Membuka akses finansial untuk
jutaan masyarakat Indonesia

Show menu

3 menit waktu bacaan

6 Kesulitan yang Bakal Kamu Alami Bila Tidak Punya Kartu Kredit

by Rafly Aditia on 13 April, 2016

Menggunakan kartu kredit secara berlebihan bukanlah kebiasaan yang baik. Bukan cuma bikin boros, kamu bisa saja terjerat bunga utang kartu kredit yang dikenal mencekik leher. Ironisnya, orang juga bisa mengalami kesulitan jika tidak memiliki kartu kredit.

Khususnya, jika melakukan sejumlah aktivitas tertentu. Mau tahu apa saja kegiatan yang sulit dilakukan jika tidak punya kartu kredit? Simak artikel ini hingga tuntas.

Susah belanja online

Belanja online sudah menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan. Selain memudahkan, karena orang tidak perlu berpergian jika membeli sesuatu, belanja online juga lebih murah lantaran irit ongkos.

Namun, kamu bakal kesulitan melakukan belanja online jika tidak memiliki kartu kredit. Sebab, orang hanya bisa melakukan pembayaran non tunai. Caranya bisa melalui kartu kredit ataupun tranfer antar rekening.

(Baca juga: Kenapa Hemat Tidak Sama dengan Pelit? Ini Jawabannya)

Susah dapat diskonan

Kalau kamu gak punya kartu kredit, maka kamu gak bakal bisa menikmati promo dan diskon di banyak merchant. Seperti yang kamu ketahui, saat ini banyak sekali kartu kredit yang bekerja sama dengan pedagang tertentu. Mulai dari toko pakaian hingga restoran memberikan promo kepada pengguna kartu kredit.

Dengan kartu kredit, belanja yang kamu lakukan bisa lebih murah. Lain halnya kalau kamu tak punya kartu kredit, maka uang yang harus dikeluarkan jadi jauh lebih banyak.

Tidak bisa booking hotel

Ketika berencana pergi ke luar kota atau ke luar negeri, kamu akan merasakan manfaat utama dari kartu kredit. Terutama saat kamu akan melakukan pemesanan kamar hotel. Sebab, pada situs-situs reservasi hotel, kamu akan dimintai kartu kredit sebagai alat pembayaran.

Memang, meski beberapa hotel memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran secara tunai, jumlahnya lebih sedikit dibandingkan yang terdapat pada situs reservasi online.

Bayar lebih untuk airport lounge

Saat kamu berpergian menggunakan pesawat, ada kalanya penerbangan mengalami pengunduran jadwal penerbangan. Kalau cuma beberapa menit sih memang tidak masalah, tapi, jika penerbangan diundur hingga berjam-jam?

Dalam keadaan seperti itu, airport lounge akan sangat membantu. Sayangnya, jika kamu tidak punya kartu kredit, maka kamu harus mengeluarkan uang lebih untuk menikmati fasilitas airport lounge.

(Baca juga: Keputusan Finansial yang Bisa Membuatmu Menyesal Seumur Hidup)

Mau beli sesuatu perlu sabar-sabar dulu

Lagi jalan-jalan ke mall, eh, lihat barang diskonan yang stoknya tinggal satu? Pengen beli, tapi uang tunai di kantong tidak cukup. Akhirnya, kamu harus menunda waktu untuk memiliki barang tersebut.

Nah, situasi seperti ini sering menimpa orang yang tidak punya kartu kredit. Mereka pun harus bisa bersabar sambil mengumpulkan uang. Tapi, yang bikin kesal, setelah uang terkumpul, barang yang kita inginkan malah sudah terjual.

Bakal repot kalau lagi traveling keliling dunia

Bagi seorang traveler yang sering pergi ke luar negeri, kartu kredit seperti Visa atau MasterCard merupakan hal yang harus dimiliki. Mulai dari urusan booking hotel, promo restoran murah hingga asuransi bisa kamu dapatkan jika memiliki kartu kredit. Yang jelas, jika punya kartu kredit maka acara traveling ke luar negeri bakalan lebih mudah dan murah.

Tentang Penulis

Writer. Fitness enthusiast.

Kartu Kredit

Kredit & Pinjaman

Asuransi

Investasi

UKM

Info & Blog

Tentang Kami