Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Belanja Furnitur

by Tisyrin N. T on 17 September, 2016

Furnitur dapat membuat rumah terlihat nyaman dan sedap dipandang. Namun, furnitur yang tidak cocok juga bisa membuat rumah terlihat sempit dan sesak. Untuk itu, memilih furnitur tak bisa sembarangan. Sayangnya, banyak orang mengulangi kesalahan yang sama saat belanja furnitur. Uang sudah keluar banyak tetapi furnitur yang kamu pilih tak sesuai.

Untuk kamu yang berencana membeli furnitur, hindari 6 kesalahan yang sering terjadi ketika belanja furnitur berikut ini.

Kamu tidak mengukur dengan baik

Kamu langsung membeli furnitur yang terlihat cantik tanpa memperkirakan dengan baik ukuran furniture yang kamu butuhkan. Bisa saja kamu sudah mengukurnya, tetapi kamu melupakan ukuran pintu-pintu yang ada di rumahmu. Akibatnya, ketika furnitur sampai di depan rumah, kamu kesulitan untuk memasukannya karena pintu terlalu kecil.

Apalagi saat kamu tinggal di apartemen. Karena salah ukur, furnitur yang sudah dibeli malah tak bisa masuk ke dalam lift. Karena itu, catat baik-baik berapa ukuran furnitur incaranmu, kemudian sesuaikan dengan kondisi ruangan dan akses masuk ke tempat tinggalmu. (Baca juga: Empat Kesalahan yang Bisa Bikin Bisnismu Gagal)

Kamu tidak membayangkan apakah furniture yang kamu beli serasi dengan ruangan dan perabotan lainnya

Memang sulit untuk memvisualisasikan bagaimana furnitur incaran cocok diletakan di salah satu ruangan di rumahmu. Selain itu, sulit pula memastikan apakah furnitur baru  terlihat serasi dengan perabotan lainnya.

Warna furnitur bisa jadi terlihat cantik di showroom, tetapi belum tentu cocok saat berada di rumahmu. Sebaiknya bawa sampel warna furnitur incaran ke rumah dan lihat apakah cocok dengan warna dan suasana di ruangan itu.

Kamu membeli furniture yang tidak sesuai dengan gaya hidupmu

Kamu harus memikirkan apakah furnitur yang kamu beli sesuai dengan gaya hidupmu, bukan hanya saat ini tapi juga di masa depan. Misalnya saja kamu membeli kursi berbulu karena tergiur dengan kelembutannya, padahal kamu berencana memelihara anjing dalam waktu dekat. Kamu juga punya dua anak yang masih kecil. Bayangkan betapa kamu akan kerepotan membersihkan kursi berbulumu setiap hari.

Terlalu terburu-buru

Jangan terburu-buru. Kamu bisa menghabiskan waktu berbulan-bulan saat mencari rumah idaman, dan berminggu-minggu untuk membeli mobil yang cocok. Jangan habiskan waktu hanya hitungan menit untuk membeli furnitur.

Tidak memikirkan perawatan

Beberapa furnitur high end mungkin memerlukan biaya perawatan lebih mahal dari yang kamu bayangkan. Untuk itu, sebelum membeli kamu harus tahu bagaimana cara membersihkan furnitur dengan baik dan jenis produk apa yang cocok untuk membuatnya awet. Karena jika salah perawatan, bisa-bisa furnitur yang kamu beli mudah rusak dan cepat terlihat kusam. (Baca juga: Ini yang Bisa Kamu Dapatkan dari Reward Kartu Kreditmu)

Overbujet saat beli furnitur

Kamu membeli furnitur dengan harga tiga kali lipat lebih mahal dari bujetmu. Dijamin kamu akan makin kesal jika furnitur itu ternyata tidak cocok dengan rumahmu. Sebaiknya kamu bertahan dengan rentang harga yang sudah kamu tetapkan, Carilah furnitur dengan harga yang sesuai agar tidak menyesal di kemudian hari.

Untuk menghemat biaya dan anggaran, kamu bisa menggunakan kartu kredit saat belanja furnitur. Dapatkan kartu kredit yang memberikan banyak diskon dan cicilan ringan di sini

Tentang Penulis

Tisyrin N. T

Penulis konten yang pernah mencicipi profesi sebagai jurnalis bidang finansial, kesehatan, seni, dan lifestyle.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami