

Lantas, bagaimana cara mengatasi tagihan kartu kredit menunggak? Tenang, lunasi dengan tips-tips berikut ini.

(Baca juga: INTERVIEW: Menilik Potensi Bisnis Kartu Kredit BNI)
1. Stop penggunaan kartu kredit

Hal pertama yang Anda harus lakukan tentunya berhenti menggunakan kartu kredit. Meski limit masih cukup, jangan pernah terlena.

Lalu ingat, jika masih ada tagihan kartu kredit menunggak yang harus segera diselesaikan. Cara terbaik untuk menghindari godaan tersebut adalah tinggalkan kartu kredit Anda di rumah, dan bawa uang tunai saja ketika bepergian.

Uniknya, beberapa orang yang juga mengalami masalah ini bahkan nekat menggunting kartu kredit mereka demi menghindari pemborosan, lho.

2. Hitung jumlah tunggakan dan gaji setiap bulan

Langkah berikutnya, mulai hitung berapa jumlah tagihan kartu kredit menunggak Anda. Sesuaikan pula dengan gaji yang didapat. Umumnya sistem pada bank selalu menawarkan minimum pembayaran.

Tidak masalah jika hanya mampu membayar dengan cara tersebut, akan tetapi pastikan Anda juga menghitung besaran bunga yang dikenakan di bulan selanjutnya. Jika sewaktu-waktu ada pemasukan lebih, Anda bisa menambah jumlah pembayaran yang menunggak.

Misalnya dengan minimum pembayaran 500 ribu, menjadi 1 juta. Jika rutin dibayar tanpa menambah tagihan lain, lama kelamaan tunggakan pasti cepat selesai.

(Baca juga: Cek Alasan Pengajuan Kartu Kredit Ditolak Meski Skor Kredit Baik)
3. Pilih kartu mana dulu yang akan dilunasi

Bagi Anda yang memiliki kartu kredit lebih dari satu, kondisi ini mungkin agak membingungkan saat akan melunasi tunggakannya. Pelan-pelan coba buat skala prioritas dengan membandingkan mana kartu yang bunganya lebih tinggi.

Kemudian lunasi tunggakan kartu kredit yang bunganya paling besar terlebih dahulu. Setelah kartu kredit tersebut lunas, Anda bisa fokus dengan kartu kredit yang tunggakan dan bunga tagihannya lebih kecil.

(Baca juga: Alasan Mengapa Kartu Kredit Penting Saat Ini)
4. Jual aset atau pakai tabungan

Tunggakan cukup besar? Jika Anda memiliki aset atau tabungan, tak ada salahnya untuk melunasi tunggakan kartu kredit dengan dua hal tadi. Perlu Anda ingat kembali bahwa tunggakan kartu kredit akan selalu menyertakan bunga di setiap tagihannya (compound interest).

Cara ini bisa menjadi jalan pintas untuk menghindari tagihan beserta bunga tanpa henti. Dengan begitu, semakin cepat Anda selesaikan, maka kemungkinan tunggakan membengkak akan semakin kecil.

5. Lakukan balance transfer

Solusi lain, lakukan balance transfer. Dalam skema ini, Anda boleh memindahkan tagihan kartu kredit ke bank lain yang menawarkan bunga lebih kecil. Dengan bunga yang lebih kecil, otomatis pembayaran terasa ringan dan bisa cepat diselesaikan.

Konsekuensinya hanya satu, selama memindahkan kartu kredit ke bank lain, Anda harus menghentikan transaksi dengan kartu kredit bank lama hingga tagihan Anda lunas tak bersisa.

(Baca juga: Kiat Dapatkan Limit Tinggi pada Kartu Kredit)
6. Ajukan negosiasi diskon pada pihak bank

Bila kasus tunggakan Anda sudah lewat selama tiga bulan terakhir, besar kemungkinan Anda akan menerima beberapa telepon dari bank yang menagih pembayaran. Terlebih kalau jumlah tunggakannya cukup besar.

Di situlah saat yang tepat untuk melakukan negosiasi agar Anda memperoleh diskon. Biasanya penerbit kartu kredit akan melakukan apapun yang mereka bisa untuk mempertahankan nasabah. Oleh karena itu beberapa pihak dari mereka akan meniadakan biaya penalti, bunga tambahan, atau bahkan memberi diskon hingga sebanyak 50 persen.

Itulah keenam cara mengatasi tunggakan kartu kredit yang bisa Anda lakukan. Tidak menyusahkan apalagi menambah hutang lain, bukan? Habis ini, sebisa mungkin batasi penggunaan kartu kredit untuk hal-hal yang berbau konsumtif. Gunakan kartu kredit hanya untuk kebutuhan yang bersifat emergency.

Tentang Penulis

Sindhi Aderianti

Penulis yang kadang kala jadi pedagang.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami